Strategi Bakesbangpol Kota Surabaya dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Sekolah Menengah Atas Kota Surabaya pada Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2024

Main Article Content

Trio Adi Styawan

Abstract

Pengabdian ini membahas strategi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilkihan umum 2024. Dengan fokus pada generasi Z, yang mayoritas merupakan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA), penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan politik sebagai upaya membangun kesadaran demokrasi sejak dini. Metode pengabdian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, melibatkan studi literatur dan wawancara dengan pihak terkait. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa Bakesbangpol menerapkan program pendidikan politik melalui sosialisasi di sekolah-sekolah, memanfaatkan media sosial, serta mengadakan kegiatan interaktif seperti simulasi pemilu. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada pemilih pemula mengenai pentingnya peran mereka dalam menentukan masa depan politik daerah. Namun, tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan personil, perbedaan karakteristik antar sekolah, serta pengaruh hoaks dan propaganda di media sosial. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan politik yang relevan, inovatif, dan berbasis teknologi merupakan kunci untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula. pendidikan politik tidak hanya meningkatkan partisipasi pemilih tetapi juga memperkuat demokrasi lokal, mencegah praktik politik uang, dan menciptakan generasi pemimpin masa depan yang berintegritas.Strategi yang diterapkan oleh Bakesbangpol diharapkan dapat meningkatkan kesadaran politik dan mendorong pemilih muda untuk berkontribusi secara aktif dalam pelaksanaan Pilkada 2024.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Styawan, T. A. (2025). Strategi Bakesbangpol Kota Surabaya dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Sekolah Menengah Atas Kota Surabaya pada Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2024. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 566–575. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i3.7835
Section
Articles

References

Arlis, & Prayogo. (2023). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. December 2022.

BPS. (2024). Kota Surabaya dalam Angka Tahun 2024. 320. https://drive.google.com/file/d/14-2PZUGmsV1zvTusmE8RJ1YjZYKCR2m0/view?usp=sharing

Dr. Drs. Thobby Wakarmamu, S. M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Penerbit Cv.Eureka Media Aksara. Metode Penelitian Kualitatif Penerbit Cv.Eureka Media Aksara, 1.

Firmansyah, J., & Kariyani, L. N. (2021). Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Sumbawa Tahun 2020. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), 1232–1237. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2534

Hasyim, S. Bin, Nurbudiwati, N., & Fauzan, H. S. (2019). Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula Dalam Partisipasi Pelaksanaan Pemilihan Umum. Jurnal Budaya Masyarakat (JBM), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.36624/jbm.v1i1.31

Januarti, N. E. (2016). Partisipasi dan Orientasi Pemilih Pemula Memilih Calon Anggota Legislatif. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 6.

Khaerul Umam Noer. (2022). Partisipasi publik : model, pendekatan, dan praksis. http://repository.umj.ac.id/id/eprint/9395

Perwali, kota surabaya. (2021). Salinan Walikota Surabaya Provinsi Jawa Timur. 1965, 1–7. https://jdih.surabaya.go.id/pdfdoc/perwali_2029.pdf

Prayugo, A., & Prayitno, R. B. P. (2022). Pendidikan Politik Sebagai Proses Belajar Membentuk Kesadaran Politik dan Peran Kewarganegaraan. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 427–442. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.138

Puspita Dewi, I. H., Imanina, A. N., & Hidajat, R. A. K. (2023). Partisipasi Masyarakat Pada Daya Tarik Wisata Religi Di Kawasan Cirebon. Sapta Pesona: Jurnal Kepariwisataan, 1(1), 26–33. https://doi.org/10.26623/jsp.v1i1.7099

Sumanto, D., & Haryanti, A. (2021). Pendidikan Politik. In Visipena Journal (Vol. 7, Issue 1).

Surbakti, R. (2007). Memahami Ilmu Politik. By Ramlan Surbakti (1998). In Asal, Ciri dan Arti Partai Politik (p. 181).

Tsanawiyah, M., & Kota, N. (2020). INSTITUT AGAMAS ISLAM NEGERI ( IAIN ) BENGKULU.

Wikan, M. P. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya. Yogyakarta Kota Pendidikan Dan Ekonomi Alternatif. Cakrawala Pendidikan, 23(3), 527. http://apkapm.data.kemdikbud.go.id/