Transformasi Ruang Kafe D’lagoon Menjadi Arena Edukasi Anak Melalui Kolaborasi Dengan Kid Do Kid
Main Article Content
Abstract
Kafe D’lagoon berinovasi dengan melakukan transformasi ruang kafe menjadi ruang multifungsi melalui kolaborasi dengan penyelenggara kelas bermain anak sebagai respon terhadap kurangnya ruang publik dan kafe yang mendukung kegiatan di luar ruangan di daerah sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kolaborasi terhadap peserta kelas bermain, penyelenggara kelas bermain, dan Kafe D’lagoon. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui wawancara dengan pengelola kafe, penyelenggara kelas bermain, dan pengunjung kafe. Hasil penelitian menunjukkan adanya dampak signifikan yang dirasakan oleh Kafe D’lagoon berupa peningkatan citra merk positif, jumlah pengunjung, serta pendapatan kafe. Adanya kolaborasi ini juga membuka peluang bagi Kafe D’lagoon untuk menjadi sasaran para komunitas lokal dalam memilih lokasi untuk pengadaan berbagai kegiatan positif.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anugerah, A. H., & Suwaidi, R. A. (2024). Mengatasi Persepsi Negatif : Membangun Kembali Citra Merek Kafe D ’ Lagoon. Jurnal Dedication, 8(2), 269–276.
Iswahyuni, V., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2023). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Permainan Sensori di Daycare. Jurnal Paud Agapedia, 7(1), 17–24. https://doi.org/10.17509/jpa.v7i1.59924
Mahmud, B. (2018). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177
Mildiana, Y. E. (2019). Pengaruh Baby Gym Terhadap Peningkatan Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan (Studi di Desa Kayangan Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). Midwifery Journal of STIKes Insan Cendekia Medika Jombang, 17(1), 94–99. https://repository.itskesicme.ac.id/id/eprint/1903/4/dokumen lengkap.pdf
Nindhita, V., & Arifin, A. (2024). Analisis Faktor Penyebab Fenomena Ngopi Dalam Budaya Work From Cafe: Studi Perilaku Konsumen Vidya. Journal of Social, Culture, and Language, 2(2), 25–32. https://journal.trunojoyo.ac.id/jscl/article/viewFile/25591/9608