Pemanfaatan AI dalam Media Pembelajaran dan PPDB di Yayasan Miftahul Huda Grobogan
Main Article Content
Abstract
Workshop "Penggunaan AI dalam Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran serta Desain PPDB" dilaksanakan pada 18 Januari 2025 di Yayasan Miftahul Huda Grobogan yang melibatkan 30 peserta dari berbagai unit pendidikan, termasuk guru, ustadz/ustadzah, dan staf administrasi. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait metode prompting dan generate AI. Workshop ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) untuk memastikan pelaksanaan yang sistematis dan efektif. Pada tahap analisis, dilakukan identifikasi kebutuhan peserta yang menunjukkan bahwa sebagian besar belum memiliki pengalaman dalam penggunaan AI untuk pembelajaran dan administrasi. Berdasarkan hasil analisis, tahap perancangan dilakukan dengan menyusun kurikulum yang mencakup teori dan praktik, serta pengembangan modul interaktif. Pada tahap pengembangan, materi pelatihan dibuat, termasuk panduan teknis dan alat evaluasi. Implementasi workshop mencakup pemaparan materi oleh ahli AI dan pendidikan, diskusi interaktif, serta praktik langsung menggunakan alat AI seperti Canva AI dan ChatGPT. Tahap terakhir, Evaluasi, dilakukan melalui pre-test, post-test, dan proyek mandiri peserta untuk mengukur efektivitas pelatihan. Hasil menunjukkan bahwa 80% peserta berhasil merancang media pembelajaran interaktif dan mengotomatisasi sistem PPDB menggunakan AI. Workshop ini tidak hanya meningkatkan literasi digital peserta tetapi juga memberikan wawasan baru yang dapat diterapkan dalam proses belajar-mengajar dan administrasi sekolah. Dengan pendekatan berbasis ADDIE, workshop ini memastikan bahwa setiap tahapan pelatihan berjalan terstruktur dan berorientasi pada hasil, sehingga dapat menjadi model dalam implementasi AI di lingkungan pendidikan secara berkelanjutan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anwar, R. N. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Kota Kediri. INFORMATIKA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2).
Kuncara, T., Dewi Wulan, Raden Roro Shinta, Adam Huda Nugraha, Andre Pratama, Ratih Fitriyatun, Windi, & Dessy Tri Anggraeni. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 40–44. https://doi.org/10.56127/jammu.v2i3.1153
Moses Adeleke Adeoye, Kadek Adrian Surya Indra Wirawan, Made Shania Satya Pradnyani, & Nyoman Intan Septiarini. (2024). Revolutionizing Education: Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 13(1), 202–209. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i1.68624
Sanhaji, G., & Hizbullah, A. I. (2023). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENYUSUN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SINTA. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(1), 234–242. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i1.999
Theguh, Bisri, B., & Nawawi, F. (2024). Etika Dalam Pemanfaatan Artificial Intelligence (Ai) Pada Generasi Z Di Pondok Pesantren Syariful Anam Kota Cirebon. Jurnal Abadimas Adi Buana, 7(02), 169–179. https://doi.org/10.36456/abadimas.v7.i02.a7916
Trianggara, D. A., Sapri, S., Supardi, R., Sari, D. M., & ... (2024). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Pendidikan. Jurnal Gotong …, 1(1), 69–72. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/goro/article/view/6649%0Ahttps://jurnal.unived.ac.id/index.php/goro/article/download/6649/4720
Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052