Pembelajaran Hadist dengan Metode Demonstrasi dan Tikrar di TPA Al Ikhlas Aimas Kabupaten Sorong
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran hadis di TPA sering menghadapi tantangan dalam meningkatkan hafalan, pemahaman, dan pengamalan nilai-nilai hadis oleh santri. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran hadis di TPA Al-Ikhlas, Aimas, Kabupaten Sorong, melalui penerapan metode demonstrasi dan tikrar. Kegiatan dilaksanakan pada 10–17 Desember 2024 dengan melibatkan santri berusia 6–12 tahun dan guru TPA. Metode demonstrasi digunakan untuk mempraktikkan isi hadis secara langsung, sedangkan tikrar (pengulangan) diterapkan untuk memperkuat hafalan dan pemahaman santri. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa santri mampu menghafal dan memahami hadis pendek dengan lebih baik serta mulai mengamalkan nilai-nilai hadis dalam kehidupan sehari-hari. Guru TPA juga merasakan manfaat dari panduan metode yang diberikan dan berkomitmen untuk melanjutkan penerapan metode ini secara rutin. Disarankan agar program ini direplikasi di TPA lain dengan dukungan media pembelajaran yang lebih bervariasi untuk meningkatkan efektivitas kegiatan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alfiyyah, K., Malik, I., Pesantren, D. P., Jujun, A., Tinggi, S., Islam, A., Ratu, P., & Munandar, A. (2023). Penerapan Metode Tikrar Dalam Meningkatakan Hafalan Matan Nadzom. Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, 1(2), 132–138.
Aulia, R., Suroyya, H., Syafiq, M. A., Qoyyimah, L., Khikmawati, K., & Zulfahmi, M. N. (2023). Metode Pembelajaran Demonstrasi Dan Perumpamaan Takhrij Hadits Riwayat Al-Tirmidzi. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 5(2), 169–181. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2.457
Dewanti, R., & Fajriwati, A. (2020). Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Pembelajaran Fiqih. Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 11(1), 88–98.
Halwing, H. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an-Hadis Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Madrasah Aliyah. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 14(1), 42. https://doi.org/10.31332/atdbwv14i1.2039
Ikhwanuddin, M. (2023). Metode Tikrar Dalam Tahfidz Al-Qur’an: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Takhassus Al-Qur’an. ILJ: Islamic Learning Journal, 1032–1052. https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilj/article/view/1298%0Ahttps://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/ilj/article/download/1298/577
Karimuddin. (2022). Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur ’ an Hadis Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Mis Nurul Ma’arif Wai Sidomukti Ketapang Lampung Selatan. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(1), 281–286.
Mu’minatun, D. I., & Misbah, M. (2022). Metode Tikrar dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Modern Darul Qur’an Al-Karim Baturraden. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2), 1332–1338. https://doi.org/10.58258/jime.v8i2.3070
Nuraiha, N. (2020). Pelaksanaan metode pengajaran variatif Pada pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung jabung timur Kabupaten tanjab timur. Jurnal Literasiologi, 4(1), 40–50. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v4i1.132
Pradana, H. A., Luviadi, A., Machsun, M., & Sholihin, M. (2019). PENERAPAN METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AM DZURRIYATULHUFFAZH DESA HAJIMENA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Jurnal Ta’lim Program Studi Pendidikan Agama Islam, 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Zaenuri. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur’an Melalui Metode Demonstrasi untuk Mengembangkan Afektif Peserta Didik pada SMP Perjuangan dan Informatika Terpadu Depok. ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education, 1(2), 99–107. https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i2.159
