Pemikiran Modern Dunia Islam Dan Pembaharuan Pendidikan Islam
Main Article Content
Abstract
Artikel ini membahas pembaharuan pendidikan Islam dalam konteks pemikiran modern, dengan menyoroti pemikiran tokoh-tokoh seperti Muhammad Abduh dan Jamaluddin Al-Afghani. Dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, umat Islam dihadapkan pada tantangan untuk tetap berpegang pada nilai-nilai keislaman sekaligus beradaptasi dengan modernitas. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), dengan mengkaji berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen relevan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) untuk menggali secara mendalam substansi pemikiran dan konsep pembaharuan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi pendidikan Islam merupakan bagian dari upaya pembaruan keagamaan yang tidak hanya relevan dengan zaman modern tetapi juga penting untuk kemajuan peradaban Islam. Pembaharuan kurikulum, metode pengajaran, serta integrasi ilmu agama dan sains menjadi fokus utama yang perlu dikembangkan untuk menghasilkan generasi Islam yang berkualitas dan adaptif terhadap dinamika zaman.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afifuddin, & Saebani, B. A. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Pustaka Setia.
Al-Farabi, M., OK, A. H., & Nasution, M. R. . (2023). Pemikiran Pendidikan Islam dalam Perspektif Zakiah Daradjat. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6881
Alfi, A. M., Febriasari, A., & Azka, J. N. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam Melalui Teknologi. Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(4), 511–522. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/religion.v1i4.249
Ayuuningsih, Mawardi, K., & Rohmat. (2021). Pembaharuan Pendidikan Islam (Studi Pemikiran Muhammad Abduh dan Rasyid Ridha). Jurnal Penelitian Agama, 22(1), 87–101.
Bassar, A. S., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2021). Pendidikan Islam: Peluang dan Tantangan di Era Global dan Multikultural. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1).
Donohue, J. . (1984). Islam dan Pembaharuan. Rajawali Press.
Edy, S., Sunaryati, T., & Sumarta, S. (2023). Supervisi Pendidikan Islam: Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 1–17.
Fadil. (2008). Pasang Surut Peradaban Islam dalam Lintas Sejarah. UIN Malang Press.
Idris, M. (2022). Pendidikan Islam dan Era Society 5.0; Peluang dan Tantangan Bagi Mahasiswa PAI Menjadi Guru Berkarakter. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.29240/belajea.v7i1.4159
Kosim, M. (2010). Peluang dan Tantangan Pendidikan Islam Era Industri 4.0: Strategi Mahasiswa PAI menjadi Pendidik Sejati. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 125–135.
Manan, A. (2023). Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi: Menggagas Harmoni dalam Era Digital. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 56–73.
Muliati, I., Sulaiman, Hoktaviandri, & Rahman, R. (2020). Pemikiran Pendidikan Muhammad Abduh. Al -Kawakib:Jurn Al Kajian Keislaman, 1(1), 44–53.
Nasution, H. (1995). Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Bulan.
Purba, M., Pane, S. S. M., Saragih, U. D., & Lubis, R. N. (2023). Pendidikan Agama Islam di Tengah Arus Globalisasi: Tantangan dan Upaya Antisipasi. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 106–110.
Sabita, D. (2023). Problematika Pendidikan Islam di Era Globalisasi dan Alternatif Solusinya. DIROSAT: Journal of Education, Social Sciences & Humanities, 1(2), 58–68. https://doi.org/https://doi.org/10.58355/dirosat.v1i2.10
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Syukurman, S., Agustang, A., & Adam, A. (2020). Peluang dan Tantangan Lembaga Pendidikan Islam (Ditinjau dari Sosiologi Agama di Desa Doridungga. Sociata: Jurnal Pendidikan, 5(1), 71–87. https://doi.org/https://doi.org/10.33627/es.v3i2.364
Yani, M., Saleh, A. R., Yuniarsih, N., Sunandar, D., Rohmalia, Y., Hubies, M., & Ramly, A. . (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja dan Motivasi Karyawan. Diversity: Jurnal Ilmiah Pascasarjana, 1(2), 65–75. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/djip-uika.v1i2.4945