Perspektif Ibnu Khaldun dan Al-Farabi pada Filsafat Pendidikan Islam

Main Article Content

Aulia Al-Qisthy Nazifah
Nurul Mafazah
Susi Susilawati
Dina Indriyana
Wahyu Hidayat

Abstract

Ide-ide Islam menjadi landasan bagi berbagai maksud, nilai, dan tujuan yang membentuk filosofi pendidikan Islam. Filosofi ini menekankan nilai pendidikan sebagai cara untuk mencapai tujuan seperti kesejahteraan sosial, keadilan, dan kebenaran, serta didasarkan pada Hadits dan Al-Quran. Pendidikan Islam sangat menekankan pada pertumbuhan akademis, moral, dan spiritual seseorang. Bukan hanya perolehan informasi saja yang menjadi tujuannya, namun pengembangan karakter yang sejalan dengan prinsip-prinsip Islam juga menjadi tujuannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disandingkan dengan pendekatan deskriptif. Informasi kualitatif yang dikumpulkan terdiri dari teks tertulis, penjelasan, dan deskripsi dari sumber terkait yang mencakup penjelasan pandangan pendidikan Al-Farabi dan Ibnu Khaldun. Sumber daya tersebut terdiri dari buku, jurnal, dan artikel yang digunakan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nazifah, A. A.-Q. ., Mafazah, N. ., Susilawati, S., Indriyana, D., & Hidayat, W. (2024). Perspektif Ibnu Khaldun dan Al-Farabi pada Filsafat Pendidikan Islam. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(7), 1–9. https://doi.org/10.56799/jim.v3i7.3718
Section
Articles