Efektivitas Komunikasi Krisis Humas Perumda Tirta Pakuan Terhadap Citra Perusahaan atas Gangguan Distribusi Air Studi pada Mahasiswi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University

Main Article Content

Zhauzan Latifa
Ika Sartika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi krisis oleh Humas Perumda Tirta Pakuan dalam membentuk citra perusahaan saat gangguan distribusi air. Penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan pendekatan sequential exploratory, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil kualitatif menunjukkan bahwa strategi komunikasi Humas mencerminkan model Grunig & Hunt serta pendekatan SCCT dari Coombs. Analisis kuantitatif menggunakan uji Pearson menghasilkan nilai korelasi r = 0,620 dengan signifikansi < 0,001, yang menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara efektivitas peran Humas dan citra perusahaan. Temuan ini menegaskan bahwa peran Humas yang strategis dan komunikatif berkontribusi penting dalam menjaga kepercayaan publik dan reputasi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Latifa, Z., & Sartika, I. (2025). Efektivitas Komunikasi Krisis Humas Perumda Tirta Pakuan Terhadap Citra Perusahaan atas Gangguan Distribusi Air : Studi pada Mahasiswi Komunikasi Digital dan Media Sekolah Vokasi IPB University. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 792–803. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9737
Section
Articles

References

Azzahra M. 2024. Implementasi Model Komunikasi Grunig dan Hunt dalam Penyebaran Informasi oleh Humas Lembaga Administrasi Negara. [Skripsi]. Institut Pertanian Bogor.

Coombs WT. 2004. Impact of Past Crises on Current Crisis Communication. Journal of Business Communication. 41:265. DOI: 10.1177/0021943604265607

Coombs WT. 2007. Protecting Organization Reputations During a Crisis: The Development and Application of Situational Crisis Communication Theory. Academic Research. 10(03):163-176. DOI: 10.1057/palgrave.crr.1550049

Grunig JE. 2013. Excellence in Public Relations and Communication Management. DOI: 10.4324/9780203812303.

Grunig JE & Kim JN. 2021. 15 The Four Models of Public Relations And Their Research Legacy. DOI: 10.1515/9783110554250-015.

Fayol H. 2016. General and Indsutrial Management. ID: Ravenio Books.

Irwanti M. 2023. Manajemen Krisis Komunikasi. Bandung: Widina Media Utama.

Johnston J. 2013. Media Relations Issues & Strategies. Routledge Taylor & Francis Group.

Manogari H & Hamzah E. 2024. Pelatihan Kesiapan Menghadapi Krisis Komunikasi ada Biro SDM Polda Metro Jaya. Jurnal Pustaka Dianmas. [Diakses 2025 Mar 08]. 04(02):67-68.

Mitroff II & Anagnos G. 2001. Managing Crises before They Happen. NY: AMACOM.

Novianti S, Karim H.A, Dwivayani KD. 2021. Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Mengelola Branding Pada Samarinda Televisi (Stv). eJournal Ilmu Komunikasi. [Diakses 2025 Feb 28]. 09(04):13-26.

Rakhmaniar A. 2024. Komunikasi Krisis Dalam Organisasi:Analisis Naratif Tentang Pengelolaan Konflik Internal. RISOMA : Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan. [Diakses 2025 Mei 03]. 02(02):113-127. DOI: doi.org/10.62383/risoma.v2i2.243

Silviani I. 2020. Public Relations sebagai Solusi Komunikasi Krisis. Surabaya: PT. Scopindo Media Pustaka.

Siregar IK & Haerinina KP. 2021. Komunikasi Krisis PT. Jouska Finansial Indonesia dalam Pemulihan Citra Perusahaan. Jurnal Pustaka Komunikasi. [Diakses 2025 Mar 08]. 04(01). DOI: doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1301

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA cv.

Syahruddin, Kasim SH, Nasir LOM, Menungsa AS, Mardiana. 2023. Analisis Peran Public Relation dalam Mengatasi Krisis Perusahaaan di PT. Kalla Toyota Kendari. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan. [Diakses 2025 Feb 25]. 01(02):138-152.

[Perda] Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2021 Tentang Pelayanan Air Minum Perusahaan Umum Daerah Tirta Pakuan Kota Bogor. 2021

[Permenkes] Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2023 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan. 2023

Toruan Lbn LMR, Napitupulu EE, Sibagariang EE, Halawa AP. 2023. Sosisalisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Journal Abdimas Mutiara. 04(02):163.

Wahyudi RR. 2025. Media Relation Sebagai Salah Satu Strategi Komunikasi Dalam Meningkatkan Efektivitas Organisasi. Academic Research.

Wardiman IG & Amanah S. 2022. Manajemen Krisis: Komunikasi Krisis Dalam Public Relations Pada Bank Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. [diakses 2025 Maret 08]. 11(01):505.

Wibowo A. 2020. Perilaku Konsumen & Hubungan Masyarakat. Susanto W, editor. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Zakariyah M. Askari, Afriani V, Zakariah M. KH. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development. Yayasan Pondok Pesantren Al-Mawaddah Warrahmah.