Asistensi Desain Kemasan dan Logo Sebagai Upaya Meningkatkan Identitas Visual UMKM di Kabupaten Bondowoso

Main Article Content

Rizky Adhitya Nugroho
Rezha Isyraqi Qastalano
Muhammad Bahanan

Abstract

Program asistensi desain kemasan dan logo untuk UMKM di Kabupaten Bondowoso bertujuan meningkatkan daya saing dan keberlanjutan usaha melalui inovasi desain. Program ini dilakukan dalam empat tahap: observasi dan koordinasi dengan instansi terkait untuk mengidentifikasi masalah UMKM, sosialisasi dan konsultasi daring mengenai pentingnya desain kemasan dan logo, pengerjaan desain oleh tim dosen dan mahasiswa berdasarkan masukan UMKM, serta penyerahan hasil desain yang disertai diskusi implementasi. Hasilnya menunjukkan bahwa pendekatan kolaboratif ini membantu UMKM memahami pentingnya branding visual dalam strategi pemasaran dan meningkatkan daya tarik produk mereka di pasar. Diharapkan, asistensi ini dapat memperkuat daya saing UMKM di Kabupaten Bondowoso secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nugroho, R. A., Qastalano, R. I. ., & Bahanan, M. . (2025). Asistensi Desain Kemasan dan Logo Sebagai Upaya Meningkatkan Identitas Visual UMKM di Kabupaten Bondowoso . Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 878–886. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8898
Section
Articles

References

Alalawi, S. (2020). The impact of transformational leadership on employee creativity: The role of learning orientation. Management Science Letters, 10(7), 1533-1542.

Arimbi, D. A., Setyawan, A., & Wibisono, D. (2023). Peran UMKM dalam perekonomian Indonesia: Tantangan dan peluang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 38(1), 45-60.

Ayyagari, M., Beck, T., & Demirguc-Kunt, A. (2007). Small and medium enterprises across the globe. Small Business Economics, 29(4), 415-434.

Dalberg. (2011). Report on support to SMEs in developing countries through financial intermediaries. Dalberg Global Development Advisors.

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur. (2021). Laporan tahunan 2021. Surabaya: DiskopUKM Jawa Timur.

Gbandi, E. C., & Amissah, G. (2014). Financing options for small and medium enterprises (SMEs) in Nigeria. European Scientific Journal, 10(1), 327-340.

Harminingtyas, R. (2013). Peran kemasan dalam meningkatkan daya tarik produk UMKM. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 15(1), 55-63.

Jurnal Bina Wirausaha. (2023). Stagnasi UMKM di Kabupaten Bondowoso: Faktor penyebab dan solusi. Jurnal Bina Wirausaha, 12(2), 75-89.

Matriano, T., & Khan, F. R. (2019). The role of technology in enhancing the performance of SMEs in the manufacturing sector. International Journal of Business and Management, 14(6), 123-135.

Metamorphosys. (2023). The impact of packaging design on consumer purchasing decisions. Metamorphosys Design Journal, 5(3), 112-125.

Nikolić, M., Stanišić, N., & Janković-Milić, V. (2019). Determinants of SME failure: Evidence from Serbia. Economic Research-Ekonomska Istraživanja, 32(1), 3537-3551.

Purnomo, H., Ardana, I. K., & Handoko, B. L. (2013). Strategi desain kemasan untuk meningkatkan nilai jual produk. Jurnal Desain Produk, 4(2), 98-105.

Sativa, D., Nugraha, R., & Pratama, A. (2022). Hambatan UMKM dalam mengadopsi teknologi desain grafis: Studi kasus penggunaan Canva. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 11(4), 210-220.

Universitas Jember. (2022). Laporan penelitian: Analisis perkembangan UMKM di Kabupaten Bondowoso. Jember: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Jember.