Perancangan Karakter Animasi Edukasi Bahaya Judi Online untuk Usia 18-25 Tahun

Main Article Content

Gilang Bagaskara
Widyasari Widyasari
Sri Wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain karakter yang dapat memberikan edukasi bahaya judi online dengan cara yang menarik dan sesuai dengan hal yang disukai oleh anak muda. Perancangan desain karakter adalah langkah awal atau termasuk dalam proses pra-produksi dalam pembuatan animasi sebagai media penyampaian edukasi. Perancangan desain karakter akan dibuat dengan gaya gambar pixel art dengan metode perancangan konsep menurut pixar. Diharapkan dengan adanya perancangan desain karakter ini dapat membantu untuk menyampaikan informasi edukasi bahaya judi online dengan karakter yang menarik dan sesuai dengan anak muda.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bagaskara, G., Widyasari, W., & Wulandari, S. (2025). Perancangan Karakter Animasi Edukasi Bahaya Judi Online untuk Usia 18-25 Tahun. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 2543–2551. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.9386
Section
Articles

References

Aisah, S., Ismail, S., Margawati, A., Doktor, M., Kedokteran, I., Kesehatan, D., Undip, F. K., Emergensi, K., & Kritis, D. (2021). Edukasi kesehatan dengan media video animasi: Scoping review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1).

Bates, C. (2015). Video methods: Social science research in motion. Routledge.

Bhagabat, K. (2018). 2D animation.

Nashrullah, R. (2019). Teori dan riset khalayak media.

Rian Hari Ramadhan, Q. N. W. (2023). Perilaku komunikasi interpersonal mahasiswa pengguna judi online. Zenodo. https://doi.org/10.5281/zenodo.10432955

Rokhayani, D., Dewi, R.,. (2019). Multimedia interaktif berbasis game kelas X sekolah menengah atas. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p102

Satriyono, D., & Ula, D. M. (2023). Dampak judi online dikalangan masyarakat Kabupaten Katingan daerah Tumbang Samba.

Stevanus, D., & Kurnianto, A. (2017). Perancangan cerita dan karakter animasi dengan tema Obsessive Compulsive Disorder. Jurnal Desain, 4(3). http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v4i03.1269

Tobing, S. M. (2019). Pemanfaatan internet sebagai media informasi dalam kegiatan belajar mengajar pada mata kuliah Pendidikan Pancasila. Jurnal Pekan: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(1), 64–73. https://doi.org/10.31932/jpk.v4i1.376

Wahendarso, G. F. (2014). Analisa pengaruh iklan televisi untuk anak-anak terhadap keputusan pembelian orang tua.

Zurohman, A. (2016). Dampak fenomena judi online terhadap melemahnya nilai-nilai sosial pada remaja (Studi di Campusnet Data Media Cabang Sadewa Kota Semarang).