Efektivitas Penerapan Metode Hiwar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII B Di MTsN 1 Enrekang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode hiwār terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII B di MTsN 1 Enrekang. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan bentuk One-Group Pre-test and Post-test Design. Variabel bebas (X) adalah metode hiwār, sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar siswa. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 208 siswa, dengan sampel kelas VIII B sebanyak 30 siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes pre-test dan post-test pada materi اَلْهِوَايَةُ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hiwār efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 28,62 lebih besar dari ttabel sebesar 2,045 (28,62 > 2,045), sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode hiwār berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII B di MTsN 1 Enrekang.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ahmad, & Ilmiani. (2020, Desember). Penerapan Metode Hiwar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Limbung Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Jurnal Gerimis, 2, 173-179.
Albina. (2022, Januari). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Al-Qur'an. Pedagaogie, 5, 79-104. doi:https://e-jurnal.staimuttaqien.ac.id/index.php/paedagogie/article/view/1314
Al-Harthi, & Salim. (2023, Desember). Analisis Kesulitan Belajar Hiwar Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Negeri Ternate. Jurnal Pendidikan “Dodoto”, 18, 78-91.
Andini. (2020, Desember). Pengaruh Metode Hiwar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab pada Siswa Kelas VII di Pondok Pesantren Fajjrussalam. Jurnal Multidisiplin Ilmu, 1, 151-156.
Arkani. (2017). Efektivitas Penerapan Metode Hiwar dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Hikmat Tuttula Kecamatan Tapango Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 2, 57-52.
Aryana. (2020). Implementasi Metode Hiwar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa di SMP Plus Al-Ma'rif Buntet Pesantren Cirebon. Jurnal Al- Naqdu, 3, 1-6.
Asyraf. (2024). Penggunaan Metode Hiwar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab pada Siswa Kelas V MIN 4 Medan. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 3, 1-7. doi:https://doi.org/10.56799/jceki.v3i4.3728
Basuki. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Hiwar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MA Muhammadiyah 1 Medan.
Habibullah, M. H., Lukman, & Lindayana. (2022). Penerapan Metode Hiwar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Abror NW Enjer Tahun Ajaran 2022-2023. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1-9.
Hafizah, S. (2019). Penerapan Metode Hiwar dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Ma'had DDI Pangkajene.
Haris. (2022). Penerapan Metode Hiwar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keberhasilan Belajar Bahasa Arab Materi Istima' fil Baiti Siswa Kelas V MI Nashriyah Sumberejo Mrenggen Demak.
Hikmatyar. (2023). Pengaruh Metode Hiwar dan Tajribi Terhadap Hasil Belajar Al-Qur'an Hadis di Kelas IV MI Al-Khairaat Marsaoleh Kabupaten Morowali.
Indah Kurniawati. (2022, Desember). Penerapan Metode Hiwar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah Limbung Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2, 173-179. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Kurniawan Imam, A. A. (2021). Pengaruh Metode Hiwar Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Ilmu Bahasa Arab, 1, 1-14.
Kurniawan Wakib, K. (2022, November). Pengaruh Minat Belajar Bahasa Arab Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Studi Keislaman, 2, 116-127.
Larispa. (2020, Maret). Esensi Metode Pembelajaran Perspektif Pendidikan Islam. Istiqra', 7, 74-87.
Mailani, O. (2020). Implementasi Metode Hiwar Pada Mata Pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 2, 103-108.
Marzano, R. (2017). The New Art and Science of Teaching. USA: Solution Tree Press.
Nabila, G. A., Sudjani, D. H., & Rachma, F. M. (2021). Pengaruh Efektivitas Metode Fun Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas IV di SD Islam Nurul Jihad. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2, 149-157.
Naim, M. (2021). Metode Hiwar Sebagai Salah Satu Cara Mencegah Islamophobia. Jurnal Islam Nusantara, 05, 27-36.
Nasution. (2022). Penerapan Metode Hiwar Nabawi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fikih di Kelas VIII MTS Al-Falah Rupat. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, 4, 57-65.
Nurafni. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Hiwar dan Kisah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Peserta Didik Kelas V SD Negeri Panynyangkalang Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.
Nurfaika. (2023). Pengaruh Metode Hiwar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Pada Peserta Didik MTs DDI Ujuna.
Pradana. (2020). Penerapan Metode Hiwar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Mamba'ul Ulum Margoyoso Tanggamus. Pendidikan Bahasa Arab, 35-43.
Ridwan, & Fitriyani. (2022, Juni). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6, 115-124.
Subaidi, H. (2024). Analisis Pembelajaran Metode Hiwar dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Tahfizh Yayasan Wakaf Surro Man Roa. Jurnal Bahasa Arab, 1, 21-29.
Subki. (2023). Pembentukan Karakter Melalui Metode Hiwar (Telaah Metode Pendidikan Islam Abdurrahman An-Nahlawi).
Suroiyah. (2021). Metode Hiwar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Putra Awwabin Palu. 66.
Syaparuddin. (2020, Mei). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 1, 35-41. doi:https://doi.org/10.59548/je.v1i1.41
Wahyuni, S. S. (2021). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 3 Gondangrejo.
Zainuddin. (2022). Penggunaan Metode Hiwar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V MIN 4 Medan. Jurnal Cendekia Ilmiah, 3, No.4, 2828-5271.