Pengembangan Media Buku Teka-Teki Silang Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Perwanida 2 Palembang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media buku teka-teki silang yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun di RA Perwanida 2 Palembang. Menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D (define, design, development, dan disseminate), penelitian ini dimulai dengan analisis awal, peserta didik, tugas, konsep, dan perumusan tujuan. Pada tahap perancangan, media buku teka-teki silang dirancang menggunakan aplikasi Canva. Validasi dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa, diikuti uji coba praktikalitas oleh guru. Penyebaran dilakukan melalui uji coba skala kecil dan besar untuk mengukur keefektifan media. Hasil penelitian menunjukkan media yang dikembangkan sangat valid, dengan persentase rata-rata 93,26% (ahli materi), 91,66% (ahli media), dan 80% (ahli bahasa). Kepraktisan media dinilai sangat baik (94,16%). Uji coba menunjukkan keefektifan media dengan observasi 89,50% dan angket instrumen peserta didik mencapai 90,54% pada skala besar. Uji hipotesis menunjukkan pengaruh signifikan pengembangan media terhadap kemampuan mengenal huruf, dengan nilai thitung = 45,60 Lebih besar dari t tabel = 2,015.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.