Pelatihan Menulis Opini di Media Massa untuk Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Tanjungpura
Main Article Content
Abstract
Menulis opini di media massa merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki mahasiswa Pendidikan Sejarah. Keterampilan tersebut menjadi wadah mahasiswa untuk menyalurkan kemampuan berpikir kritis dan menyampaikan gagasan secara argumentatif ke hadapan publik. Oleh karena itu, mahasiswa perlu diberi bekal tambahan agar bisa menyusun opini yang sistematis dan layak publikasi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan menulis opini bagi mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Tanjungpura. Metode yang digunakan meliputi ceramah, analisis opini yang telah dipublikasikan, diskusi interaktif, serta sesi praktik menulis dan umpan balik dari narasumber. Pelatihan ini melibatkan 25 mahasiswa yang belum memiliki pengalaman menulis opini, dengan fokus pada struktur penulisan, argumentasi berbasis data, dan strategi publikasi di media massa. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membentuk budaya literasi akademik yang produktif di kalangan mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Tanjungpura.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akçalı, A. A. (2019). Tarih Öğretmen Adaylarının Eleştirel Düşünme Becerilerinin Geliştirilmesine Yönelik Bir Eylem Araştırması. Kastamonu Education Journal, 27(1), 231-246.
Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.
Kariadinata, R., & Kurniati, T. (2024). Validasi Lembar Kerja Perhitungan Laju Pertumbuhan Mikroba: Meningkatkan Keterampilan 4C Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal BIOEDUIN, 14(2), 8–21.
Tamrin, M., S.Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Konstruktivisme Vygotksy dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40-47.
Venkataraman, B. (2022). Opinion Writing. In D. Blum, A. Smart, & T. Z. Jr, A Tactical Guide to Science Journalism: Lessons From the Front Lines (pp. 87-93). Oxford: Oxford University Press.
Zainudin, M., & Nurjanah, E. (2023). Menulis Features dengan Menggunakan Pendekatan Proses. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 5686-5691.