Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Tingkat Loyalitas Anggota Aktif KJK PEMK Duren Sawit

Main Article Content

Dafia Hasria Rizky
Vera Agustina Yanti
Ahmad Rafik

Abstract

Koperasi Jasa Keuangan (KJK) PEMK Duren Sawit merupakan lembaga keuangan berbasis komunitas yang menghadapi tantangan dalam menjaga kepuasan dan loyalitas anggotanya di tengah persaingan dengan lembaga keuangan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap loyalitas anggota. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan penyebaran kuesioner menggunakan skala likert kepada 80 responden yang dipilih melalui purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, regresi linier berganda, uji t, uji F, serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota dengan nilai koefisien regresi 0,442 dan t hitung 4,150 (sig. 0,000). Fasilitas juga berpengaruh positif dan signifikan dengan koefisien regresi 0,294 dan t hitung 3,507 (sig. 0,001). Secara simultan, kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota dengan nilai F hitung 259,349 (sig. 0,000) dan R² sebesar 0,871. Hal ini berarti 87,1% variasi loyalitas anggota dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan fasilitas, sementara 12,9% dijelaskan oleh faktor lain. Dengan demikian, peningkatan kualitas pelayanan yang profesional dan fasilitas yang memadai menjadi faktor penting dalam memperkuat loyalitas anggota KJK PEMK Duren Sawit.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hasria Rizky, D., Vera Agustina Yanti, & Ahmad Rafik. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Tingkat Loyalitas Anggota Aktif KJK PEMK Duren Sawit. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(11), 2690–2702. https://doi.org/10.56799/jim.v4i11.12371
Section
Articles

References

Agri, T. (2021). SMART : Strategy of Management and Accounting through Research and Technology. Jurnal Management and Business Review, 1(1)(1), 12–21.

Ariyanti, Y., & Mar’ah, S. S. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Loyalitas Anggota Koperasi Simpan Pinjam. AKSES: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 89–103. https://doi.org/10.31942/akses.v17i2.7468

Astuti, N. K. A. W., Susanti, P. H., & Puja, I. M. S. (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Anggota KSP Karya Pemulung Denpasar.” Widya Amrita : Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(3), 786–797.

Augustinah, F., & Administrasi, F. I. (2025). Evaluasi Kualitas Pelayanan Aplikasi Sambat Rene Ker pada Pemerintah Kota Malang dalam Meningkatkan Responsivitas Pengaduan Masyarakat Secara Online. 3.

Averina, R. Y., & Widagda, I. G. N. J. A. (2021). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, 27(2), 635–637.

Fadillah, F., & Intisari Haryanti. (2021). Analisis Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Bima. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 3(2), 125–139. https://doi.org/10.33367/at.v2i3.1457

Firsti Zakia Indri, & Gerry Hamdani Putra. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Konsentrasi Pasar Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2016-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(2), 236–252. https://doi.org/10.55606/jimek.v2i2.242

Hapsara, O., Gupron, G., & Yandi, A. (2021). Analisis Kepuasan Mahasiswa dalam Menggunakan Sistem Informasi Terpadu Akademik (SITA) Universitas Batanghari Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 5(2), 327. https://doi.org/10.33087/jmas.v5i2.205

Hartika, D., Norisanti, N., & Z, F. M. (2024). Pengaruh Profitabilitas, Keputusan Investasi Keputusan Pendanaan, Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. PERFORMANCE: Jurnal Bisnis & Akuntansi, 14(1), 281–290. https://doi.org/10.24929/feb.v14i1.2643

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2024). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Anggota Koperasi Simpan Pinjam CUSawiran Bayu Aji Laksono 1 , Mohammad Wahed 2 , Ririt Iriani Sri Setiawati 3 Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” JawaTimur. 10(20), 139–144.

Kartini, A. A., & Suselo, D. (2024). Pengaruh Indikator Pelayanan Prima Terhadap Loyalitas Anggota Di BMT Istiqomah Tulungagung. Edunomika, 08(01), 1–12.

Multidisipliner, J. S., Marlina, L., Islam, U., Agung, S., & Pelanggan, K. (2024). Kepuasan Pelanggan Di Koperasi Polda Jawa Barat. 8(12), 413–422.

