Pemanfaatan Media Digital dalam Rekrutmen Tutor di Bimbel dengan LinkedIn

Main Article Content

Helmy Syakh Alam
Anak Agung Gede Adi Mega Putra
Ni Made Adelia Devananda
I Gusti Agung Triana Putri
I Putu Gede Yoga Pradnyana

Abstract

Perkembangan teknologi telah memberikan dampak signifikan terhadap efektivitas dan kemudahan berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam proses perekrutan tenaga kerja. Penyebaran informasi lowongan pekerjaan melalui platform digital terbukti mampu meningkatkan aksesibilitas bagi pencari kerja serta membantu institusi dalam memperoleh kandidat yang sesuai. Studi ini berfokus pada pemanfaatan media sosial sebagai platform perekrutan tenaga pengajar di Bimbingan Belajar (Bimbel) Cheerful Course, yang menghadapi kendala dalam mencari tutor full-time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking dan Social Business Model Canvas dengan melibatkan pemilik bimbel serta para tutor yang telah bekerja di sana. Implementasi dilakukan melalui pelatihan penggunaan LinkedIn sebagai media perekrutan digital. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, khususnya LinkedIn, mendapat tanggapan positif dari pihak Bimbel. Fitur-fitur LinkedIn, seperti pembuatan profil perusahaan, pemostingan lowongan pekerjaan, dan jangkauan profesional yang lebih luas, memungkinkan proses rekrutmen menjadi lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, penggunaan media sosial sebagai platform perekrutan tenaga kerja dapat menjadi solusi inovatif yang membantu Bimbel Cheerful Course dalam menjangkau kandidat potensial secara lebih luas dan sistematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Helmy Syakh Alam, Anak Agung Gede Adi Mega Putra, Adelia Devananda, N. M., Triana Putri, I. G. A., & Yoga Pradnyana, I. P. G. (2025). Pemanfaatan Media Digital dalam Rekrutmen Tutor di Bimbel dengan LinkedIn. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 605–609. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8881
Section
Articles

References

Alfirahmi, D. M., Kania, D. S., & Yusup, D. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik Menggunakan Pendekatan Design Thinking. Dadang Yusup INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 219–233.

Brawijaya, U., Puspita, A., Hadi Wijoyo, S., & Suharsono, A. (2024). Strategi Penggunaan Sosial Media LinkedIn Sebagai Media Pengembangan Karir dan Media Pembelajaran Dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Vol. 1, Nomor 1). http://j-ptiik.ub.ac.id

Dharmawan, R. (2018). Analisis Efisiensi Rekrutmen Karyawan Melalui Media Online dan Media Konvensional (Studi Tentang Efisiensi Waktu dan Tenaga dari PT. Jasa Marga (persero) Tbk). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165416

Kelley, D., & Brown, T. (2018). An Introduction to Design Thinking. Institute of Design at Stanford.

Muhamad, N. (2023, September 22). Ada 24,9 Juta Pengguna LinkedIn di Indonesia, Milenial Mendominasi. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/bb6b1535cc311b3/ada-249-juta-pengguna-linkedin-di-indonesia-milenial-mendominasi

Muhammad, H., Hatta, M., Putra, M., & Fahamsyah, M. H. (2021). Penerapan Platform Media Sosial LinkedIn Sebagai Alat Rekrutmen (Vol. 7, Nomor 4). https://doi.org/https://doi.org/10.31943/investasi.v7i4.165

Zebua, R., Hendriyani, C., Sukmadewi, R., Thaha, A., Tahir, R., Purbasari, R., Novel, N., Dewintari, P., Paramita, C., Hierdawati, T., & Subagja, A. (2023). BISNIS DIGITAL (Strategi Administrasi Bisnis Digital untuk Menghadapi Masa Depan) (Efitra & Sepriano, Ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/370777944

Most read articles by the same author(s)