E-Sport dan Dunia Gaming Sebagai Realitas Alternatif

Main Article Content

Muhammad Fajar
Yulenni Bandora Koli
M. Ridwan Said Ahmad

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi digital telah mengubah secara drastis pola kehidupan masyarakat modern, termasuk dalam hal hiburan, interaksi sosial, dan pembentukan identitas. Salah satu manifestasi paling mencolok dari perubahan ini adalah kemunculan e-sport dan dunia gaming sebagai bentuk realitas alternatif yang signifikan. Melalui pendekatan studi pustaka, tulisan ini menganalisis bagaimana e-sport dan game simulasi seperti The Sims menjadi wadah pembentukan identitas dan relasi sosial yang unik dalam dunia virtual. Dengan mengacu pada teori hiperrealitas Jean Baudrillard, dunia game dipahami sebagai simulasi yang tak lagi sekadar meniru kenyataan, melainkan menciptakan dunia baru yang sering kali dianggap lebih ideal daripada realitas fisik. E-sport dan gaming kini menjadi bagian dari budaya populer global yang mengaburkan batas antara dunia nyata dan digital. Penelitian ini menyoroti peluang dan tantangan yang ditimbulkan oleh dunia virtual tersebut, termasuk dampaknya terhadap interaksi sosial, persepsi diri, dan konstruksi budaya kontemporer.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muhammad Fajar, Yulenni Bandora Koli, & M. Ridwan Said Ahmad. (2025). E-Sport dan Dunia Gaming Sebagai Realitas Alternatif. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(5), 348–355. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i5.9602
Section
Articles