Perilaku Konsumen dalam Mengonsumsi Makanan Viral: Studi Kasus Tren Kuliner Mie Gacoan di Kalangan Gen Z di Media Sosial

Main Article Content

Imam Turmudi
Prima Mulyasari Agustini

Abstract

Fenomena makanan viral menjadi bagian penting dalam perilaku konsumsi masyarakat digital, khususnya di kalangan Generasi Z. Penelitian ini bertujuan untuk menggali bagaimana media sosial membentuk keputusan konsumsi Gen Z terhadap Mie Gacoan, sebuah merek kuliner yang menjadi viral di berbagai platform digital. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan dari 25 responden Gen Z yang aktif di media sosial dan satu triangulator dari kalangan konten kreator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa viralitas Mie Gacoan tidak lepas dari kekuatan konten buatan pengguna (User-Generated Content) dan electronic word-of-mouth (e-WOM) yang tersebar luas di TikTok dan Instagram. Gen Z terdorong untuk mencoba makanan tersebut karena rasa penasaran, FOMO, serta dorongan sosial untuk menjadi bagian dari tren. Selain itu, banyak responden turut berkontribusi dalam menciptakan konten, yang kemudian memperkuat citra merek Mie Gacoan secara organik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsumsi makanan viral oleh Gen Z lebih bersifat simbolik dan sosial, bukan semata-mata berdasarkan kualitas rasa atau harga.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Imam Turmudi, & Prima Mulyasari Agustini. (2025). Perilaku Konsumen dalam Mengonsumsi Makanan Viral: Studi Kasus Tren Kuliner Mie Gacoan di Kalangan Gen Z di Media Sosial. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 2239–2254. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.9359
Section
Articles

References

Agustina, L. (2021). VIRALITAS KONTEN DI MEDIA SOSIAL. https://www.researchgate.net/publication/348296842

Amilatuzzakiyah, M., Yulistyawati Evelina, T., Niaga, A., & Malang, P. N. (2023). PENGARUH PROMOSI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MIE GACOAN. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9.

Caesarani, E. E., & Suharso, P. (2024). Perilaku Informasi Generasi Z Melalui Akun Autobase Kuliner dalam Media Sosial X. ANUVA, 8(2), 227–240.

Falentino, R., Made, I., & Chrismayoga, D. (2022). RESPON KONSUMEN GENERASI Z TERHADAP KAMPANYE PEMASARAN MIE LEMONILO BERBASIS FOTO DAN VIDEO (Vol. 4, Issue 2021).

Genady, M. A., & Michellita, C. (2021). Persepsi Generasi Z Terhadap Pengaruh Media Sosial dalam Intensi Pembelian Makanan Vegetarian ala Korea Pada Bisnis Rice Bowl In.yo. Journal of Food and Culinary, 4(1), 38. https://doi.org/10.12928/jfc.v4i1.4128

Hana Alifah Yasmin. (2024). Analisis Resepsi Generasi Z Dalam Iklan iPhone Series 15 (Studi Kasus Pada Iklan iPhone 15 Pro Musik Video Olivia Rodrigo “Get Him Back” [Universitas Bakire]. https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10740

Kumparan. (2024, December 23). Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli. Kumparan.Com.

Latifah Maratus Sholihah. (2024, April 14). Menguak Viralitas di Era Digital: Peran Media Sosial dalam Menentukan Konten. Kumparan.Com. https://kumparan.com/latifah-maratus-sholihah/menguak-viralitas-di-era-digital-peran-media-sosial-dalam-menentukan-konten-22XeklW97xS?utm_source=chatgpt.com

Michael Dimock. (2019, January 17). Defining generations: Where Millennials end and Generation Z begins. Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/short-reads/2019/01/17/where-millennials-end-and-generation-z-begins/

Novia Herman Devi, Wulan Ayu Ningsih, & Syamsul Hidayat. (2025). Preferensi Mahasiswa Terhadap Daya Tarik Mie Gacoan dalam Perspektif Masyarakat. Profit: Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(1), 82–96. https://doi.org/10.58192/profit.v4i1.2961

Nugraheni, A. I. P., Prihanti Putri, L., & Pancawati, N. (2022). Penggunaan Electronic Word of Mouth (eWOM) untuk Berbagi Pengalaman Kuliner oleh Wisatawan. Tourism Scientific Journal, 7(1), 15–30. https://doi.org/10.32659/tsj.v7i1.144

Poyoi, P., Gassiot-Melian, A., & Coromina, L. (2024). Generation Z and Millennials’ food-sharing behaviour: a cross-generational analysis of motivations, satisfaction and behavioural intention. British Food Journal, 126(13), 207–225. https://doi.org/10.1108/BFJ-10-2023-0899

Purnamasari, M., & Saptadinata, A. (2025). Perilaku Konsumen Gen Z Dalam Memilih Makanan Japanese Food Di Jakarta Selatan. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 10(1), 78–87. https://doi.org/10.56743/jstp.v10i1.496

Susilawati, E., Ridho, M., & Pratama, R. (2024). KEPUTUSAN PEMBELIAN DITINJAU DARI VIRAL MARKETING DAN KUALITAS MAKANAN PADA RESTORAN MIE GACOAN. In Business, And Accounting Journal Homepage (Vol. 4, Issue 1).

Wayan Umbara, F. (2021). User Generated Content di Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bisnis JMSAB 366. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 4(2), 572–581. https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i2.366