Sosialisasi Strategi Digital Marketing Kepada Santri di Pondok Pesantren Al-Usmaniyah Kabupaten Jombang
Main Article Content
Abstract
Pondok Pesantren Al-Usmaniyah di Kabupaten Jombang memiliki potensi besar dalam mengembangkan ekonomi berbasis digital, namun pemanfaatan pemasaran digital oleh santri dan pengelola pesantren masih terbatas. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para santri dalam strategi pemasaran digital melalui metode sosialisasi, pembuatan akun e-commerce, dan penerapan langsung. Sosialisasi dilakukan melalui seminar sederhana dan pelatihan mengenai dasar-dasar pemasaran digital, pemanfaatan platform e-commerce, serta strategi efektif dalam memasarkan produk secara online. Setelah itu, santri akan dibimbing untuk membuat akun e-commerce dan akan diberikan pelatihan tentang cara mengelola akun tersebut. Selain itu, para santri juga diberi kesempatan untuk langsung mempraktikkan strategi yang telah dipelajari dalam memasarkan produk pesantren secara online melalui live streaming dan pembuatan konten kreatif. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan santri dalam menggunakan media digital untuk memperluas jangkauan pasar, terbentuknya akun e-commerce yang dapat digunakan untuk menjual produk pesantren, serta mampu menerapkan berbagai strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan pesantren.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Atika, A. (2023). Pengaruh pemasaran digital dan manajemen pengetahuan terhadap keberlanjutan pemasaran UMKM di Indonesia. Eastasouth Management and Business, 2(01), 83-92. https://doi.org/10.58812/esmb.v2i01.141
Cuevas, M. (2023). Efficiency of digital marketing and its impact on business profitability. j.trd.wrld.econ, 1(1), 87-92. https://doi.org/10.26480/jtwe.02.2023.87.92
Faizurrohman, M., Baga, L., & Jahroh, S. (2021). Strategi digitalisasi bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (studi kasus pakaian jadi). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Indonesia. https://doi.org/10.17358/ijbe.7.3.257
Holle, M. (2023). The global digital economy and the spirit of indonesian "product" nationalism. Entrepreneurship and Small Business Research, 2(1), 1-11. https://doi.org/10.55980/esber.v2i1.70
Purwanti, I., Lailyningsih, D., & Suyanto, U. (2022). Kemampuan pemasaran digital dan kinerja UMKM: memahami peran moderasi dinamika lingkungan. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan | Jurnal Teori dan Manajemen Terapan, 15(3), 433-448. https://doi.org/10.20473/jmtt.v15i3.39238
Putra, C., Kaimudin, M., Purwanto, R., Adyatma, S., & Rahmawati, S. (2022). Strategi pemasaran UMKM di era pandemi covid-19 bagi pengusaha catering. Studi Sosial Interdisipliner, 1(10), 1258-1263. https://doi.org/10.55324/iss.v1i10.229
Vania, A. (2023). Dampak pemasaran digital kreatif terhadap keberlanjutan bisnis UMKM: peran mediasi kinerja pemasaran. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 141-150. https://doi.org/10.38043/jimb.v8i2.4546