Pendampingan Program Literasi melalui Peningkatan Keterampilan Membaca Cerdas
Main Article Content
Abstract
Rendahnya minat dan kemampuan membaca serta keterbatasan sarana pendukung literasi di Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 4 Ampel mempengaruhi kemampuan literasi para siswa. Program ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca siswa, meningkatkan keterampilan literasi melalui kegiatan yang menarik dan interaktif, dan menyediakan bahan bacaan yang berkualitas. Metode pelaksanaan pengabdian yaitu penilaian literasi awal, sesi pendampingan mingguan, media pembelajaran interaktif, dan penilaian literasi akhir. Hasil program pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa program pendampingan literasi meningkatkan kemampuan membaca cerdas siswa, baik dari segi kecepatan membaca, pemahaman isi teks, maupun kemampuan menganalisis informasi yang dibaca.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abidin, Y. (2016). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ahsani, E.L.F., & Azizah, N.R. (2021). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan Untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM, 11 (01): 7-16. DOI https://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317
Arrovia, Z. I. (2021). Nilai-Nilai Multikultural dalam Kebudayaan Pendalungan di Kabupaten Jember. ALMAARIEF, 66-84.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dewi, R. S., & Astuti, S. (2017). Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(3):189–195.
Ermanto. (2019). Keterampilan Membaca Cerdas. Depok: Rajawali Pers.
Fitria, H. (2018). Model Pendampingan Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 6(1), 45–53.
Gunawan, H. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter Literasi. Bandung: Alfabeta.
Isfironi, M. (2019). Kota Santri, Bumi Shalawat Nariyah Dan Bulé-Dhika: Reproduksi Kebudayaan Pendalungan Dalam Kontruksi Identitas di Situbondo. Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, 17(2), 1-18.
Jaya, C. D., Mijianti, Y., & Citraningrum, D.M. (2024). Pengembangan Halaman Informasi Cerita Rakyat untuk Penguatan Literasi Kearifan Lokal pada Kelas IX C SMPN 1 Tempurejo Jember. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10 (1): 142-152. DOI https://doi.org/10.37755/sjip.v10i1.1302
Kemendikbud. (2020). Panduan Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Nurgiyantoro, B. (2018). Pengantar Teori Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Putri, F.D.C., & Nurhasanah, N. (2023). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan sebagai Upaya dalam Mengembangkan Berkebhinekaan Global di Sekolah Dasar. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8 (3): 2167-2173. DOI https://doi.org/10.24815/jimps.v8i3.25267
Rahman, A. S., & Baihaqi, M. (2024). Implementasi Program Literasi Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 45-50.
Sumiyati, I., & Wahyuni, S. (2019). Pendekatan Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 102–109.
Supriyadi, Kadir, H., Lantowa, J., & Nusantari, E. (2025). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Berbasis Lingkungan. JOONG-KI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2): 426 – 433.
Tilaar, H. A. R. (2018). Membangun Pendidikan Karakter di Indonesia: Telaah atas Tanggung Jawab Dunia Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.
Trimansyah, T. (2024). Gerakan Literasi Sekolah dan Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik di MI Sambinae Kota Bima. FASHLUNA, 5(1), 39-50.
Wardhani, N., & Hamid, S. (2021). Implementasi Program Literasi Sekolah untuk Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 14–28.