Tantangan dan Peluang Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam pengelolaan lembaga pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Perubahan ini menuntut lembaga pendidikan Islam untuk beradaptasi dengan cepat terhadap sistem manajerial berbasis teknologi agar tetap relevan dan kompetitif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami bagaimana tantangan dan peluang dari proses digitalisasi memengaruhi sistem manajemen pendidikan Islam, baik secara teknis maupun nilai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi oleh manajemen pendidikan Islam dalam era digital serta menggali peluang strategis yang muncul dari transformasi ini. Penelitian juga bertujuan menemukan strategi adaptasi yang khas dan berbasis nilai keislaman yang diterapkan oleh berbagai lembaga. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi-terstruktur dan observasi langsung. Informan berasal dari berbagai lembaga pendidikan Islam tingkat menengah di beberapa kota di Indonesia yang telah menerapkan digitalisasi manajemen secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi infrastruktur digital yang belum merata, rendahnya literasi digital, serta resistensi budaya terhadap perubahan. Di sisi lain, terdapat peluang signifikan dalam hal efisiensi manajemen, perluasan akses pendidikan, serta integrasi nilai Islam dalam proses digitalisasi. Strategi adaptasi yang muncul menunjukkan adanya inovasi kontekstual yang kuat di tingkat kelembagaan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa manajemen pendidikan Islam di era digital memerlukan pendekatan sistemik yang memadukan teknologi, strategi kelembagaan, dan nilai-nilai spiritual.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alimni, A., Amin, A., & Kurniawan, D. A. (2022). The role of Islamic education teachers in fostering students’ emotional intelligence. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 1881–1892. Scopus. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22116
Aly, H. N. (2022). QURAN LITERACY FOR STUDENTS WITH SPECIAL NEEDS. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 177–190. Scopus. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i2.17609
Arsyad, J., Yuslem, N., & Sakinah, A. (2023). Relevansi Metode Pendidikan Islam Dalam Kitab Hadis Al-Arba’in An-Nawawī Dengan Metode Pendidikan Masa Kini. Munaddhomah, 4(1), 155–164. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.332
Asrori, S. (2022). THE MAKING OF SALAFI-BASED ISLAMIC SCHOOLS IN INDONESIA. Al-Jami’ah, 60(1), 227–264. Scopus. https://doi.org/10.14421/AJIS.2022.601.227-264
Badar, S., Jamil, A. I. B., & Mohd, K. (2024). Research Article: Inter-religious Elements in Pendidikan Islam KSSM for The Future of Islamic Religious Education in Malaysia. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 39(2), 137–162. Scopus. https://doi.org/10.21315/apjee2024.39.2.8
Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah, 3(1), 43–56. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.158
Burhanuddin, N., & Ilmi, D. (2022). TYPOLOGIES OF RELIGIOUS MODERATION IN INDONESIAN HIGHER EDUCATION INSTITUTIONS. Journal of Indonesian Islam, 16(2), 455–479. Scopus. https://doi.org/10.15642/JIIS.2022.16.2.455-479
Dhuhri, S., Hasan, H., Sakni, A. S., & Ismail, I. U. (2021). Passive Islamophobia and national cultural construction: A critical note on art curriculum. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(1), 1–27. Scopus. https://doi.org/10.18326/IJIMS.V11I1.1-27
Fatimah, A. N., & Faridah, I. (2024). Manajemen Peserta Didik Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat di MAN Purworejo. MUNTAZAM, 5(1).
Faridah, I. (2024). Pengaruh Manajemen Strategis Terhadap Mutu Pendidikan pada Program Unggulan Full Day School (Fds) di Madrasah. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 14(1), 43-57.
Faridah, I., & Ismangil, S. . (2024). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik di MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit Kebumen. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 2277–2282. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i1.5882
Gunawan, M. A., & Ritonga, A. A. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tari Mesekat Suku Alas di Aceh Tenggara. Munaddhomah, 4(3), 645–658. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.567
Hamid, A. (2020). RADICALISM PREVENTION THROUGH ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING AT ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 109–126. Scopus. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8352
Hasanah, N., & Rachman, M. A. (2021). Trend of Library and Information Science Research on Library and Information Science Journals in Indonesia (2013-2019). Webology, 18(1), 233–246. Scopus. https://doi.org/10.14704/WEB/V18I1/WEB18086
Helmy, M. I., Kubro, A. D. J., & Ali, M. (2021). The Understanding of Islamic Moderation (wasaṭiyyah al-Islam) and the Hadiths on Inter-religious relations in the Javanese Pesantrens. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 377–401. Scopus. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.377-401
Imamiyah, I. N. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Al-Islam di SMA Muhammadiyah. Munaddhomah, 4(2), 330–340. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.430
Kusumaputri, E. S., Muslimah, H. L., Ahmad, A., & Nurwardani, M. (2021). Positioning indonesian islamic higher-education vis-a-vis globalisation: Organisational-resilience dynamics. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 413–427. Scopus. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39357
Khotimah, K., Suswati, S., Muhajir, M., & Wibowo, A. (2024, December). CLASS MANAGEMENT IN IMPROVING THE QUALITY OF ISLAMIC BOARDING SCHOOL EDUCATION. In PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY (Vol. 2, No. 2, pp. 237-247).
