Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pop Up Book Dalam Meningkatkan Membaca Permulaan Anak Kelompok B Di RA Perwanida 4 Palembang”. Penelitian dilakukan berdasarkan kebutuhan media yang bervariasi sehingga mampu meningkatkan membaca permulaan pada anak usia dini di RA Perwanida 4 Palembang anak kelompok B (5-6 tahun) yang masih rendah. Rumusan masalah yaitu bagaimana media pop up book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di RA Perwanida 4 Palembang yang valid, praktis dan efektif dengan tujuan media mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan menarik minat anak dalam membaca. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan Research And Development (R&D) Borg and Gall. Teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, angket serta dokumentasi. Hasil penilaian produk oleh ahli materi validasi tahap I 82% sangat valid, validasi tahap II 97% sangat valid. Penilaian ahli media validasi tahap I 93% sangat valid, validasi tahap II 98% sangat valid. Uji coba lapangan awal skor 90% sangat praktis, uji coba lapangan utama 91,5% sangat praktis. Uji keefektifan dengan melakukan pre test 31,4% dan post test 75,6% efektif serta media pop up book berpengaruh dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan dilihat dari keefektifannya.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis, 3-4.
Citra, dkk. (2019). Pengembagan Media Buku Pop Up Untuk Pembelajaran Mengenal Huruf Alphabet Anak Usia Dini. 55.
Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif Dan Kualitatif. Depok: Rajawali.
Engla, N. (2019). Thematich Pop Up Book As Learning Media For Early Childhood Language Development.
Gusnida, dkk. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakarta Publishing.
Hamidulloh. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang Konsep Dan Aplikasi. semarang: Pilar Nusantara.
Martha. (2020). Kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui multimedia pembelajaran interaktif. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasi , 2-3.
Robertus, d. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran . Jakarta: grasindo.
Rudi, dkk. (2017). Media Pembelajaran . Jawa Timur: Pustaka Abadi.