Pelatihan Menulis Opini di Media Massa untuk Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Tanjungpura

Main Article Content

Kristoforus Bagas Romualdi
Michael Silvester Mitchel Vinco

Abstract

Menulis opini di media massa merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki mahasiswa Pendidikan Sejarah. Keterampilan tersebut menjadi wadah mahasiswa untuk menyalurkan kemampuan berpikir kritis dan menyampaikan gagasan secara argumentatif ke hadapan publik. Oleh karena itu, mahasiswa perlu diberi bekal tambahan agar bisa menyusun opini yang sistematis dan layak publikasi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan menulis opini bagi mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Tanjungpura. Metode yang digunakan meliputi ceramah, analisis opini yang telah dipublikasikan, diskusi interaktif, serta sesi praktik menulis dan umpan balik dari narasumber. Pelatihan ini melibatkan 25 mahasiswa yang belum memiliki pengalaman menulis opini, dengan fokus pada struktur penulisan, argumentasi berbasis data, dan strategi publikasi di media massa. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam membentuk budaya literasi akademik yang produktif di kalangan mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Tanjungpura.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Romualdi, K. B., & Michael Silvester Mitchel Vinco. (2025). Pelatihan Menulis Opini di Media Massa untuk Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Tanjungpura. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 662–666. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8377
Section
Articles

References

Akçalı, A. A. (2019). Tarih Öğretmen Adaylarının Eleştirel Düşünme Becerilerinin Geliştirilmesine Yönelik Bir Eylem Araştırması. Kastamonu Education Journal, 27(1), 231-246.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Kariadinata, R., & Kurniati, T. (2024). Validasi Lembar Kerja Perhitungan Laju Pertumbuhan Mikroba: Meningkatkan Keterampilan 4C Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal BIOEDUIN, 14(2), 8–21.

Tamrin, M., S.Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Konstruktivisme Vygotksy dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40-47.

Venkataraman, B. (2022). Opinion Writing. In D. Blum, A. Smart, & T. Z. Jr, A Tactical Guide to Science Journalism: Lessons From the Front Lines (pp. 87-93). Oxford: Oxford University Press.

Zainudin, M., & Nurjanah, E. (2023). Menulis Features dengan Menggunakan Pendekatan Proses. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 5686-5691.