Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis APK Eduapm Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 7 MTs Ibnu Khaldun

Main Article Content

Amelia Laili Nadifah
Iskandar Yusuf

Abstract

Media pembelajaran merupakan sarana interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan dan warna, baik secara alami maupun manipulasi, Dengan media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Dengan demikian penulis berupaya untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran PAI di MTS Ibnu Khaldun Balikpapan, bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MTS Ibnu Khaldun, dan adakah pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di MTS Ibnu Khaldun. Pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode kuantitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data berupa angka dan bilangan. Pendekatan kuantitatif merupakan suatu pendekatan yang memandang kenyataan (realitas) sebagai suatu yang berdemensi tunggal, fragmental, dan tetap (fixed) peneliti dan objek yang diteliti terpisah. Objek yang diteliti lepas dari konteks waktu. Penggunaan pengukuran disertai analisis secara statistik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai Total_X (Media Pembelajaran) sebesar 0.076 dan Nilai Total_Y sebesar 0.076, maka hasil penelitian dapat diinterpretasikan bahwa Media Pembelajaran berpengaruh sangat besar terhadap minat belajar, artinya jika media pembelajaran semakin diterapkan dengan maksimal maka minat belajar juga akan semakin meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Amelia Laili Nadifah, & Iskandar Yusuf. (2025). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis APK Eduapm Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas 7 MTs Ibnu Khaldun . PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(6), 9152–9160. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i6.10743
Section
Articles