Pembelajaran Hadist dengan Metode Demonstrasi dan Tikrar di TPA Al Ikhlas Aimas Kabupaten Sorong

Main Article Content

Ulil Albab Al Jawad
Fitri Siyami
Indria Nur
Muhammad Rusdi Rasyid
Fardan Abdillah M
Pebrian Hizbulloh
Muhammad Rizal Fadli

Abstract

Pembelajaran hadis di TPA sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan hafalan, pemahaman, dan pengamalan nilai-nilai hadis oleh santri. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran hadis di TPA Al-Ikhlas, Aimas, Kabupaten Sorong, melalui penerapan metode demonstrasi dan tikrar. Kegiatan dilaksanakan pada 10–17 Desember 2024 dengan melibatkan santri berusia 6–12 tahun dan guru TPA. Metode demonstrasi digunakan untuk mempraktikkan isi hadis secara langsung, sedangkan tikrar (pengulangan) diterapkan untuk memperkuat hafalan dan pemahaman santri. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa santri mampu menghafal dan memahami hadis pendek dengan lebih baik serta mulai mengamalkan nilai-nilai hadis dalam kehidupan sehari-hari. Guru TPA juga merasakan manfaat dari panduan metode yang diberikan dan berkomitmen untuk melanjutkan penerapan metode ini secara rutin. Disarankan agar program ini direplikasi di TPA lain dengan dukungan media pembelajaran yang lebih bervariasi untuk meningkatkan efektivitas kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Al Jawad, U. A., Fitri Siyami, Indria Nur, Muhammad Rusdi Rasyid, Fardan Abdillah M, Pebrian Hizbulloh, & Muhammad Rizal Fadli. (2025). Pembelajaran Hadist dengan Metode Demonstrasi dan Tikrar di TPA Al Ikhlas Aimas Kabupaten Sorong. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 320–326. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i2.6944
Section
Articles

References

Alfiyyah, K., Malik, I., Pesantren, D. P., Jujun, A., Tinggi, S., Islam, A., Ratu, P., & Munandar, A. (2023). Penerapan Metode Tikrar Dalam Meningkatakan Hafalan Matan Nadzom. Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 1(2), 132–138.

Aulia, R., Suroyya, H., Syafiq, M. A., Qoyyimah, L., Khikmawati, K., & Zulfahmi, M. N. (2023). Metode Pembelajaran Demonstrasi Dan Perumpamaan Takhrij Hadits Riwayat Al-Tirmidzi. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 5(2), 169–181. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2.457

Dewanti, R., & Fajriwati, A. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 88–98.

Halwing, H. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an-Hadis Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Madrasah Aliyah. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 42. https://doi.org/10.31332/atdbwv14i1.2039

Ikhwanuddin, M. (2023). Metode Tikrar Dalam Tahfidz Al-Qur’an: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Takhassus Al-Qur’an. ILJ: Islamic Learning Journal, 1032–1052. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilj/article/view/1298%0Ahttps://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilj/article/download/1298/577

Karimuddin. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur ’ an Hadis Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Mis Nurul Ma’arif Wai Sidomukti Ketapang Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 281–286.

Mu’minatun, D. I., & Misbah, M. (2022). Metode Tikrar dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1332–1338. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3070

Nuraiha, N. (2020). Pelaksanaan metode pengajaran variatif Pada pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung jabung timur Kabupaten tanjab timur. Jurnal Literasiologi, 4(1), 40–50. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.132

Pradana, H. A., Luviadi, A., Machsun, M., & Sholihin, M. (2019). PENERAPAN METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AM DZURRIYATULHUFFAZH DESA HAJIMENA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Ta’lim Program Studi Pendidikan Agama Islam, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Zaenuri. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Demonstrasi untuk Mengembangkan Afektif Peserta Didik pada SMP Perjuangan dan Informatika Terpadu Depok. ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education, 1(2), 99–107. https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i2.159