Pengaruh Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan

Main Article Content

Septian Ricko Aryono
Suprihatmi SW
D. Ririn Indriastuti

Abstract

Pada era globalisasi, persaingan bisnis semakin ketat. Kondisi ini menuntut perusahaan untuk bertindak kreatif, inovatif, dan mampu menyesuaikan diri terhadap berbagai perubahan, baik dalam perekonomian domestik maupun dalam permintaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, Corporate Social Responsibility (CSR), dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019–2023. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model regresi memenuhi uji asumsi klasik. Berdasarkan uji ANOVA, diperoleh nilai F-hitung sebesar 12,493 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang menandakan bahwa model layak digunakan. Uji parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, CSR, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,469 mengindikasikan bahwa variabel independen mampu menjelaskan 46,9% variasi nilai perusahaan, sedangkan sisanya 53,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aryono, S. R., Suprihatmi SW, & D. Ririn Indriastuti. (2025). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(6), 9066–9074. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i6.11967
Section
Articles