Lubis, A. S., Nurmawati, N., & Dahlan, Z. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Information and Communication Technology (ICT). Munaddhomah, 4(2), 495–504. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.407
Miftakhuddin, M. (2020). Pengembangan Model Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Empati pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 1–16. Scopus. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-01
Muhamad, A. D. (2023). THE ROLE OF SYEIKH ABBAS BAKAR RAFIEE IN THE REFORMATION OF THE ISLAMIC EDUCATION SYSTEM IN MADRASAH AL-MASHOOR AL-ISLAMIAH PULAU PINANG, 1922–1957. Kajian Malaysia, 41(1), 189–212. Scopus. https://doi.org/10.21315/km2023.41.1.10
Muhamad, A. D., & Othman, M. R. (2020). Reformation of islamic education system in malaya: The role of mudir madrasah al-mashoor al-islamiah penang, 1916-1957. Journal of Al-Tamaddun, 15(1), 133–145. Scopus. https://doi.org/10.22452/JAT.vol15no1.9
Munjiat, S. M., Rifa’i, A., & Fatimah, S. (2023). Progresivisme Pendidikan Islam Multikultural. Munaddhomah, 4(3), 572–582. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.509
Noor, M. M. M. (2022). MUHAMMAD NATSIR’S (1908-1993) INFLUENCES AND THOUGHTS IN ISLAMIC EDUCATION DURING THE DUTCH COLONIAL PERIOD IN INDONESIA. Afkar, 23(2), 75–120. Scopus. https://doi.org/10.22452/afkar.vol23no2.3
Pahmi, A. S., & Albina, M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa. Munaddhomah, 4(3), 778–786. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.673
Perspektif Islam dalam Kepemimpinan: Sebuah Studi di Lembaga Pendidikan Islam. (2023). Munaddhomah, 4(2), 252–260. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.446
Problem Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Mahasiswa Magang di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. (2020). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 43–54. Scopus. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-04
Purwanto, Y., & Saepudin, A. (2023). THE DEVELOPMENT OF REFLECTIVE PRACTICES FOR ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 107–122. Scopus. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.24155
Rahman, M. A. (2022). THE DISCURSIVE CONSTRUCTION OF STRATEGIES FOR IMPLEMENTING ANTI-CORRUPTION EDUCATION AT STATE ISLAMIC HIGHER EDUCATIONAL INSTITUTIONS. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 10(3), 555–578. Scopus. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v10i3.737
Sassi, K. (2020). Principles Of Islamic Education Epistemology Tauhid Paradigm (Analysis Of Thinking Of Naquib Al-Attas). Millah: Journal of Religious Studies, 20(1), 135–172. Scopus. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art6
Sintasari, B., & Afifah, N. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Unggul Jasa Pendidikan di SMP Islam Terpadu Ar Ruhul Jadid Jombang. Munaddhomah, 3(1), 13–26. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.173
Siregar, F. T., Siregar, A. A., & Batubara, H. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Munaddhomah, 4(2), 297–306. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.351
Sofan, M. T. ., Mahsun, M., Fatihin, M. K. ., & Muhajir, M. (2025). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 2338–2345. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i3.8224
Sri, N., & Susanti, R. (2022). The Effect of Health Education on Adolescent Knowledge About Prevention of HIV/AIDS Transmission. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 5(12), 1633–1638. Scopus. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i2.2877
Tansya, F. (2022). Pendidikan Wanita Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Munaddhomah, 3(4), 406–414. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.325
The Role of Islamic Boarding School in Improving the Quality of Islamic Education in Schools. (2020). Millah: Journal of Religious Studies, 20(1), 173–197. Scopus. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art7
Widiani, D., & Istiqomah, L. (2021). THE INFLUENCE OF LEARNING MOTIVATION AND INTELLECTUAL INTELLIGENCE ON LEARNING ACHIEVEMENT IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 149–164. Scopus. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i2.15273
Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah, 4(2), 307–316. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.439