Efektivitas Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas II SD MIS Koto VIII Pelangai
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih bersifat teacher center. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil pelajaran siswa dalam mata pelajaraan matematika menggunakan metode demonstrasi dengan materi pembelajaran perkalian bilangan dua angka pada siswa kelas II SDMis Koto VIII Pelangai. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode quasi experiment. Penelitian ini di laksanakan pada siswa kelas II SD MIS KOTO VII Pelangai. Intrumen penelitian ini dikembangkan untuk menilai keefektifan penggunaan metode demontrasi pada pembelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini adalah pada tahap efektivitas menggunakan analisis statistika yaitu persamaan Paired Sample Test dengan hasil sig (2-tailed) 0,000 < nilai alfa 0,05 artinya bahwa nilai Sig.2 tailed (0,000) kecil dari nilai alfa ( 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima, artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode demontrasi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.