Peningkatan Motivasi Literasi Siswa SMKN 1 Mas Ubud Melalui Pengenalan Aplikasi Notion

Main Article Content

Helmy
Gung De
Ariwidnyana
Tomoe
Meindra

Abstract

Peningkatan literasi digital merupakan salah satu tantangan penting dalam dunia pendidikan, terutama di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kurangnya motivasi siswa dalam mencatat dan mengelola informasi menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi literasi siswa melalui pengenalan aplikasi Notion sebagai media pencatatan digital. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk workshop interaktif pada 18 Desember 2024 di SMK Negeri 1 Mas Ubud, Bali, melibatkan 24 siswa kelas XI jurusan PPLG. Metode yang digunakan adalah pendekatan Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Materi difokuskan pada fitur dasar Notion seperti pencatatan, penggunaan template, dan pembuatan to-do list. Evaluasi dilakukan melalui observasi keterlibatan siswa, presentasi hasil catatan, dan testimoni. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam menggunakan Notion, serta menunjukkan antusiasme tinggi saat mempresentasikan hasilnya. Pengenalan media digital yang praktis terbukti mampu meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan literasi, sekaligus menumbuhkan budaya belajar yang aktif dan reflektif. Kegiatan ini mendukung pencapaian SDGs poin ke-4 tentang pendidikan berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alam, H. S., Adi Mega Putra, A. A. G., Krisna Ariwidnyana, I. P., Tomoe Isozaki, I. B., & Meindra Guna, I. P. G. (2025). Peningkatan Motivasi Literasi Siswa SMKN 1 Mas Ubud Melalui Pengenalan Aplikasi Notion. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 631–640. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8922
Section
Articles

References

Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Digital dalam Proses Belajar Mengajar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 76–87. https://doi.org/10.47766/ga.v2i2.161

Asnawati, A., Kanedi, I., Utami, F. H., Mirna, M., & Asmar, S. (2023). Pemanfaatan Literasi Digital Di Dunia Pendidikan Era 5.0. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 2(1). https://doi.org/10.37676/jdun.v2i1.3489

Baharuddin, R. A., Rosyida, F., Irawan, L. Y., & Utomo, D. H. (2022). Model pembelajaran self-directed learning berbantuan website notion: meningkatkan kemampuan berpikit kritis siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 245–257. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52017

GTK, S. (2023, December 5). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Retrieved April 10, 2025, from https://gtk.dikdasmen.go.id/read-news/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018

Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2023). PISA 2022 DAN PEMULIHAN PEMBELAJARAN DI INDONESIA. Jakarta. Retrieved from https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf

Kusumandyoko, T. C., Marsudi, Catya, K., & Prasetya, D. (2025). Employing Stanford’s Design Thinking Method for Tackling Social Issues in Kelurahan Gayungan, Surabaya. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-317-7_43

Mustakim, R., Mawardi, C., & Rismawati. (2025). Inovasi Penggunaan Notion dalam Pembelajaran Proyek yang Dinamis dan Interaktif. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 6(1), 22–32. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v6i1.300

Naurah, N. (2023, December 11). Studi PISA 2022: Skor Literasi Membaca Indonesia Catatkan Rekor Terendah Sejak Tahun 2000. Retrieved April 10, 2025, from https://goodstats.id/article/studi-pisa-2022-skor-literasi-membaca-indonesia-catatkan-rekor-terendah-sejak-tahun-2000-Ekt0x

Palangda, L. (2023). Pengaruh Penerapan Literasi Digital Dan Motivasi Belajar Terhadap Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X Smk N 2 Tondano. Innovative: Journal of Social Science Research, 3, 5443–5457. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5481

Purwati, N., Syukron, A., Attabi, K., & Sawwara, S. (2023). Desain UI/UX Aplikasi SEWA Menggunakan Metode Design Thinking. EVOLUSI : Jurnal Sains Dan Manajemen, 11(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v11i2.17154

Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33. https://doi.org/10.31504/komunika.v10i1.3795

Rakhman, P. A., Salsyabila, A., Nuramalia, N., & Gustiani, P. E. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SDN Cilampang melalui Media Pembelajaran Digital dan Konvensional. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(2), 615–622. https://doi.org/10.51874/jips.v5i2.293

Rochani, S. (2023). IDENTIFIKASI MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK SISWA DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(2), 83–89. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.101

Sappaile, B. I., Sembiring, D., Saifullah, S., Merakati, I., Husnita, L., & Riyanti, A. (2024). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7, 5667–5672. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28280

Sary, I., & Mazaimi, Z. (2023). Penggunaan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan keterampilan Literasi Informasi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2, 120. https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.227

Sufrianto, S., Lakawa, I., Makkawaru, A., & Haryono, H. (2022). LITERASI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL BAGI DOSEN PEMULA DAN DOSEN PRAKTISI. Jurnal Sultra Sains, 4(2), 21–29. https://doi.org/10.54297/sultrasains.v4i2.425

Ulya, K., Ikhlas, T. M., Muarif, A., Jannah, M., Triyana, & Ananda, D. Y. (2024). Evaluasi Program Pendampingan Belajar di Luar Jam Sekolah untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 56–62. https://doi.org/10.56921/cpkm.v3i1.168

Zuhri, S., Suwindia, I. G., & Ari Winagun, I. M. (2024). Literasi digital dan kecakapan abad ke-21: analisis komprehensif dari literatur terkini. Education and Social Sciences Review, 5, 149–155. https://doi.org/10.29210/07essr500300

Most read articles by the same author(s)