Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Program KKN Mengajar di SDN 04 Jaho
Main Article Content
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat karakter siswa Sekolah Dasar melalui program KKN Mengajar yang dilaksanakan di SDN 04 Jaho. Permasalahan karakter siswa yang kian memudar di era digital menuntut intervensi edukatif yang relevan dan kontekstual. Mahasiswa KKN hadir dengan rancangan pembelajaran berbasis nilai-nilai karakter seperti disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan kepedulian. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan edukatif partisipatif melalui pengajaran tematik yang dikemas secara kreatif dan menyenangkan. Kegiatan berlangsung selama 40 hari kerja, di mana mahasiswa KKN mengintegrasikan pendidikan karakter dalam proses belajar mengajar setiap hari. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan sikap disiplin dan kerja sama siswa dalam kelas, serta antusiasme tinggi terhadap kegiatan belajar. Program ini memberikan kontribusi signifikan dalam pembentukan karakter siswa sejak dini dan dapat direplikasi dalam kegiatan KKN di wilayah lain
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Indrawati, H., Rahayu, S., & Fauziah, N. (2020). Peran Mahasiswa KKN dalam Penguatan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 123–130.
Kemdikbud. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, A., Handayani, R., & Sutrisno, T. (2022). Efektivitas Program KKN Mengajar terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 45–54.
Rahmawati, D., & Arifin, M. (2023). Pendidikan Karakter di Era Digital: Tantangan dan Solusi. Jurnal Pendidikan Karakter Digital, 2(1), 1–10.
Syamsu, R., & Putra, W. (2021). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 328–339.
Yuliana, R., & Fadilah, S. (2019). Strategi Menanamkan Nilai Karakter melalui Kegiatan KKN Mengajar. Jurnal Edukasi Masyarakat, 6(2), 55–62.