Penguatan Literasi Digital Melalui Pelatihan Penulisan Dan Publikasi Artikel Ilmiah Bagi Guru SMK
Main Article Content
Abstract
Kemampuan menulis dan memublikasikan karya ilmiah berbasis digital masih rendah di kalangan guru SMK. Program “Penguatan Literasi Digital melalui Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah bagi Guru SMK” berfokus pada peningkatan keterampilan menulis sekaligus kesiapan submission. Tujuan mencakup penguatan pemahaman struktur naskah, peningkatan literasi digital (kurasi sumber tepercaya, reference manager), serta kompetensi menavigasi Open Journal Systems (OJS). Metode meliputi lokakarya intensif pada bagian IMRaD/varian, praktik terarah menggunakan templat jurnal dan teknik sitasi, simulasi submission di OJS, serta pendampingan hybrid pascapelatihan hingga naskah siap unggah. Temuan menunjukkan mayoritas peserta berhasil menghasilkan draf yang memenuhi kaidah, membuat dan mengoptimalkan profil Google Scholar, serta menyiapkan naskah untuk dikirim ke jurnal nasional terakreditasi; sebagian juga menerbitkan tulisan populer di media daring sebagai diseminasi awal. Disimpulkan bahwa pendekatan terpadu—pelatihan teknis, literasi digital, dan mentoring berkelanjutan—efektif mempercepat kesiapan naskah sekaligus menumbuhkan budaya publikasi pada ekosistem sekolah kejuruan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas (Edisi revisi). Jakarta, Indonesia: Bumi Aksara.
Bell, B. A. (2010). Pretest–posttest design. In Encyclopedia of research design (pp. 1087–1091). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781412961288
Ekawarna. (2013). Penelitian tindakan kelas. Jakarta, Indonesia: Gaung Persada.
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta, Indonesia: Penulis.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta, Indonesia: Penulis.
Nurhikmah, N. (2024). Educational management functions: Planning, organizing, actuating, controlling. INTIHA: Islamic Education Journal, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.58988/intiha.v1i2.293
Peterson, K. D., & Catherine, A. P. (2006). Effective teacher evaluation. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781412990219
Sulistiyo, U. (2022a). Identifikasi masalah dan strategi dalam penulisan artikel pada jurnal internasional bereputasi: Studi kasus di Universitas Jambi. Jambi, Indonesia: UNJA Publisher.
Sulistiyo, U. (2022b). The identification of students’ academic writing ability for publication of scientific work as a requirement of doctoral program completion: Analysis of obstacles and solutions. In Proceedings of the 4th Green Development International Conference (GDIC 2022) (pp. 522–535). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-110-4_54
Sulistiyo, U., Heyanti, R., Anwar, K., Yuzadi, Y., & Nurzanah, M. (2021). Writing for international journals: Lessons learned from the experts. In Proceedings of the 3rd Green Development International Conference (GDIC 2020). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/aer.k.210825.045