Efektivitas Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di UPT SMP Negeri 13 Medan

Main Article Content

Elya Siska Anggraini
Jesika Febrianty Manalu
Syarifah Nurmasyittah
Rika Hayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di UPT SMP Negeri 13 Medan. Bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam mendukung proses pembelajaran, terutama dalam membantu siswa mengatasi berbagai masalah pribadi, sosial, dan akademik yang dapat menghambat kemajuan mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui wawancara terhadap enam siswa kelas VIII-5 untuk mengetahui pengalaman dan persepsi mereka terhadap layanan bimbingan dan konseling yang diterima. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan konseling memiliki efek positif pada siswa untuk meningkatkan motivasi belajar, kesadaran diri, dan kemampuan memecahkan masalah untuk menghadapi tantangan hidup. Siswa melaporkan merasa lebih terbantu dan termotivasi untuk belajar setelah sesi konseling. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kendala, antara lain kurangnya tindakan nyata dari guru bimbingan dan konseling serta perlunya perhatian lebih terhadap kebutuhan individu siswa. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan agar institusi pendidikan dapat mengembangkan program bimbingan yang lebih komprehensif dan responsif terhadap kebutuhan siswa, sehingga efektivitas layanan bimbingan konseling dapat ditingkatkan dan berkontribusi lebih optimal terhadap prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi pengembangan kebijakan bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anggraini, E. S., Manalu, J. F., Nurmasyittah, S., & Hayani, R. (2025). Efektivitas Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di UPT SMP Negeri 13 Medan. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 4(9), 2107–2114. https://doi.org/10.56799/jim.v4i9.10204
Section
Articles

References

Astuti, M., Jarkawi, & Haryadi, R. (2022). Home visit sebagai alternatif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di masa pandemi COVID-19 (Studi kasus di SMPN 5 Takisung). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 6038–6044.

Azwar, B. (2023). Pemahaman guru bimbingan konseling terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 63–76. https://doi.org/10.29210/1202322167

Baharudin, Y. H. (2021). Profesi bimbingan dan konseling dalam masyarakat. Jurnal Tawadhu, 5(1), 35–43.

Baharudin, Y. H. (2021). Profesi bimbingan dan konseling dalam masyarakat. Keguruan, 2(1), 1–11.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan guru bimbingan konseling dalam pembentukan karakter disiplin siswa SMP Negeri 3 Onolalu tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 2(1), 40–52. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.375

Hikmah, A. Z., Mustika, R. I., & Supriatna, E. (2023). Layanan konseling individual pendekatan client centered berbasis dalam jaringan (daring) untuk mengembangkan citra diri (self image) siswa. Jurnal Studi Bimbingan dan Konseling, 6(3), 179–189. https://doi.org/10.22460/fokusv6i3.9111

Lubis, W., Simaremare, A., Irwan, M., & Pristanti, N. A. (2025). Profesi kependidikan (Y. Achmad, Ed.; 1st ed.). CV. Obelia Publisher.

Mahaly, S. (2021). Efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan pribadi oleh guru bimbingan konseling. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.24014/ittizaan.v4i1.13238

Mudiantoro, Q., Qothrunnada, H., & Muhid, A. (2022). Efektivitas layanan bimbingan konseling kelompok dengan teknik self-regulation dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Al-Irsyad, 12(1), 48. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.12195

Rahmulyani. (2024). Perkembangan peserta didik. UNIMED Press.

Safrudin, R., Zulfamanna, M., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian kualitatif. Journal of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Tarumasely, Y. (2024). Meningkatkan kemampuan belajar mandiri (Panduan untuk mengembangkan self-regulated learning). Academia Publication.

Ummah, M. S. (2019). Penelitian kualitatif. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Zuhara, E. (2020). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 41. https://doi.org/10.22373/je.v6i1.8208