Analisis Peran Strategi Komunikasi Oleh Pelayanan PPID Kementerian Luar Negeri RI Dalam Mendiseminasi Informasi Publik

Main Article Content

Hafiz Firjatullah
Vivien Febri Astuti
Tasya Camila Hamdani

Abstract

Peran strategi komunikasi dalam pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) dalam mendiseminasi informasi publik. Di era keterbukaan informasi, transparansi dan akuntabilitas menjadi aspek krusial dalam pelayanan publik, termasuk di instansi pemerintah yang menangani urusan luar negeri. Penelitian ini penting untuk menganalisis tantangan yang dihadapi PPID Kemlu dalam mengintegrasikan strategi komunikasi dan mengevaluasi kesesuaian efektivitas strategi yang diterapkan dalam mendiseminasi informasi kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Kemlu dijalankan melalui integrasi komunikasi internal dan eksternal dengan pendekatan yang sistematis dan berbasis data. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan sumber daya, koordinasi lintas unit, dan perlindungan data strategis masih perlu diatasi. Kesimpulannya, strategi komunikasi PPID Kemlu telah berjalan efektif dalam mendukung keterbukaan informasi publik, namun masih memerlukan penguatan kapasitas kelembagaan untuk mewujudkan pelayanan informasi publik yang lebih transparan, akuntabel, dan responsif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Firjatullah, H., Astuti, V. F., & Hamdani, T. C. (2025). Analisis Peran Strategi Komunikasi Oleh Pelayanan PPID Kementerian Luar Negeri RI Dalam Mendiseminasi Informasi Publik. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(6), 52–61. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i6.9844
Section
Articles

References

Cangara, H. (2014). Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Thousand Oaks, CA: Sage.

Falkheimer, J., & Heide, M. (2014). From public relations to strategic communication in Sweden: The emergence of a transboundary field of knowledge. Nordicom Review, 35(Special Issue), 123–138.

Gorichanaz, T. (2019). Understanding document work for human-centered documentation. Journal of Documentation, 75(1), 190–204.

Hermawan, L., & Ismiati, M. B. (2020). Aplikasi pengecekan dokumen digital tugas mahasiswa berbasis website. Jurnal Buana Informatika, 11(2), 94–103.

Hootsuite & We Are Social. (2022). Indonesia digital report. Retrieved February 5, 2025, from https://wearesocial.com/id/digital-2022/

Indonesia. (2008). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 Nomor 61.

Indonesia. (2010). Peraturan Pemerintah Nomor 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU KIP. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2010 Nomor 99.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2025). Keputusan Menteri Luar Negeri tentang Penetapan Strategi Komunikasi Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan Republik Indonesia.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2025). Peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 4 Tahun 2025 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Luar Negeri.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2024). Kemlu Raih Predikat Badan Publik Informatif Lima Tahun Berturut-turut. https://kemlu.go.id/berita/kemlu-raih-predikat-badan-publik-informatif-lima-tahun-berturut-turut?type=publication

Kenda, N. (2015). Implementasi PPID pada Pemerintah Provinsi Gorontalo. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(3), 165–186.

Komisi Informasi Pusat. (2024). Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) 2024. Jakarta: Komisi Informasi Pusat. Diakses dari https://komisiinformasi.go.id/pdf/20250131112351-BUKU-TIGA_C_IKIP_2024.pdf

Kusumajanti, T., Purnama, S., & Priliantini, L. (2018). Diseminasi informasi dalam pengembangan komunikasi publik. Yogyakarta: Deepublish.

McCombs, M. E., & Shaw, D. L. (1972). The agenda-setting function of mass media. Public Opinion Quarterly, 36(2), 176–187.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Thousand Oaks, CA: Sage.

Monarika, R. (2018). Analisis strategi manajemen dalam organisasi. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Muslich, A. M. A. (2023). Laporan magang Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Universitas Darussalam Gontor.

Sekarini, A. G., & Wibo, T. O. (2025). Strategi komunikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Kominfo dalam mendiseminasi informasi publik. Kalbisiana: Jurnal Sains, Bisnis dan Teknologi, 11(1), 1–10.

Setyanto, D. B., & Winduwati, S. (2017). Strategi diseminasi informasi dalam komunikasi pembangunan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, H. (2018). Strategi manajemen: Konsep dan implementasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Yanuardi, & Permana, A. A. (2018). Rancang bangun sistem informasi keuangan pada PT. Secret Discoveries Travel and Leisure berbasis web. Jurnal Teknik Informatika, 1–7.

Yunus, M. (2016). Manajemen strategis dalam organisasi. Jakarta: Pustaka Cendekia.