Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B

Main Article Content

Leny Marlina
Indah Dwi Sartika
Elsya Septiana

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di RA Perwanida 4 Palembang”. Penelitian dilakukan berdasarkan kebutuhan media yang bervariasi sehingga mampu meningkatkan membaca permulaan pada anak usia dini di RA Perwanida 4 Palembang anak kelompok B (5-6 tahun) yang masih rendah. Rumusan masalah yaitu bagaimana media pop up book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di RA Perwanida 4 Palembang yang valid, praktis dan efektif dengan tujuan media mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan menarik minat anak dalam membaca. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research And Development (R&D) Borg and Gall. Teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, angket serta dokumentasi. Hasil penilaian produk oleh ahli materi validasi tahap I 82% sangat valid, validasi tahap II 97% sangat valid. Penilaian ahli media validasi tahap I 93% sangat valid, validasi tahap II 98% sangat valid. Uji coba lapangan awal skor 90% sangat praktis, uji coba lapangan utama 91,5% sangat praktis. Uji keefektifan dengan melakukan pre test 31,4% dan post test 75,6% efektif serta media pop up book berpengaruh dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan dilihat dari keefektifannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Leny Marlina, Indah Dwi Sartika, & Elsya Septiana. (2022). Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B . ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 380–385. Retrieved from https://ulilalbabinstitute.id/index.php/JIM/article/view/108
Section
Articles

References

Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis, 3-4.

Citra, dkk. (2019). Pengembagan Media Buku Pop Up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. 55.

Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif. Depok: Rajawali.

Engla, N. (2019). Thematich Pop Up Book As Learning Media For Early Childhood Language Development.

Gusnida, dkk. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakarta Publishing.

Hamidulloh. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang Konsep Dan Aplikasi. semarang: Pilar Nusantara.

Martha. (2020). Kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui multimedia pembelajaran interaktif. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasi , 2-3.

Robertus, d. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran . Jakarta: grasindo.

Rudi, dkk. (2017). Media Pembelajaran . Jawa Timur: Pustaka Abadi.