Pembentukan Etika Sosial Santri Melalui Pendidikan Di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Kota Banjar
Main Article Content
Abstract
Artikel ini mengkaji pembentukan etika sosial di kalangan siswa melalui pendidikan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar di Kota Banjar. Etika sosial dianggap sebagai elemen penting dalam membentuk karakter siswa, khususnya mengenai interaksi sosial dan nilai-nilai moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai etika sosial yang diajarkan, metode pengajaran yang digunakan, dan dampaknya terhadap perilaku siswa. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi di lingkungan pondok pesantren. Temuan menunjukkan bahwa pondok pesantren menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan toleransi melalui kegiatan akademik dan non-akademik. Siswa menunjukkan internalisasi nilai-nilai ini dalam kehidupan sehari-hari mereka, meskipun tantangan tertentu tetap ada dalam proses membangun etika sosial. Temuan ini memberikan wawasan bagi para pendidik dalam merancang strategi pendidikan yang lebih efektif untuk menumbuhkan etika sosial berkualitas tinggi di kalangan siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullah, P. D. A. (2020). Antara al-Ghazali dan Kant: Filsafat Etika Islam. Yogjakarta: IRCISOD.
A.Elias, E., & Elias, E. E. (1986). Modern Dictionary English Arabic. Kairo: Elias Modern Publishing House &Co.
al-Qardawi, Y. (1987). Al-Ijtihad Fi Al-Syari‘ah Al-Islamiyyah Ma‘a Naarat Tahliliyyah Fi Al-Ijtihad Al-Ma‘asir, Terj. Achmad Syathori, Ijtihad Dalam Syari‘at Islam Beberapa Pandangan Analisis Tentang Ijtihad Kontemporer (1 ed.). Jakarta: Bulan Bintang.
Alfin, M. (2021). Filsafat Etika Islam. Bandung: CV Pustaka Setia,.
Amanulloh, A., & Yusuf, E. B. (2024). Konsep Modernisme Pendidikan Islam Dalam Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 151 Perspektif Kitab Tafsir Al-Manar Karya Muhammad Abduh Dan Rasyid Ridha. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(13), 54–66. https://doi.org/10.5281/zenodo.12702811
Aris, A. S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam. Cirebon: Penerbit Yayasan Wiyata Bestari Samasta. Diambil dari https://repository.syekhnurjati.ac.id/10136/
Asif, T., Guangming, O., Haider, M. A., Colomer, J., Kayani, S., & Amin, N. ul. (2020). Moral Education for Sustainable Development: Comparison of University Teachers’ Perceptions in China and Pakistan. Sustainability, 12(7), 3014. https://doi.org/10.3390/su12073014
Asror, M. (2022). Implementasi Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Mengembangkan Sikap Toleransi Santri Di Pondok Pesantren. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 42–53. https://doi.org/10.58561/mindset.v1i1.26
Aziz, A. (2019). Pendidikan Etika Sosial Berbasis Argumentasi Quranik. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 466–489. https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i3.68
Basyari, M. H., & Akil. (2022). Peran dan Fungsi Pendidikan Islam dalam Masyarakat. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), 865–879. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.292
Bungin, B. (2003). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Doctoral Student, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati (IAIN) Cirebon, West Java, Indonesia, Aminuddin, A., Wahidin, K., Professor, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati (IAIN) Cirebon, West Java, Indonesia, Sumanta, S., Lecturer, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati (IAIN) Cirebon, West Java, Indonesia, … Lecturer, Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati (IAIN) Cirebon, West Java, Indonesia. (2023). Character Education in the Perspective of Imam Asy-Sya’rani. International Journal of Social Science and Human Research, 06(02). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i2-66
Evanirosa, E. (2023). Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Sumatra Barat: Cv. Azka Pustaka.
Fauzi, M. I., & Hamidah, T. (2021). Konsep Amanah Dalam Al-Qur’an. Al-Irfani: Journal of Al Qur’anic and Tafsir, 2(1), 14–25. (Tafsir Al-Qur’an). https://doi.org/10.51700/irfani.v2i1.214
Ferihana, F., & Rahmatullah, A. S. (2023). Pembentukan Adab Santri Berbasis Keteladanan Guru di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5), 3627–3647. https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2689
Ginting, R., Yulistiyono, A., Rauf, A., Manullang, S. O., Siahaan, A. L. S., Kussanti, D. P., … Effendy, F. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial: Saring Sebelum Sharing. Cirebon: Penerbit Insania.
Hadi, S. (2004). Metodologi Research (2 ed.). Yogyakarta: Andi.
