Penyebab Kesulitan Belajar Terhadap Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis penyebab kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa di SD 094153 Karang Sari. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, orang tua, serta observasi langsung terhadap siswa yang mengalami kesulitan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kesulitan belajar pada siswa di SD 094153 Karang Sari dapat dibagi menjadi beberapa faktor, yaitu faktor internal seperti kurangnya motivasi dan rendahnya kecerdasan emosional siswa, serta faktor eksternal seperti kurangnya dukungan orang tua, kondisi lingkungan yang tidak mendukung, dan keterbatasan fasilitas pendidikan. Selain itu, faktor pengajaran yang tidak variatif dan kurangnya pemahaman guru terhadap kebutuhan individu siswa juga turut berperan dalam kesulitan belajar yang dialami siswa. Penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan keterampilan guru dalam memahami perbedaan karakteristik siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih mendukung agar dapat mengurangi kesulitan belajar di masa depan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah, & Rahmawati. (2020). Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran Hafalan Al-Qur’an di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 12(3), 45-59.
Dahlia, & Iskandar, T. (2024). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tahfidzul Quran Kota Tanjungbalai. Journal of Multidisciplinary Scientific Studies (IJOMSS), 2(5), 12-21. doi:https://doi.org/10.33151/ijomss.v2i5.359
Farida, Y. (2022). Model Penilaian dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Psikologi Pendidikan Inklusif, 5(3), 45-59.
Hamid, N. (2021). Diagnosis dan Penanganan Kesulitan Belajar dalam Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusif, 6(1), 77-89.
Hendri Yahya Sahputra, S. W. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pendukung Keberhasilan Pendidikan Di SMP Bumi Qur’an Siantar. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 14(4), 476-487. doi:http://dx.doi.org/10.22373/jm.v14i4.24509
Intan Bayzura Sirait, J. D. (2025). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR PENGHAMBAT PERUBAHAN DALAM KURIKULUM MERDEKA Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Kota Tanjungbalai. Jurnal Abshar (Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora), 5(1), 20-24.
Iskandar, T. (2021). Pengembangan Sumber Daya Manusia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 174-197. doi:https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i2.80
Kurniawan. (2020). Penggunaan Tes Standar dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 12(1), 60-73.
Kusumastuti, A. &. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Lestari, S. (2020). Penerapan Tes Psikometrik dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar pada Anak. Jurnal Psikologi Anak, 9(2), 50-62.
Mazlinda Utari Marpaung, I. Y. (2025). IMPLEMENTATION OF THE MADRASAH VISION AND MISSION IN REALIZING STUDENTS WHO ACCEPT THE QUR'ANI AT MTsS YMPI SEI. TUALANG RASO TANJUNGBALAI CITY. Jurnal Abshar (Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam dan Humaniora), 5(1), 25-33.
Moleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitaif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Netty Zakiah, M. S. (2024). Manajemen Transdisipliner: Suatu Konsep Pendidikan dari Perspektif Kajian Transdisipliner. Nganjuk: Dewa Publishing.
Novita, I. (2020). Pendekatan Psikologis dalam Identifikasi Kesulitan Belajar pada Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(2), 125-136.
Nurlaila, S., Sahkholid, N., & Topan, I. (2023). Textbook Analysis of Al-ʿArabiyyah Baina Yadai Aulādinā Vol 1 in The Rusydi Ahmad Thuaimah’s Perspective. Asalibuna, 7(01), 1-13. doi:https://doi.org/10.30762/asalibuna.v7i01.1053
Putri Syahri, S. S. (2024). Implementasi moderenisasi agama di Kampus UIN Raden Fatah Palembang dengan tujuan bisa saling menghargai antar budaya dan agama. Academy of Education Journal, 15(1), 278-287. doi:https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2171
Putri, L. (2020). Teknik Wawancara dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1), 22-34.
Rahmad Hidayat, T. I. (2022). Strategi Meningkatkan Penghasilan untuk Kesejahteraan Keluarga Pedagang. Inovatif: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital dan Kewirausahaan, 1(4), 305-315. doi:https://doi.org/10.55983/inov.v1i4.197
Rizki Inayah Putri, T. I. (2023). PENGEMBANGAN MODUL FIKIH BERBASIS INQUIRY LEARNING DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI II MANDAILING NATAL. Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 54-62. doi:https://doi.org/10.56874/eduglobal.v4i1.1159
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Topan Iskandar, U. K. (2023). Filsafat Manajemen Pendidikan Islam: Telaah manajemen Pendidikan dari Sudut Pandang Filsafat Islam. Nganjuk: DEWA PUBLISHING.
Umi Kalsum, P. S. (2023). ISU-ISU KONTEMPORER. Jambi: PT. Sonpedia Publishing.
Umi Kalsum, Z. Z. (2024). Strategi Ketua Jurusan PAI Kampus Universitas Ahmad Dahlan dalam Mengembangkan Kampus Merdeka untuk Mutu Lulusan. Journal of Education Research, 5(1), 76-83. doi:https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.764
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). . Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.