Dampak Penggunaan Gadget Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMA Negeri 1 Padarincang

Main Article Content

Fitnatul Muawaliah
Septi Kuntari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan gadget terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMA Negeri 1 Padarincang. Dalam era digital saat ini, gadget telah menjadi bagian integral dari kehidupan siswa, baik dalam pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk memahami secara mendalam pengalaman dan persepsi siswa terkait penggunaan gadget dan dampaknya pada kemampuan berpikir kritis mereka. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan siswa, observasi, dan Dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget memiliki dampak yang kompleks terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Satu sisi, gadget menyediakan akses mudah ke informasi dan sumber belajar, yang berpotensi meningkatkan kemampuan analisis dan evaluasi siswa. Namun, di sisi lain, penggunaan gadget yang berlebihan dan tidak terarah dapat menyebabkan distraksi, penurunan konsentrasi, dan ketergantungan pada informasi instan, yang berpotensi menghambat pengembangan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa peran guru dan orang tua sangat penting dalam membimbing siswa untuk menggunakan gadget secara bijak dan produktif. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan strategi pembelajaran yang mengintegrasikan penggunaan gadget secara efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Selain itu, penting untuk meningkatkan kesadaran siswa, guru, dan orang tua tentang dampak penggunaan gadget dan cara mengoptimalkan manfaatnya untuk pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muawaliah, F., & Kuntari, S. (2025). Dampak Penggunaan Gadget Pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMA Negeri 1 Padarincang. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(6), 8384–8388. https://doi.org/10.56799/peshum.v4i6.10346
Section
Articles