Hadisi, L., Musthan, Z., Gazali, R., Herman, H., & Zur, S. (2022). Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Modern Gontor 7 Riyadhatul Mujahidin Kabupaten Konawe Selatan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2955
Halamury, M. F. (2022). Buku Ajar Teori Belajar dalam Pembelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Academia Publication.
Herdiansyah, H. (2014). Metodelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif (2 ed.). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kamaruddin, I., Zulham, Z., Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pengaruhnya Terhadap Pengembangan Etika Sosial Dan Moral Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 5(3), 140–150. https://doi.org/10.51278/aj.v5i3.853
Kamil, P. D. S. (2021). Etika Islam: Kajian Etika Sosial dan Lingkungan Hidup. Jakarta: Prenada Media.
Lesmana, F. R., Salsabilah, H., & Febrianti, B. A. (2021). Peran Pondok Pesantren dalam Pembentukan Karakter Santri dalam Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(07), 962–970. https://doi.org/10.46799/jst.v2i7.319
Lubis, L., & Asry, W. (2020). Ilmu Pendidikan Islam. Medan: Perdana Publishing. Diambil dari http://repository.uinsu.ac.id/10667/
Madiong, . Baso. (2022). Filsafat Ilmu Hukum. Depok: aPT RajaGrafindo Persada. Diambil dari https://repository.unibos.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/841/Filsafat%20Ilmu%20Hukum.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Maslan, D., Mardianto, & Nasution, M. I. P. (2023). Pendidikan Etika Bermedia Sosial Dalam Perspektif Islam: Antara Dosa Jariyah Dan Pahala Jariyah. Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(2), 155–176. https://doi.org/10.51339/ittishol.v4i2.1041
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarta.
M.Si, B. S., S. Pd, M.Pd, A. I., S. H., & M.Pd, S. H. R. (2021). Dasar-Dasar Pendidikan: Kajian Teoritis Untuk Mahasiswa Pgsd. Banyumas: CV Pena Persada.
Muhammad Abdul Malik bin Hisyam, S. A. (1990). As-Siroh An-Nabawiyah. Lebanon: Darul Kitab Al-Arobi. Diambil dari https://kapasan-darulfalah.blogspot.com/2013/06/download-kitab-sirah-ibnu-hisyam.html
Nainggolan, M. M., & Naibaho, L. (2022). The Integration of Kohlberg Moral Development Theory with Education Character. Technium Social Sciences Journal, 31, 203–212. https://doi.org/10.47577/tssj.v31i1.6417
Nata, A. (2003). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Peterson, A. (2020). Character Education, the Individual and the Political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270
Purwatiningsih, A. P. (2022). Buku Ajar Etika Bisnis & CSR. Pekalongan Jawa Tengah: Penerbit NEM.
Sangidu, S. (2004). Penelitian sastra; Pendekatan Teori, Metode, Teknik, dan Kiat. Yogyakarta: Penelitian Sastra Asia Barat.
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54–71. Diambil dari https://ejournal.alkifayahriau.ac.id/index.php/almujahadah/article/view/230
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, S. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparjo, S. (2022). Pemikiran Filsafat Pendidikan Islam: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman Dalam Konteks Pendidikan Holistik. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 455–460. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i2.40
Suparjo, S., Hanif, M., & Ag, M. (2022). Potret Religiusitas dan Toleransi Beragama di Kalangan Pelajar SMA. Banyumas: Penerbit dan Agency.
Suparjo, S., & Hidayah, L. N. (2023). Islamic Religious Education in Indonesia: Understanding the Urgency and Paradigm Shift from a Societal Perspective. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(06). https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i6-08
Surahmad, W. (1986). Dasar Dan Teknik Research Dengan Metodologi Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Suryani, I. (2023). Ilmu Pendidikan Islam (I. F. Tanjung, Ed.). Medan: UMSU Press. Diambil dari http://repository.uinsu.ac.id/22180/
Syaodih Sukmadinata, N. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahid, A. R., & Prasetiya, B. (2024). Peran Model Keteladanan Pengasuh Pondok Pesantren Al Ihsan Terhadap Akhlak Santri. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(1), 233–250. https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i1.1041
Widyastuti, S. (2019). Implementasi Etika Dalam Dunia Bisnis Islam. Purwokerto: CV IRDH.
Yani, D. A., & Chaniago, F. Z. (2023). Konsep Jujur Dalam Muamalah. AL-KARIM: Journal of Islamic and Educational Research, 1(3), 21–26. Diambil dari https://journal.institercom-edu.org/index.php/alkarim/article/view/3