Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca

Main Article Content

Srie Zahra Nur Nadiya Putri Umarsana
Ngatmini Ngatmini

Abstract

Artikel ini mengkaji pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak usia dini. Melalui pendekatan studi literatur, penulis menganalisis berbagai sumber ilmiah untuk mengevaluasi efektivitas media kartu huruf sebagai alat bantu pembelajaran. Media ini tergolong visual (flash card) yang memuat simbol huruf dan digunakan dalam berbagai permainan edukatif, seperti “Find Your Mate” dan “Know Your Dictionary”, yang terbukti meningkatkan pengenalan huruf, pembentukan kosakata dasar, serta keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Kartu huruf juga mendukung pengembangan daya ingat, kreativitas, serta kecerdasan emosional anak. Penggunaan media ini dipandang ekonomis, fleksibel, dan adaptif terhadap berbagai konteks pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa kartu huruf efektif dalam memfasilitasi proses literasi awal dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Oleh karena itu, pemanfaatan media kartu huruf sangat direkomendasikan bagi pendidik dalam mendukung pembelajaran membaca anak secara optimal dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Umarsana, S. Z. N. N. P., & Ngatmini, N. (2025). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca . ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(9), 2102–2106. https://doi.org/10.56799/jim.v4i9.10245
Section
Articles

References

Andriyani, M. (2015). Meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri datar melalui permainan tradisional Gotri Legendari.

Ariyanti, V. R. (2020). Media kartu huruf bergambar di Kelompok A TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Pontang Barat tahun ajaran 2019/2020 (Skripsi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Jember.

Arlina, A. (2020). Perkembangan kemampuan dasar peserta didik usia dini.

Astuti, S. (2019). Penggunaan media kartu huruf untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan Ditkintan Komara kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10546

Dewi, R., Enda, P., & Rita, K. (2021). Pengembangan media kartu huruf elektrik untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia 4–5 tahun. Al-Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 9600–9609.

Etianingsih. (2016). Peningkatan kemampuan anak Kelompok A mengenal huruf melalui permainan kartu huruf di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember (Skripsi diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember.

Syatauw, G. R., Solehun, S., & Rumaf, N. (2020). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui permainan kartu huruf mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 80–86.

Most read articles by the same author(s)