Strategi Digital Marketing dalam Pemasaran Produk Shampoo Berbahan Alami: Studi Kasus Brand Raisu pada PT. Otak Kanan

Main Article Content

Adinda Fatikha
Acep Samsudin

Abstract

Pemasaran digital memiliki peran penting dalam mempromosikan produk UMKM di pasar digital. Penelitian ini menganalisis penerapan strategi pemasaran digital untuk Raisu, merek sampo berbahan alami dari PT. Otak Kanan, selama Program Magang Bersertifikat selama satu semester. Menggunakan metode seperti observasi langsung, analisis data pemasaran, dan evaluasi strategi—termasuk pemanfaatan media sosial, SEO, dan iklan berbayar—hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi terpadu, seperti konten edukatif dan promosi interaktif, secara efektif meningkatkan kesadaran merek, keterlibatan konsumen, dan penjualan online. Penelitian ini menyoroti pentingnya adaptasi pemasaran digital bagi UMKM serta memberikan wawasan praktis bagi pemasar dalam mengembangkan strategi yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adinda Fatikha, & Acep Samsudin. (2025). Strategi Digital Marketing dalam Pemasaran Produk Shampoo Berbahan Alami: Studi Kasus Brand Raisu pada PT. Otak Kanan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 376–381. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i2.7337
Section
Articles

References

Aguirre, V. (2020). Pemasaran Digital Fleksibel Dalam Waktu Yang Tidak Pasti. Retrieved August 16, 2023, from Distinct website: https://becomedistinct.com/blog/flexible-digital-marketing- in-uncertaintimes/

Almira, S. K., & Suharyanti, S. (2014). Implementasi Strategi Marketing Public Relations Dalam Pengelolaan Citra Merek. Journal Communication Spectrum, 4(1), 57–71.

Almubaroq, M. N. K., & Mufreni, S. L. (2021). Penerapan Strategi Digital marketing Untuk Peningkatan Promosi di Instagram Pada UMKM (Studi Kasus CV. Satocasa Untuk Indonesia). Seminar Nasional Informatika Bela Negara (SANTIKA), 2, 214–218. https://doi.org/https://doi.org/10.33005/santika.v2i0.129

Gumilang, R. R. (2019). Implementasi Digital Marketing . Jurnal Ilmiah Manajemen.

Hafizh, Kemal Muhammad. (2021). LAPORAN KERJA MAGANG PERAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PT. DEMI MATAHARI CIPTA PESONA (MICKOT). Universitas Multimedia Nusantara. Tangerang

Harini, C., Wulan, H. S., & Agustina, F. (2021). Digital Marketing Bagi UMKM (Edisi 1). Bandung: CV Media Sains Indonesia.

Kennedy, C. (2017). Social Media : The Art of Maketing on Youtube, Facebook, Twitter and Instagram for Success. English: Create Space Independent Publishing Platform.

Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran (Edisi 11). Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (1997). Dasar-Dasar Pemasaran (Edisi 7). Jakarta: Prenhallindo.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing Global Edtion 18th Edition. London: Pearson : 18th edition.