Terapi Bermain Mewarnai Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini

Main Article Content

Dwi Widyastuti
M. Bachtiar Safrudin
Safitri Indriyani Sari
Ikalia Ulandari
Dyah Faramitha
Wanda Priskyani
M. Ananta Tri Purwandy

Abstract

Perkembangan motorik halus merupakan salah satu aspek penting dalam tumbuh kembang anak usia dini. Kegiatan mewarnai sebagai bentuk terapi bermain yang dinilai efektif untuk merangsang kemampuan motorik halus, meningkatkan kreativitas, dan menstimulasi kesejahteraan emosional anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di TK Negeri 10 Kota Samarinda oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dengan tujuan untuk mengamati dampak dari terapi bermain mewarnai hingga keterampilan motorik halus anak. Metode kegiatan meliputi tiga tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam aktivitas mewarnai mengalami peningkatan koordinasi tangan-mata, keterampilan menggunakan alat tulis, serta menunjukkan ekspresi diri yang lebih baik. Terapi ini juga meningkatkan minat belajar dan interaksi sosial antar anak. Oleh karena itu, terapi bermain mewarnai dapat dijadikan sebagai pendekatan edukatif yang menyenangkan untuk mendukung perkembangan holistik anak usia dini

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dwi Widyastuti, M. Bachtiar Safrudin, Safitri Indriyani Sari, Ikalia Ulandari, Faramitha, D., Wanda Priskyani, & M. Ananta Tri Purwandy. (2025). Terapi Bermain Mewarnai Untuk Meningkatkan Motorik Halus Pada Anak Usia Dini . Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 998–1004. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.9116
Section
Articles

References

Amalia, N., & Annisa, F. (2025). Penerapan Terapi Mewarnai Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keris Husada, 8(2), 28–35.

Ginting, A. A. Y., Saragih, I. S., Pakpahan, R. E., Sembiring, F., Simorangkir, R. O., & Gaol, H. L. (2025). Implementasi Terapi Mewarnai Pada Anak Usia Dini Di Tk Swasta Katolik Assisi Delitua. 5(1), 119–123.

Harianja, J., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4837–4847. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5158

Haryani, H., Thoyibah, Z., & Hardiani, S. (2023). Pengaruh Penerapan Terapi Bermain Menggambar dan Mewarnai Untuk Meningkatkan Kreativitas pada Anak Prasekolah di TK Kumara Asih Karang Bedil Mataram. PrimA: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 9(2), 29–38.

Jumiyati, Dian Eka Priyantoro, & Uswatun Hasanah. (2023). Implementation of Coloring Activities Early Childhood in Developing Fine Motor Skills. Journal of Childhood Development, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.25217/jcd.v3i1.3139

Marhaeni, B., Septriana, I., & Suci, S. W. (2022). Fine Motor Stimulation of Children Through Coloring Activities in Early Childhood. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 51. https://doi.org/10.26858/tematik.v8i1.27550

Misykah, Z., Panggabean, D. S., Widyastika, D., Sekip, A. J., Petisah, K. M., Medan, K., & Utara, S. (2024). Kegiatan Lomba Mewarnai sebagai Wadah Melatih Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Coloring Competition Activities as a Place to Train the Creativity of Lower Grade Elementary School Students. Solusi Bersama: Jurnal Pengabdian Dan Kesejahteraan Masyarakat, 3, 58–64.

Nurlita, N., Arsyad, L., & Utina, S. S. (2025). Pola Pendampingan Oran Tua dalam Proses Belajar Anak Di TK Negeri. Jurnal Euforia, 2(1), 36–47.

Rahmawati, M. N. (2022). Pengaruh terapi mewarnai gambar terhadap tingkat kecemasan akibat hospitalisasi anak prasekolah: literature review. http://digilib.unisayogya.ac.id/6604/

Rajudin, Elvis, Y. M., Rian, M. R., & Program. (2021). Pelatihan Mewarnai Di Tk Aisyiyah Busthanul Athfal. BATOBOH Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 166–177.

Sari, P. I., Pordaningsih, R., Erwinsyah, E., & Prasetya, R. D. (2023). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi pada Anak Usia 3-6 Tahun: Studi Kasus. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 4(1), 109–115. https://doi.org/10.22437/jini.v4i1.25069

Simamora, F. A. (2021). Terapi Bermain Menggambar dan Mewarnai Pada Anak Usia Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Inap Gunung Tua. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 3(2), 9–13. https://doi.org/10.51933/jpma.v3i2.440

Sukatin, Gita Lestari, A., Yanila Grasela, A., Nur Amaliah, D., Asfiyah, F., & Rosadi, J. (2022). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Kurnia Kota Jambi. Jurnal Bunayya, 8(1), 94–100.

Sunbanu, O. A. (2024). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Mewarnai Gambar di TK Anugerah Soe. Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 5(2), 45–59.

Tambunan, J. M., & Anggraini, E. S. (2025). Mewarnai Seni Rupa : Menstimulasi Motorik dan Imajinasi Anak Kelas 1 Di SD 060841 Medan Petisah. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan (JKPPK), 3(1).

Most read articles by the same author(s)