Pelatihan Merancang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Jenjang Paud Di Kota Magelang

Main Article Content

Yanti Sariasih
Nuryunita Dewantari
Edi Prasetyo Nugroho

Abstract

Pelatihan dalam merancang kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) merupakan salah satu komponen kunci dalam mendukung proses pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pelatihan ini bertujuan untuk memfasilitasi Kepala TK dan guru dalam KOSP sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing lembaga. Metode pelaksanaan yang dilakukan pada pelatihan ini menggunakan metode ceramah, diskusi, dan praktik. Peserta kegiatan pelatihan ini adalah lembaga PAUD di kelurahan Potrobangsan, Kota Magelang sebanyak 8 lembaga.  Luaran dari kegiatan ini KOSP sesuai dengan kebutuhan dan karateristik setiap lembaga.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sariasih, Y., Nuryunita Dewantari, & Edi Prasetyo Nugroho. (2025). Pelatihan Merancang Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Jenjang Paud Di Kota Magelang. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 307–312. https://doi.org/10.56799/joongki.v4i2.6521
Section
Articles

References

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.

Bali, Engelbertus Nggalu & Koten, Angelikus Nama. (2023). Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar pada Sekolah Penggerak di Sumba Timur NTT. Kelimutu: journal of community service (KJCS), 31, 28—34.

Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Muin, A., Fakhrudin, A., Makruf, A. D., & Gandi, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5 (2), 131

Nisfa, N. L., Latiana, L., Pranoto, Y. K. S., & Diana, D. (2022). Pengaruh Pendekatan pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (6), 59-83

Nugraha, A., Nurmiati, Wahyuningsih, S., & Wujiati. (2018). Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (E. Yulaelawati & K. Restuningsih, eds.). Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal PAUD Dikmas, Kemdikbud

Rosyida, Nurul Anwar. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak, Jurnal GEMBIRA: Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 102-109 https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577