Upaya Peningkatan keterampilan berbahasa Menggunakan Metode Show And Tell bagi Siswa Peserta Edukasi Kampung Coklat
Main Article Content
Abstract
Pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan menuntut setiap siswa memiliki kemampuan baca dan tulis yang lebih, dengan tujuan agar siswa memiliki wawasan dan pengetahuan yang cukup. Peningkatan keterampilan berbahasa merupakan investasi penting bagi kemajuan individu, masyarakat, dan bangsa. Pelaksanaan ini dilakukan pada bulan 10 Agustus 2024 hingga 20 Oktober 2024. Participatory action research (PAR) adalah sebuah pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian ini. Sedangkan metode yang digunakan adalah project, ceramah, dan show and tell. Kegiatan dimulai dengan kegiatan Field Trip Kampung Coklat memilih objek yang menarik perhatian mereka, seperti penanaman bibit kakao, menyiapkan media tanam, alat produksi, dan olahan kakao di Kampung Coklat. siswa mendapatkan pengalaman langsung dalam berbicara dan mendengarkan, sehingga keterampilan komunikasi interpersonal mereka meningkat.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (Par) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. Workshop Pengabdian Berbasis Riset, Malang.
Amini, A., & Muryati, M. (2019). Peningkatan rasa percaya diri anak melalui show and tell dengan media benda-benda pribadi pada anak taman kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Anak (WEBSITE INI SUDAH BERMIGRASI KE WEBSITE YANG BARU ==> https://journal.uny.ac.id/v3/jpa), 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.25876
Antini, N. K. A., Magta, M., & Ujianti, P. R. (2019). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kepercayaan Diri Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Gugus VII Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(2), 144–149.
Aulianisa, D. (2024). Penggunaan Metode Show and Tell Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Siswa SD Kelas IV (Studi Quasi Eksperimen di SD Negeri 2 Purwawinangun Pada Muatan Bahasa Indonesia). Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v10i2.12829
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Dewi, E. desak. (2022, Desember 6). Metode Show and Tell pada Pembelajaran Anak Usia Dini. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/desak83002/638f377f08a8b569ef38a022/metode-show-and-tell-pada-pembelajaran-anak-usia-dini
Herdiana, D., Heriyana, R., & Suhaerawan, R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 431–442. https://doi.org/10.30653/002.201944.208
Karuniawidi, F. B., Kumala, F. N., & Yasa, A. D. (2019). Analisis Kemampuan Berbahasa Siswa Segugus Lebakharjo Kecamatan Ampelgading. Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 3, 268–277.
Kementerian Komunikasi dan Digital. (2017). Teknologi Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet Di Medsos. https://www.komdigi.go.id/berita/sorotan-media/detail/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos
Kumparan. (2024). Pengertian Keterampilan Berbahasa dan Manfaatnya. https://kumparan.com/ragam-info/pengertian-keterampilan-berbahasa-dan-manfaatnya-23jWWlH2OVA/full?utm_source=chatgpt.com
Lestari, T., Yasbiati, Y., & Mustika, B. N. (2017). Penggunaan Metode Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini. JURNAL PAUD AGAPEDIA, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7169
Mahardhani, A. J., Prayitno, H. J., Huda, M., Fauziati, E., Aisah, N., & Prasetiyo, A. D. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14664
Masturo, D. (2018). Pengaruh Metode Show And Tell pada Kemampuan Berbicara Siswa Terhadap Penyampaian Karangan Deskripsi Kelas VII SMP Negeri 01 Kandis. Dialegtologi, 3(2).
Nazla, T., & Fitria, N. (2021). Pengembangan Kepercayaan Diri Melalui Metode Show And Tell Pada Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i1.590
Ramadhani, L., & Markhamah, M. (2024). Peranan Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Keterampilan Menulis Peserta Didik SMA. BASINDO : jurnal kajian bahasa, sastra Indonesia, dan pembelajarannya, 8(1), 97. https://doi.org/10.17977/um007v8i12024p97-110
Yulianto, A., Ekaningtiass, P., Ilyas, M., & Sa’idah, S. (2019). Studi Kasus Dampak Implementasi Program Literasi pada Siswa dan Guru di SMPN 1 Bantul. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 2019: Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII, 1049–1056.