Pendampingan Kegitan Pengenalan Makhorijul Huruf Dengan Metode Iqro Di TKA/TPA Nurul Ihsan Palangkaraya
Main Article Content
Abstract
Pendampingan kegiatan pengenalan makhorijul huruf dengan metode Iqro di TKA/TPA Nurul Ihsan Palangkaraya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak sejak dini sesuai dengan kaidah tajwid yang benar. Kegiatan ini dilakukan dengan pendekatan Service Learning (SL) yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Metode Iqro yang digunakan dalam kegiatan ini terbukti efektif karena pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) yang memudahkan anak-anak dalam memahami dan menghafal makhrajul huruf secara sistematis. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa dalam membedakan dan melafalkan huruf hijaiyah dengan lebih tepat. Selain itu, pembelajaran dilakukan secara klasikal dengan membaca dan menulis huruf Hijaiyyah, serta dievaluasi melalui buku prestasi. Dan juga kegiatan doa bersama dan shalat asar berjamaah yang diterapkan. Dengan adanya metode ini juga meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari Al-Qur’an serta meningkatkan makhorijul huruf baik mengenali, melafalkan dan membedakan huruf Hijaiyyah dalam mengembangkan keterampilan membacanya. Dengan demikian, pendampingan ini memberikan kontribusi positif dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an bagi anak-anak di TKA/TPA Nurul Ihsan Palangka Raya
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alucyana, Raihana, & Utami (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46–57. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638
Chudzaifah, Hikmah, & Pramudiani, (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Al-Khidmah : Jurnal Pengabdian Dan Pendampingan Masyarakat, 1(1), 79–93. http://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Khidmah/article/view/384
Khotimah, Aulia, Zahrah, , Rahmawati, & Fuadillah. (2023). Pemberdayaan TPA Dalam Mengembangkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Di Kelurahan Kameloh Baru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(10), 2198–2205. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i10.491
Kusumaningrum, Nurrohimah, & Pratama. (2025). Strategi Menghadapi Tantangan Lingkungan Eksternal dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam,3(1), 287- 295. https://doi.org/10.61132/jmpai.v3i1.864
Lutfi, S., Surawan, & Zanuba, A. (2024). Self-regulation learning: upaya membangun kemandirian belajar al-qur’an di kalangan remaja. Anterior Jurnal, 23(1), 75–80. https://journal.umpr.ac.id/index.php/anterior/article/download/6618/3809/24931
Machali, I., & Munawaroh, F. A. (2014). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Pendidik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Hidayah Purwogondo Kalinyamatan Jepara. An-Nur, VI(2), 203–225. https://jurnalannur.ac.id/index.php/An-Nur/article/view/47
Mazrur,Surawan, & Malisi. (2023). Moral Education in Early Childhood: The Existence of TPA Darul Amin in Urban Communities. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2791–2800. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4492
Muthaharoh & Surawan. (2024). Pendampigan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Baca Tulis Al-quran Pada Siswa Kelas X SMAN 2 Palangka Raya. Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat: EDUABDIMAS, 3(4), 361–368. https://doi.org/10.36636/eduabdimas.v3i4.5600
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, T. (2020). Penerapan Metode At-tibyan Dalam Pembelajaran Membaca Al-quran Di Madrasah Ibtidaiyah Sahabat Quran Ibnu Mas'ud Godean. Journal GEEJ, 7(2), 41–53. https://doi.org/10.46244/geej.v7i2.1164
Prayogi, A., & Nasrullah, M. (2024). Sosialisasi penggunaan perangkat lunak turnitin pada mahasiswa uin gusdur pekalongan. 4(1), 31–38. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=311SS5sAAAAJ&citation_for_view=311SS5sAAAAJ:W7OEmFMy1HYC
Rafika Duri, Inayah Syar, N., & Wahdah, N. (2023). Pembinaan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah Bagi Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Tumbang Nusa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.23960/jpmip.v2i1.228
Raida, M. (2024). Pembinaan Makhrijul Huruf Dalam Membaca Iqro Di SMAN 1 Palangka Raya. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(5), 1892–1900. https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/700
Riskayanti, Wa Ode Firdayanti & Abdul Khalik Mawardi, M. S. (2023). Pemberdayaan Remaja Melalui Pelatihan Kader Guru TPQ Di Desa Alo-Alo Kecamatan Lembo Kabupaten Konawe Utar. INSANIYAH : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 13(1),104–116. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/INSANIYAH/article/view/8265
Rizki, S. N., Ajahari, & Surawan, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Al-Qur’an Pada Anak Di Tpa Sidomulyokota Palangka Raya. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 8, 164–177. https://doi.org/10.61136/pmm29y60
Sauri, S., Hapsah, S. H., Amri, N., Jumad, A., Najwa, S., Latifaturrahmaniah, L., & Sakrani, A. (2021). Implementasi Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Membaca Al Qur’an Di Tpq Dusun Lelonggek Desa Suntalangu. EMPOWERMENT: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(01), 54–61. https://doi.org/10.51700/empowerment.v1i01.200
Siti Aisyah, Hadma Yuliani, & Luvia Ranggi Nastiti. (2024). Pendampingan Pengenalan Penulisan Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Di TPA Nurul Ihsan Kalampangan. Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(3), 01–10. https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i3.774
Surawan, & Fatimah. (2021). Peran Guru Pai Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Literasi Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 106. https://doi.org/10.30659/jpai.4.2.106-115
Syahrizal, H., & Nurhafizah. (2023). Dampak Metode Pembelajaran Kartu Huruf Hijaiyah Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 47–54. https://doi.org/10.61104/jd.v1i1.23
Ulfah, T. T., & Muhammad Shaleh Assingkily Izzatin Kamala. (2019). Implementasi Metode Iqro’ Dalam Pembelajaran Membaca Al-quran Ta'dibuna. Jurnal Pendididkan Agama Islam,2(2), 44–54. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/tadibuna/article/view/7591
Wardani, Luciana, Taufiq, H. N., & Umiarso, U. (2023). Metode Pembelajaran Al-Qur’an dalam Metode Iqro’ bagi Penyandang Tunarungu. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 326–347. https://doi.org/10.46963/alliqo.v8i2.1151