Nurpratama, M., & Yudianto, A. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Fasilitas Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Pegawai Kpu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 8(1), 36–46. https://doi.org/10.31943/investasi.v8i1.184

Padang, Y. T., Randa, F., & E.Tanamal, C. (2022). Vol 4 No 1 (2022): Paulus Journal of Accounting (PJA). 4(1), 1–16.

Poli, P. Y. C., Lapian, S. L. H. V. J., & Loindong, S. S. R. (2023). The Effect of Tourism Attraction and Facilities on The Decision to Visit Intourist Object Kasih Kanonang Hill. The Effect of Tourism Attraction and Facilities on the Decision To Visit Intourist Object Kasih , 11(1), 821–832.

Prasmono, A. S. P., & Ahdika, A. (2023). Analisis Regresi Berganda pada Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Fisik Preservasi Jalan dan Jembatan Di Provinsi Sumatera Selatan. Emerging Statistics and Data Science Journal, 1(1), 2022.

Purnamasari, N. K. G., Kawiana, I. G. P., & Mashy. (2023). “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Koperasi terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Anggota Koperasi sebagai Variabel Mediasi.” Widya Amrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(3), 481–488.

Purwanza, S. W., Aditya, W., Ainul, M., Yuniarti, R. R., Adrianus, K. H., Jan, S., Darwin, Atik, B., Siskha, P. S., Maya, F., Rambu, L. K. R. N., Amruddin, Gazi, S., Tati, H., Sentalia, B. T., Rento, D. P., & Rasinus. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. In Media Sains Indonesia (Issue March).

Putu, N., & Marianti, E. (2022). Analisis Loyalitas Anggota Koperasi. Jurnal Widya Amrita, Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(1), 295–306.

Ragil Anandita, S., Indriyani, S., & Mahendri, W. (2021). Pengaruh Fasilitas Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Cv. Zam - Zam Jombang). Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 16(2), 881–890. https://doi.org/10.37301/jmubh.v16i2.19047

Rohmah, S., D, P. Z., & Attiq, K. (2025). Demak ( Perseroda ) Cabang Karangawen BPR BKK Demak ( Perseroda ) Cabang Demak ( Perseroda ) Cabang Karangawen . nasabah PT BPR BKK Demak ( Perseroda ). 5(2).

Salmiyati, Hirmaningsih, Miftaful Jannah, P., & Andriyani, E. (2021). Gambaran Permasalahan dan Perilaku Mencari Bantuan (Help Seeking Behavior) pada Remaja Awal. 1–23.

Sibarani, R. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Prosiding, 3(7), 10–17. https://doi.org/10.59134/prosidng.v3i.288

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Ker. Aliansi : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 51–58. https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Sopi. (2021). Faktor-Faktor Berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota Koperasi. Seminar Nasional Pertumbuhan Ekonomi 2021 - Ekonomi Kreatif Dan UMKM, 2(1), 1–12. https://eprosiding.stiesemarang.ac.id/index.php/SNMAS/article/view/52/52

Swastika, A., Musa, M. I., Tawe, A., Wulansari, I., & Makassar, U. N. (2024). Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen The Effect of Experiental Marketing And Marketing Public Relations. 12(2).

Wicaksono, D. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Suatu Kajian Teoritis). Ulil Albab : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 505–509.

Widhiantari, N. M. T., & Westra, I. K. (2021). Pengaruh Motivasi Anggota dan Sikap Anggota Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Serba Usaha Kertasari Sedana Banjar Kertasari Peguyangan Tahun …. Arthaniti Studies, 3(1), 6–12. https://doi.org/10.5281/zenodo.5549464

Yandi, A., & Trimerani, R. (2023). Indikator Fasilitas dan Kinerja Karyawan di PT.Karya Makmur Langgeng Kalimantan Barat Working Facilities And Employee Performance Indicators At PT. Works Of Prosperous Langgeng West Kalimantan. Jurnal Ilmiah Management Agribisnis (JIMANGIS), 4(1), 2776-107X.

Yulia, S. (2024). Diajukan kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untuk Memenuhi Syarat-Syarat Guna Meraih Gelar Sarjana Akuntansi.

Zulkhi, M. D., & Jannah, M. (2022). Perbandingan Permainan Modern dan Permainan Tradisional Terhadap Muatan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Research, 2(2), 42–46. https://doi.org/10.37251/jber.v2i2.196