Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di SLB Negeri Samarinda

Main Article Content

Bachtiar Safrudin
Andi Aprilya Anggryani
Muhammad Amir Zulfahmi Hibaturrahman
Melly Amanda
Shintya Anugerah Aprilia
Wyldha Noor Azizah
Shabrina Safitri
Arinda Fadilla Rizky Aulia
Esa Shafa Praditha
Nuri Aprilia Arifin
Putri Anggraeni
Dwi Widyastuti

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan anak dengan karakteristik berbeda dibandingkan anak-anak pada umumnya. Tujuan pelaksanaan kegiatan terapi mewarnai pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Samarinda adalah sebagai upaya peningkatan kemampuan mototik halus anak, meningkatkan konsentrasi, serta membantuk mengekspresikan emosi mereka.. Metode yang digunakan adalah dengan program bimbingan melalu terapi mewarnai. Pelaksanaan ini dilakukan pada tanggal 31 Oktober 2024 dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil menunjukkan bahwa terapi mewarnai memberikan dampak positif terhadap perkembangan anak. Anak-anak mampu menggenggam dan menggerakkan krayon dengan baik, menunjukkan peningkatan konsentrasi, serta mampu mengekspresikan perasaan mereka melalui pilihan warna. Terapi mewarnai juga meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian anak. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar terapi mewarnai dapat dijadikan bagian dari kurikulum harian di SLBN untuk lebih mendukung perkembangan motorik, emosi, dan kreativitas anak-anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bachtiar Safrudin, Andi Aprilya Anggryani, Muhammad Amir Zulfahmi Hibaturrahman, Melly Amanda, Shintya Anugerah Aprilia, Wyldha Noor Azizah, Shabrina Safitri, Arinda Fadilla Rizky Aulia, Esa Shafa Praditha, Nuri Aprilia Arifin, Putri Anggraeni, & Dwi Widyastuti. (2025). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di SLB Negeri Samarinda. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 866–870. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8745
Section
Articles

References

Ambarwati, R., & Yuliantika, R. (2020). Efektivitas Terapi Menggambar Dan Mewarnai Berkelompok Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Retardasi Mental. Jurnal Keperawatan GSH, 9(2), 11–19.

Dewi, C. R. (2022). Pembelajaran Konsep Dasar Mewarnai pada Anak Autis. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 36–44. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/1137

Kemba, L. N., Amalia, A., & Samodra, Y. T. (2024). Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Melalui Kegiatan Mewarnai. Montessori Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini, 5(2), 21–30. https://doi.org/10.37010/int.v2i2.414

Latip, A., Sari, R. S., & Ratnasari, F. (2022). Literature Review: Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Terhadap Tingkat Kooperatif Anak Prasekolah yang Menjalani Hospitalisasi. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 210–216. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i2.230

Paschalia, Y. P. M., Cahyani, S. L., Doondori, A. K., Budiana, I., & Patmawati, T. A. (2024). Terapi Bermain pada Anak Berkebutuhan Khusus di Panti Asuhan Bhakti Luhur Ende. Idea Pengabdian Masyarakat, 4(02), 74–78. https://doi.org/10.53690/ipm.v2i02.230

Sari, P. I., Pordaningsih, R., Erwinsyah, E., & Prasetya, R. D. (2023). Penerapan Terapi Bermain Mewarnai untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Hospitalisasi pada Anak Usia 3-6 Tahun: Studi Kasus. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 4(1), 109–115. https://doi.org/10.22437/jini.v4i1.25069

Most read articles by the same author(s)