Peningkatan Motivasi Literasi Siswa SMKN 1 Mas Ubud Melalui Pengenalan Aplikasi Notion
Main Article Content
Abstract
Peningkatan literasi digital merupakan salah satu tantangan penting dalam dunia pendidikan, terutama di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kurangnya motivasi siswa dalam mencatat dan mengelola informasi menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi literasi siswa melalui pengenalan aplikasi Notion sebagai media pencatatan digital. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop interaktif pada 18 Desember 2024 di SMK Negeri 1 Mas Ubud, Bali, melibatkan 24 siswa kelas XI jurusan PPLG. Metode yang digunakan adalah pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Materi difokuskan pada fitur dasar Notion seperti pencatatan, penggunaan template, dan pembuatan to-do list. Evaluasi dilakukan melalui observasi keterlibatan siswa, presentasi hasil catatan, dan testimoni. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan Notion, serta menunjukkan antusiasme tinggi saat mempresentasikan hasilnya. Pengenalan media digital yang praktis terbukti mampu meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan literasi, sekaligus menumbuhkan budaya belajar yang aktif dan reflektif. Kegiatan ini mendukung pencapaian SDGs poin ke-4 tentang pendidikan berkualitas.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Digital dalam Proses Belajar Mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76–87. https://doi.org/10.47766/ga.v2i2.161
Asnawati, A., Kanedi, I., Utami, F. H., Mirna, M., & Asmar, S. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital Di Dunia Pendidikan Era 5.0. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1). https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3489
Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model pembelajaran self-directed learning berbantuan website notion: meningkatkan kemampuan berpikit kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 245–257. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52017
GTK, S. (2023, December 5). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Retrieved April 10, 2025, from https://gtk.dikdasmen.go.id/read-news/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2023). PISA 2022 DAN PEMULIHAN PEMBELAJARAN DI INDONESIA. Jakarta. Retrieved from https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf
Kusumandyoko, T. C., Marsudi, Catya, K., & Prasetya, D. (2025). Employing Stanford’s Design Thinking Method for Tackling Social Issues in Kelurahan Gayungan, Surabaya. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-317-7_43
Mustakim, R., Mawardi, C., & Rismawati. (2025). Inovasi Penggunaan Notion dalam Pembelajaran Proyek yang Dinamis dan Interaktif. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 6(1), 22–32. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i1.300
Naurah, N. (2023, December 11). Studi PISA 2022: Skor Literasi Membaca Indonesia Catatkan Rekor Terendah Sejak Tahun 2000. Retrieved April 10, 2025, from https://goodstats.id/article/studi-pisa-2022-skor-literasi-membaca-indonesia-catatkan-rekor-terendah-sejak-tahun-2000-Ekt0x
Palangda, L. (2023). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Dan Motivasi Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X Smk N 2 Tondano. Innovative: Journal of Social Science Research, 3, 5443–5457. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5481
Purwati, N., Syukron, A., Attabi, K., & Sawwara, S. (2023). Desain UI/UX Aplikasi SEWA Menggunakan Metode Design Thinking. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 11(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v11i2.17154
Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795
Rakhman, P. A., Salsyabila, A., Nuramalia, N., & Gustiani, P. E. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN Cilampang melalui Media Pembelajaran Digital dan Konvensional. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(2), 615–622. https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.293
Rochani, S. (2023). IDENTIFIKASI MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK SISWA DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(2), 83–89. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.101
Sappaile, B. I., Sembiring, D., Saifullah, S., Merakati, I., Husnita, L., & Riyanti, A. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 5667–5672. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28280
Sary, I., & Mazaimi, Z. (2023). Penggunaan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan keterampilan Literasi Informasi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2, 120. https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.227
Sufrianto, S., Lakawa, I., Makkawaru, A., & Haryono, H. (2022). LITERASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL BAGI DOSEN PEMULA DAN DOSEN PRAKTISI. Jurnal Sultra Sains, 4(2), 21–29. https://doi.org/10.54297/sultrasains.v4i2.425
Ulya, K., Ikhlas, T. M., Muarif, A., Jannah, M., Triyana, & Ananda, D. Y. (2024). Evaluasi Program Pendampingan Belajar di Luar Jam Sekolah untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 56–62. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.168
Zuhri, S., Suwindia, I. G., & Ari Winagun, I. M. (2024). Literasi digital dan kecakapan abad ke-21: analisis komprehensif dari literatur terkini. Education and Social Sciences Review, 5, 149–155. https://doi.org/10.29210/07essr500300