Pemberdayaan UMKM Kopi Melben Melalui Digital Marketing dan Penguatan Branding Produk di Desa Melabun

Main Article Content

Patricia Widya Sari
Annisa Dwi Wahyuni
Atieah Nurul Chasanah
Bayu Dwi Saputra
Nadiyah Annisa Kinanti
Dio Armansah
Tia Primarani
Siti Aisah
Vika Elvira
Wahyudi Pratama
Rahma Azzahra

Abstract

Kegiatan Kuliah kerja Nyata (KKN) Kedisinian Desa Melabun Kecamatan Sungaiselan Kabupaten Bangka Tengah, merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada di desa tanpa mengharapkan suatu imbalan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan pelaku UMKM di era digitalisasi agar dapat mencapai hasil yang maksimal. Pemberdayaan UMKM Kopi Melben melalui digital marketing dan penguatan branding produk bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pasar produk kopi lokal, digital marketing ini diharapkan dapat membantu dalam mempromosikan produk kopi menjadi lebih luas melalui platform media sosial, marketplace, dan startegi pemasaran berbasis konten yang menarik. Penguatan branding produk juga penting untuk menciptakan identitas yang kuat bagi UMKM. Strategi yang digunakan meliputi pengembangan konten kreatif, pemanfaatan influencer, serta diversifikasi produk. Hasil yang diharapkan dari pemberdayaan ini adalah untuk meningkatkan volume penjualan, perluasan jangkauan pasar, serta peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat Melabun, pemberdayaan UMKM ini tidak hanya semata-mata menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Melabun tetapi juga dapat memperkuat ekonomi lokal di desa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, P. W., Annisa Dwi Wahyuni, Atieah Nurul Chasanah, Bayu Dwi Saputra, Nadiyah Annisa Kinanti, Dio Armansah, Tia Primarani, Siti Aisah, Vika Elvira, Wahyudi Pratama, & Rahma Azzahra. (2025). Pemberdayaan UMKM Kopi Melben Melalui Digital Marketing dan Penguatan Branding Produk di Desa Melabun. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 755–766. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8940
Section
Articles

References

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).RENCANA KEGIATAN MASYARAKAT KAMPUNG KB 'MELABUN' DESA MELABUN KECAMATAN SUNGAI SELAN https://kampungkb.bkkbn.go.id/kampung/50597/melabun

BAQI, M. R. I. AL. (2024). SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH PIHAK EFEK KOPI TERRACE PEKANBARU MOHAMMAD RIZQI IMAM AL BAQI. 6835.

Felicia, T. S., Almira, Saputri, N., & Syafutra, R. (2024). Peningkatan kualitas kemasan dan strategi pemasaran produk Madu Ratu Riden. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 541–546.http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/14852

Hendriadi, A. A., Sari, B. N., & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan digital marketing usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125BAQI, M. R. I. AL. (2024). SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN OLEH PIHAK EFEK KOPI TERRACE PEKANBARU MOHAMMAD RIZQI IMAM AL BAQI. 6835.

Fadhilah, F., Satyanegara, D., & Pertiwi, W. N. B. (2023). Optimalisasi Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial bagi UMKM Kopi Dadaman Desa Citaman Banten. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(1), 13. https://doi.org/10.36722/jpm.v6i1.2268

Hasdiansyah, A., Maulidyah, A. G., & Suhri, I. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Petani Kopi Melalui Pelatihan Budidaya Lebah Tidak Bersengat. Madaniya, 4(3), 1–9. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/484

Muhamad Ramadhan, D., & Permana Yusuf, B. (2022). Peran digital marketing pada UMKM di Kedai Kopi 272. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 393–402. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.18965

Natalia, G., Joaquim, de D., Sunardi, & Hastuti, S. (2023). Pengaruh Metode Roasting dari Beberapa Perbandingan Biji Kopi ( Coffee Sp ) Arabika dan Robusta Terhadap Karakteristik Organoleptik Seduhan. Agroforetech, 1, 548–561.

Syafutra, R., Apriyani, R., Fatmawati, F., Febriyani, R., Sakti, M. Y. G., & Kurbiyanto, A. (2023). Mitigating conflict between human and longtailed macaque in Balun Ijuk Village, Bangka Regency. Community Empowerment, 8(12), 2164–2168. https://doi.org/10.31603/ce.8947

Syafutra, R., Apriyani, R., Heri, Karsina, L., & Wulan, N. A. N. (2023). Mitigasi konflik manusia-buaya muara di Desa Kayu Besi dan Bukit Layang, Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPKMN), 4(1), 565–572. https://ejournal.sisfokomtek.org/index.php/jpkm/article/view/881

Syafutra, R., Handayani, H., Alamsyah, Z., Ahka, R., Saputra, F. D., & Safitri, M. (2023). Mitigasi konflik manusia-buaya muara di Kelurahan Semabung Lama dan Pasir Putih, Kota Pangkalpinang. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1512–1517. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13448

Syafutra, R., Handayani, H., Wulandari, F., Kamal, A., Arahmaan, R., Husin, T. D., Apriyani, R., Fatmawati, Febriyani, R., Sakti, M. Y. G., & Kurbiyanto, A. (2024). Mitigasi konflik manusia-monyet ekor panjang di Pulau Bangka (studi kasus di Desa Air Duren, Kemuja, dan Jada Bahrin). Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 278–283. http://jurnal.umtapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/10814

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.