Pemanfaatan Media Digital dalam Rekrutmen Tutor di Bimbel dengan LinkedIn
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi telah memberikan dampak signifikan terhadap efektivitas dan kemudahan berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam proses perekrutan tenaga kerja. Penyebaran informasi lowongan pekerjaan melalui platform digital terbukti mampu meningkatkan aksesibilitas bagi pencari kerja serta membantu institusi dalam memperoleh kandidat yang sesuai. Studi ini berfokus pada pemanfaatan media sosial sebagai platform perekrutan tenaga pengajar di Bimbingan Belajar (Bimbel) Cheerful Course, yang menghadapi kendala dalam mencari tutor full-time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Thinking dan Social Business Model Canvas dengan melibatkan pemilik bimbel serta para tutor yang telah bekerja di sana. Implementasi dilakukan melalui pelatihan penggunaan LinkedIn sebagai media perekrutan digital. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial, khususnya LinkedIn, mendapat tanggapan positif dari pihak Bimbel. Fitur-fitur LinkedIn, seperti pembuatan profil perusahaan, pemostingan lowongan pekerjaan, dan jangkauan profesional yang lebih luas, memungkinkan proses rekrutmen menjadi lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, penggunaan media sosial sebagai platform perekrutan tenaga kerja dapat menjadi solusi inovatif yang membantu Bimbel Cheerful Course dalam menjangkau kandidat potensial secara lebih luas dan sistematis.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alfirahmi, D. M., Kania, D. S., & Yusup, D. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Pengelolaan Sampah Plastik Menggunakan Pendekatan Design Thinking. Dadang Yusup INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 219–233.
Brawijaya, U., Puspita, A., Hadi Wijoyo, S., & Suharsono, A. (2024). Strategi Penggunaan Sosial Media LinkedIn Sebagai Media Pengembangan Karir dan Media Pembelajaran Dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa (Vol. 1, Nomor 1). http://j-ptiik.ub.ac.id
Dharmawan, R. (2018). Analisis Efisiensi Rekrutmen Karyawan Melalui Media Online dan Media Konvensional (Studi Tentang Efisiensi Waktu dan Tenaga dari PT. Jasa Marga (persero) Tbk). http://repository.ub.ac.id/id/eprint/165416
Kelley, D., & Brown, T. (2018). An Introduction to Design Thinking. Institute of Design at Stanford.
Muhamad, N. (2023, September 22). Ada 24,9 Juta Pengguna LinkedIn di Indonesia, Milenial Mendominasi. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/bb6b1535cc311b3/ada-249-juta-pengguna-linkedin-di-indonesia-milenial-mendominasi
Muhammad, H., Hatta, M., Putra, M., & Fahamsyah, M. H. (2021). Penerapan Platform Media Sosial LinkedIn Sebagai Alat Rekrutmen (Vol. 7, Nomor 4). https://doi.org/https://doi.org/10.31943/investasi.v7i4.165
Zebua, R., Hendriyani, C., Sukmadewi, R., Thaha, A., Tahir, R., Purbasari, R., Novel, N., Dewintari, P., Paramita, C., Hierdawati, T., & Subagja, A. (2023). BISNIS DIGITAL (Strategi Administrasi Bisnis Digital untuk Menghadapi Masa Depan) (Efitra & Sepriano, Ed.). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/370777944