Analisis Kepuasan Penumpang KRL Commuter Line Dengan Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Pada Pekerja Di Glodok City Jakarta Barat
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan penumpang KRL Commuter Line menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI) pada pekerja di kawasan Glodok City, Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 96 responden dan mengukur skor kepentingan (MIS), kepuasan (MSS), serta nilai CSI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai CSI sebesar 88% mengindikasikan bahwa penumpang berada pada kategori sangat puas terhadap layanan KRL. Dimensi kenyamanan fasilitas, informasi, dan kemudahan akses mendapat nilai tinggi, sedangkan aspek keamanan, terutama rasa aman di stasiun dan selama perjalanan, masih perlu ditingkatkan. Temuan ini memberikan masukan bagi pengelola KRL untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama pada aspek yang belum optimal. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi untuk pengembangan layanan transportasi massal berbasis kepuasan pelanggan di wilayah perkotaan.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adawia, P. R., Azizah, A., Endriastuty, Y., & Sugandhi, S. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KERETA API COMMUTER LINE (STUDI KASUS COMMUTER LINE ARAH CIKARANG KE JAKARTA KOTA). Sebatik, 24(1), 87–95. https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i1.869
Angga Wahyudi, Muhammad Bhismi Thoifurqoni Assyamiri, Wilda Al Aluf, Mohammad Ryan Fadhillah, Shinta Yolanda, & M. Isa Anshori. (2023). Dampak Transformasi Era Digital Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Bintang Manajemen, 1(4), 99–111. https://doi.org/10.55606/jubima.v1i4.2222
Daga, R. (2021). Citra, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan (1st ed., Vol. 1). GLOBAL RESEARCH AND CONSULTING INSTITUTE (Global-RCI). https://www.researchgate.net/publication/334957485
Dari, P. W., & Sellyana, A. (2022). Web Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi (JUTEKINF), 10(2), 46–53. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3253792&val=28539&title=Studi%20Kelayakan%20Kepuasan%20Pelanggan%20PAMSIMAS%20Bagan%20Keladi%20Berbasis%20Web%20Menggunakan%20Metode%20CSI%20Customer%20Satisfaction%20Index
Fawwaz, F., & Rakhmatulloh, A. R. (2021). ANALISIS PELAYANAN INTEGRASI ANTARMODA BERDASARKAN PERSEPSI PENGGUNA DI KRL STASIUN SUDIRMAN. Jurnal Pengembangan Kota, 9(1), 111–123. https://doi.org/10.14710/jpk.9.1.111-123
Febiyansi, C., & Widaningsih, S. (2019). nalisis Kepuasan Pelanggan Dengan Metode Importance Performance Analysis (Ipa) (Studi Kasus Pada Pt Gumbira Wana Indonesia Bandung Tahun 2019). Jurnal Telkom University, 1(1).
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (Cetakan X). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamid, R. S., Ariasih, M. P., Suarniki, N. N. S., Suarniki, N. N., Purwoko, Nurchayati, Tarmizi, A., Efdison, Z., Pasaribu, A. W., Fitriya, S., Solihin, A., Budaya, I., & Vitaloka, D. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN MODERN (Strategi dan Taktik Untuk Kesuksesan Bisnis). SONPEDIA PUBLISHING INDONESIA. www.sonpedia.com
Hardani, Andriani H., Ustiawaty J., Istiqomah R.I., Fardani R.A., Sykmana D.J., & Auliya N.H. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group.
Herlambang, A. S., & Komara, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan). Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking), 7(2), 56. https://doi.org/10.35384/jemp.v7i2.255
Ilahi, A. A. A., & Arifuddin. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah. Amsir Bunga Rampai Journal, 1(1), 27–40. https://journal.stieamsir.ac.id/index.php/abrj/article/view/123/99
Karima, H. Q., Rachmawaty, D., & Sidik, E. F. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index Terhadap Kedai Kopi X di Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Teknik Industri (JURTI), 1(2), 94–102. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/jurti/article/download/27853/7810
Kurniawan, A., Ihsan, Y. N., & Iriani, Y. (2023). Analisis Tingkat Kepuasan Penumpang KRL (Kereta Commuter) Dengan Menggunakan Metode CSI dan IPA. Jurnal Teknik Industri, 9(2), 597–605.
