Pendampingan Penguatan Literasi dan Numerasi Matematika Guru SD

Main Article Content

Dita Yuzianah
Isnaeni Maryam
Nila Kurniasih

Abstract

Berbagai program dan inisiatif telah diluncurkan untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran literasi serta numerasi di sekolah-sekolah. Meskipun demikian, tantangan masih ada, seperti kesenjangan akses pendidikan dan kualitas pendidikan yang tidak merata di berbagai wilayah. Dengan memahami pentingnya literasi dan numerasi, diharapkan semua pihak, termasuk pemerintah, sekolah, guru, dan masyarakat, dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan keterampilan ini pada siswa sejak dini.. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kompetensi guru dalam mengajarkan konsep-konsep dasar matematika serta literasi numerik kepada siswa. Metode pengabdian yaitu mengunakan metode PAR (Participatory Action Research). Dengan tahap pelaksanaan : tahap to know yaitu mengetahui kondisi riel komunitas, tahap to Understand (Memahami Problem Komunitas), tahap to Plann (Merencanakan Pemecahan Masalah Komunitas), tahap to Act (Melakukan Program Aksi Pemecahan Masalah), tahap to Change (Membangun Kesadaran untuk perubahan dan keberlanjutan). Kegiatan pendampingan penguatan literasi dan numerasi matematika guru SD dapat memberikan motivasi kepada guru untuk lebih mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Karena kemampuan literasi dan numerasi siswa mempengaruhi tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran. Kegiatan ini memberikan dampak yang signifikan yaitu dari 100% Guru sudah memahami literasi dan numerasi matematika juga mengetahui model apa saja yang dapat digunakan untuk membantu mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi matematika siswa. Harapan kami setelah pengabdian ini kedepanya guru lebih bersemangat lagi untuk mengembangkan literasi dan numerasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuzianah, D., Maryam, I. ., & Kurniasih, N. . (2025). Pendampingan Penguatan Literasi dan Numerasi Matematika Guru SD. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 694–701. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.8238
Section
Articles

References

Agus Afandi, D. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. (Suwendi, Ed.). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/71356/1/Buku.pdf

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. jAKARTA: PT. Raja Grafindo Persada.

Chairunnisa, C. (2018). engaruh Literasi Membaca Dengan Pemahaman Bacaan (Penelitian Survei Pada Mahasiswa Stkip Kusumanegara Jakarta. Urnal Tuturan, 6(1), 754. Retrieved from https://doi.org/10.33603/Jt.V6i1.1584

De Lange, J. (2003). Mathematic for Literacy. Dalam Madison, B., & Steen, L. (Eds), Quantitative Literacy: Why Numeracy Matters for School and Cholleges. USA: National Council on Education and the Disciplines, 75–89.

Diva, N., & Dkk, L. (2024). Pengaruh Teknologi Terhadap Psikologi Perkembangan Anak. Karimah Tauhid, 3(8), 9327. Retrieved from https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/14646

Ekawati, R. dkk. (2022). PENTINGNYA LITERASI NUMBERASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI BERSAMA RADIO RRI. Menara Pengabdian, 2(2), 46. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarapengabdian/article/download/3932/pdf&ved=2ahUKEwjT5423utGLAxU54TgGHQmNDOkQFnoECBgQAQ&usg=AOvVaw2S4yC39VV0cp5f8TgwkWIu

Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). ngembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004–1015. Retrieved from https://doi.org/10.31004/Basicedu.V4i4.493

Han, Weilin., Dicky, Susanto., Sofie, Dewayani., Putri, Pandora., Nur Hanifah, Miftahussururi., M., & Noorthertya Nento dan Qori Syahriana, A. (2017). Materi Pendukung Literasi Numeras. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kebudayaan, K. P. dan. (2017). Panduan Implementasi Kemampuan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta.

Maryono, M., Pamela, I. S., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis Dan Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 491–498. Retrieved from https://doi.org/10.31004/Basicedu.V6i1.1707

Purwati, S. (2017). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Mningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 663–670.

Raden Roro Endang Kusripinah, H. S. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATAN LITERASI BACA TULIS: LITERATURE REVIEW. PIONIR (Jurnal Pendidikan), 11(2), 29. Retrieved from https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/13507/6929?__cf_chl_tk=0cAWNqb3i.rco3Tp_AixONe_Bsn8IrpbSRfJObAIMho-1740107780-1.0.1.1-26GgC8jvEuKEvO21MyF5eEfhRVDKYvFsFH.pgnLQ2YQ

Safitri, V., & Dafit, F. (. (2021). Peran Guru Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Most read articles by the same author(s)