Pengaruh Manajeman Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik

Main Article Content

Meilisa Sajdah
Ridho Hidayah
Tri Hariyati

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya bertujuan untuk untuk menemukan, mendeskripsikan, dan menganalisis tentang pengaruh antara variabel manajeman Manajeman Kelasi (X), dengan variabel motivasi belajar siswa (Y).  yang mana permasalahannya utama yakni kurangnya motivasi belajar siswa di era 5.0. Sebagai Upaya mengetahui bagaimana manajeman kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 10 Kotabumi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan banyak populasi 60 responden. Data di kumpulkan dengan instrumen angket tertutup yang berbentuk pilihan ganda yang mana variabel VIII berjumlah 4 pertanyaan, dan variabel Y 2 pertanyaan  dengan menggunakan skala likert. Jadi, angket variabel model pembelajaran gawaiberjumlah 4 pertanyaan, dan angket motivasi belajar siswa berjumlah 2 pertanyaan sehingga jumlah semua angket ada 6 pertanyaan. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara manajeman pengelolan kelas terhadap motivasi belajar siswa setelah di lakukan analisis asosiatif, sesuai dengan hasil peneitian Menurut pentingnya manajemen kelas i dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Data penelitian yang terkumpul di analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan rata-rata nilai variabel manajeman pengelolaan kelas kategori sedang sebanyak 27 siswa atau 45 %, dn motivasi belajar siswa asebanyak 35 siswa atau 58,3%. Kemudian dilanjutkan dengan uji normalitas Chi Kuadrat pada penggunaan manajeman pengelolaan kelas chi khuadrat yaitu 248, 0673913 dan untuk mencari tingkat pengaruh dimasukkan dalam rumus koefesien kontogensi diperoleh 0,897 atau “Sangat Kuat”. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat kuat antara penggunaan Manajeman Kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kotabumi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Meilisa Sajdah, Ridho Hidayah, & Tri Hariyati. (2025). Pengaruh Manajeman Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 104–115. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.9601
Section
Articles