Pemberdayaan Ekonomi Santri Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Business Model Canvas (BMC) di Pondok Pesantren Bukit Al-Quran Kabupaten Demak

Main Article Content

Yeyen Novita

Abstract

Pondok pesantren Bukit Al-Quran Kabupaten Demak merupakan salah satu pesantren yang potensial dalam mencetak wirausahawan muslim. Para santri di pondok pesantren tersebut mayoritas merupakan siswa SMA dan mahasiswa yang memiliki antusiasme tinggi dalam berwirausaha. Namun, minimnya pemahaman tentang manajemen bisnis menjadi tantangan tersendiri bagi para santri. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah pelatihan Business Model Canvas (BMC), yang merupakan alat visual sistematis untuk merancang dan menganalisis model bisnis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kewirausahaan santri di Pondok Pesantren Bukit Al-Quran, Kabupaten Demak, melalui pelatihan BMC. Metode yang digunakan meliputi ceramah, demonstrasi, dan diskusi interaktif dengan peserta pelatihan sebanyak 30 santri. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa seluruh peserta dapat memahami konsep dan penerapan BMC dalam merancang bisnis, serta mampu menyusun BMC untuk ide bisnis mereka sendiri. Pelatihan ini memberikan manfaat bagi santri dalam mengenali peluang bisnis, memahami perencanaan usaha, serta meningkatkan kemampuan analisis dalam menjalankan bisnis sesuai prinsip syariah. Oleh karena itu, program serupa perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk membentuk santri yang tidak hanya berilmu agama, tetapi juga memiliki keterampilan kewirausahaan yang siap bersaing di dunia bisnis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Novita, Y. (2025). Pemberdayaan Ekonomi Santri Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Business Model Canvas (BMC) di Pondok Pesantren Bukit Al-Quran Kabupaten Demak. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 871–877. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8891
Section
Articles

References

Anggadwita, G., Dana, L. P., Ramadani, V., & Ramadan, R. Y. (2021). Empowering Islamic boarding schools by applying the humane entrepreneurship approach: the case of Indonesia. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 27(6), 1580–1604. https://doi.org/10.1108/IJEBR-11-2020-0797

Fazlurrahman, H., Abqari, L. S., & Wardoyo, D. T. W. (2022). Pesantren (Islamic Boarding Schools): The Largest Form of Social Entrepreneurship in Indonesia. In Driving Entrepreneurship in Southeast Asia (pp. 54–61). Taylor and Francis. https://doi.org/10.4324/9781003260783-5

Hakiem, H., Devi, A., Mulyadi, N., Islahudin, I., & Atika, N. (2023). Islamic scholar thought on intrapreneurial leadership characteristic framework for islamic education institutions. Educational Administration: Theory and Practice, 29(3), 216–237. https://doi.org/10.52152/kuey.v29i3.728

Lin, Y.-J., & Pai, T.-Y. (2016). Terms and conditions Privacy policy Development of systematic business model innovation software prototype for teaching assistance and cases accumulation. In International Journal of Systematic Innovation (Vol. 4, Issue 2). https://www.scopus.com/inward/record.uri?eid=2-s2.0-85061878974&partnerID=40&md5=310a1ce50716a661cfb815d658ecf39

Mariyono, D., Maskuri, & Ghony, M. D. (2025). Entrepreneurial basic capital and its contribution to developing multicultural Islamic education. Journal of Education and Learning, 19(2), 684–698. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i2.21554

Patria, B. (2023). Students are Happier in Madrasah: The Results of Bayesian Analysis on Indonesian National Survey Data. Islamic Guidance and Counseling Journal, 6(2), 1–16. https://doi.org/10.25217/0020236406800

Pepin, M., Tremblay, M., Audebrand, L. K., & Chassé, S. (2024). The responsible business model canvas: designing and assessing a sustainable business modeling tool for students and start-up entrepreneurs. International Journal of Sustainability in Higher Education, 25(3), 514–538. https://doi.org/10.1108/IJSHE-01-2023-0008

Rizan, M., Sumastuti, E., Prabowo, H., Kresnamurti, A., Hanoum, F. C., Anugrah, R. P., Safitri, A. K., Fauzan, M. A., Febriani, S., & Istikhomah. (2024). THE BUSINESS MODEL CANVAS IN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ ENTREPRENEURIAL MINDSET. Corporate and Business Strategy Review, 5(3), 47–61. https://doi.org/10.22495/cbsrv5i3art5

Wibowo, A., Widjaja, S. U. M., Utomo, S. H., Kusumojanto, D. D., Wardoyo, C., Narmaditya, B. S., & Wardana, L. W. (2022). The role of entrepreneurial education and Islamic values matter. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(3), 1607–1616. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22264

Wibowo, A., Widjaja, S. U. M., Utomo, S. H., Kusumojanto, D. D., Wardoyo, C., Wardana, L. W., & Narmaditya, B. S. (2022). Does Islamic values matter for Indonesian students’ entrepreneurial intention? The mediating role of entrepreneurial inspiration and attitude. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 13(2), 242–263. https://doi.org/10.1108/JIABR-03-2021-0090