Pemanfaatan Media Visual dalam Pembelajaran Numerasi Di SDN No. 1 Tuban
Main Article Content
Abstract
Minat siswa sekolah dasar terhadap pelajaran matematika seringkali rendah, terutama karena metode pembelajaran yang kurang menarik. Menanggapi hal tersebut, dilakukan kegiatan pengabdian di SDN No. 1 Tuban untuk mengeksplorasi potensi media visual sebagai sarana bantu dalam mengajarkan numerasi. Kegiatan ini dirancang dengan pendekatan Design Thinking, dimulai dari pengumpulan kebutuhan melalui observasi dan wawancara, hingga perancangan dan uji coba media pembelajaran berbasis Canva. Media tersebut dikembangkan menyesuaikan jenjang kelas dan materi numerik seperti operasi bilangan dan pecahan. Hasil implementasi menunjukkan bahwa penggunaan media visual meningkatkan keterlibatan siswa, serta memudahkan guru dalam menyampaikan materi secara menarik dan mudah dipahami. Pendekatan ini berpotensi memperkaya metode pengajaran numerasi secara lebih kreatif dan adaptif di jenjang sekolah dasar.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amanda, D. R. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Media Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(2), 185–199. https://doi.org/10.55606/JPBB.V3I2.3181
Amir, A. (2016). PENGGUNAAN MEDIA GAMBARDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 2.
Hazna, M. (2020). Hambatan Guru terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual di MTs YAPI Pakem. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/30814
Jala, W. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas IV SD Inp. Maulafa | Jurnal Pendidikan Refleksi. 13. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/refleksi/article/view/332
Luthfi, M. I., & Septiyanti, N. D. (2023). Design Thinking untuk Analisis Masalah Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 3(2), 193–204. https://doi.org/10.51454/DECODE.V3I2.146
Mutiara, T., Safrizal, S., & Yulnetri, Y. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 12 Andaleh Baruh Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah , 3(2), 96–105. https://doi.org/10.32665/JURMIA.V3I2.1345