Manoy, T. I., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA CV. AKE MAUMBI. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 314–323. https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.36231
Maqhfirah, T. N., Fitriani, R., & Wahyudin. (2023). Implementasi Metode Customer Satisfaction Index terhadap Kepuasan Pelanggan Pelayanan Telemarketing Call Center PT XYZ. Jurnal Serambi Engineering, VIII(2), 5383–5389. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jse.v8i2.5760
Mardiana, M. (2020). Implementasi User Satisfaction Model Dalam Mengukur Kualitas Website. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 19(2), 266–272. https://doi.org/10.30812/matrik.v19i2.711
Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Ikhsan, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Sains Manajemen, 5(1). https://doi.org/10.30656/sm.v5i1.1515
Octavia, R. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT. BANK INDEX LAMPUNG. Jurnal Manajemen Pemasaran, 13(1), 35–39. https://doi.org/10.9744/pemasaran.13.1.35─39
Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI UKM MART KARTIKA WIDYA UTAMA. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(3), 1154–1170.
Pertiwi, A. B., Ali, H., & Sumantyo, F. D. S. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada E-commerce Shopee. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2), 537–553. https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.63
Putra, I. K. A. M., Wimba, I. G. A., & Susanti, P. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV. Jaya Utama Teknik di Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 1(4), 1279–1291.
Rahayu, S. S., Taufik, M., & Ato’illah, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Susu Segar UD. Adil Brothers Senduro. Jobman: Journal of Organization and Business Management, 2(3), 194–199. http://jkm.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/jrm|194
Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (1st ed.). KBM INDONESIA. www.penerbitbukumurah.com
Satriadi, Wanaswir, Hendrayani, E., Siwiyanti, L., & Nursaidah. (2021). MANAJEMEN PEMASARAN (Vol. 1). Penerbit Samudra Biru.
Setiawan, A. D., Yamani, A. Z., & Winati, F. D. (2022). Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus UMKM Ahul Saleh). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1(4), 286–295. https://jurnal-tmit.com/index.php/home/article/download/62/35
Sholikah, Mundzir, A., Nunik Y, Trisavinaningdiah, A., Djaya, T. R., Purwaningsih, N., Angmalisang, S. I., Riorini, S. V., Wiliana, E., Depari, G. S., Ekopriyono, A., Mahmud, Pujiastuti, N. S., & Rahajeng, E. (2021). MANAJEMEN PEMASARAN : SAAT INI DAN MASA DEPAN. Penerbit Insania.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.). ALFABETA.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; Ed. 2. Cet. 3.). ALFABETA.
Syafitri, A., & Kamil, M. (2024). Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan KRL Commuter Line di Jabodetabek. Masip: Jurnal Manajemen Administrasi Bisnis Dan Publik Terapan, 2(2), 41–55. https://doi.org/10.59061/masip.v2i2.738
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2020). Pemasaran Strategik. Andi Offset.
Vivi, O., Widiastuti, T., & Suhaji, S. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Aset, 23(1), 53–62. https://doi.org/10.37470/1.23.1.177
Wahyudi, W. (2022). ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING SAAT PANDEMI COVID-19 (DESKRIPTIF KUANTITATIF DI SMAN 1 BABADAN PONOROGO). KadikmA, 13(1), 68. https://doi.org/10.19184/kdma.v13i1.31327
Wati, N. K. D. A., Mitariani, N. W. E., & Imbayani, I. G. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA MM JUICE & RESTAURANT CABANG TEUKU UMAR. Values, 1(3), 222–233.
Zainurossalamia, S. (2020). MANAJEMEN PEMASARAN Teori dan Strategi. Forum Pemuda Aswaja.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2023). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (12th ed.). Mc.Graw-Hil.
Zusrony, E. (2021). PERILAKU KONSUMEN DI ERA MODERN. Yayasan Prima Agus Teknik.