Pengembangan Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Di Kelas 3 SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan kuis interaktif Kahoot guna meningkatkan pemahaman konsep sains siswa kelas 3 SD. Pembelajaran sains konvensional seringkali kurang menarik dan belum optimal dalam memfasilitasi pemahaman konsep pada siswa usia dini. Pemanfaatan Kahoot sebagai media game interaktif dianggap relevan untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan efektif. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas 3 SD. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket validasi ahli (materi, bahasa, media), angket respons siswa, serta pre-test dan post-test pemahaman konsep sains. Hasil diharapkan menunjukkan Kahoot memiliki validitas tinggi, praktis digunakan, dan efektif meningkatkan pemahaman konsep sains siswa. Pengembangan ini penting sebagai alternatif media pembelajaran inovatif yang berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan sains di sekolah dasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.