Tantangan dan Peluang Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital

Main Article Content

Ida Faridah

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam pengelolaan lembaga pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Perubahan ini menuntut lembaga pendidikan Islam untuk beradaptasi dengan cepat terhadap sistem manajerial berbasis teknologi agar tetap relevan dan kompetitif. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk memahami bagaimana tantangan dan peluang dari proses digitalisasi memengaruhi sistem manajemen pendidikan Islam, baik secara teknis maupun nilai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tantangan utama yang dihadapi oleh manajemen pendidikan Islam dalam era digital serta menggali peluang strategis yang muncul dari transformasi ini. Penelitian juga bertujuan menemukan strategi adaptasi yang khas dan berbasis nilai keislaman yang diterapkan oleh berbagai lembaga. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi-terstruktur dan observasi langsung. Informan berasal dari berbagai lembaga pendidikan Islam tingkat menengah di beberapa kota di Indonesia yang telah menerapkan digitalisasi manajemen secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi infrastruktur digital yang belum merata, rendahnya literasi digital, serta resistensi budaya terhadap perubahan. Di sisi lain, terdapat peluang signifikan dalam hal efisiensi manajemen, perluasan akses pendidikan, serta integrasi nilai Islam dalam proses digitalisasi. Strategi adaptasi yang muncul menunjukkan adanya inovasi kontekstual yang kuat di tingkat kelembagaan. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa manajemen pendidikan Islam di era digital memerlukan pendekatan sistemik yang memadukan teknologi, strategi kelembagaan, dan nilai-nilai spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Faridah, I. (2025). Tantangan dan Peluang Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 69–81. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.9264
Section
Articles

References

Alimni, A., Amin, A., & Kurniawan, D. A. (2022). The role of Islamic education teachers in fostering students’ emotional intelligence. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(4), 1881–1892. Scopus. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22116

Aly, H. N. (2022). QURAN LITERACY FOR STUDENTS WITH SPECIAL NEEDS. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 177–190. Scopus. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i2.17609

Arsyad, J., Yuslem, N., & Sakinah, A. (2023). Relevansi Metode Pendidikan Islam Dalam Kitab Hadis Al-Arba’in An-Nawawī Dengan Metode Pendidikan Masa Kini. Munaddhomah, 4(1), 155–164. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i1.332

Asrori, S. (2022). THE MAKING OF SALAFI-BASED ISLAMIC SCHOOLS IN INDONESIA. Al-Jami’ah, 60(1), 227–264. Scopus. https://doi.org/10.14421/AJIS.2022.601.227-264

Badar, S., Jamil, A. I. B., & Mohd, K. (2024). Research Article: Inter-religious Elements in Pendidikan Islam KSSM for The Future of Islamic Religious Education in Malaysia. Asia Pacific Journal of Educators and Education, 39(2), 137–162. Scopus. https://doi.org/10.21315/apjee2024.39.2.8

Bahri, S. (2022). Meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Melalui Sumber Daya Manusia di Era Pandemi. Munaddhomah, 3(1), 43–56. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.158

Burhanuddin, N., & Ilmi, D. (2022). TYPOLOGIES OF RELIGIOUS MODERATION IN INDONESIAN HIGHER EDUCATION INSTITUTIONS. Journal of Indonesian Islam, 16(2), 455–479. Scopus. https://doi.org/10.15642/JIIS.2022.16.2.455-479

Dhuhri, S., Hasan, H., Sakni, A. S., & Ismail, I. U. (2021). Passive Islamophobia and national cultural construction: A critical note on art curriculum. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(1), 1–27. Scopus. https://doi.org/10.18326/IJIMS.V11I1.1-27

Fatimah, A. N., & Faridah, I. (2024). Manajemen Peserta Didik Dalam Mengembangkan Minat Dan Bakat di MAN Purworejo. MUNTAZAM, 5(1).

Faridah, I. (2024). Pengaruh Manajemen Strategis Terhadap Mutu Pendidikan pada Program Unggulan Full Day School (Fds) di Madrasah. Mauizhah: Jurnal Kajian Keislaman, 14(1), 43-57.

Faridah, I., & Ismangil, S. . (2024). Strategi Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik di MTs Miftahul Huda Mangunranan Mirit Kebumen. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 2277–2282. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i1.5882

Gunawan, M. A., & Ritonga, A. A. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tari Mesekat Suku Alas di Aceh Tenggara. Munaddhomah, 4(3), 645–658. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.567

Hamid, A. (2020). RADICALISM PREVENTION THROUGH ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING AT ELEMENTARY SCHOOL. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 109–126. Scopus. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i1.8352

Hasanah, N., & Rachman, M. A. (2021). Trend of Library and Information Science Research on Library and Information Science Journals in Indonesia (2013-2019). Webology, 18(1), 233–246. Scopus. https://doi.org/10.14704/WEB/V18I1/WEB18086

Helmy, M. I., Kubro, A. D. J., & Ali, M. (2021). The Understanding of Islamic Moderation (wasaṭiyyah al-Islam) and the Hadiths on Inter-religious relations in the Javanese Pesantrens. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 11(2), 377–401. Scopus. https://doi.org/10.18326/ijims.v11i2.377-401

Imamiyah, I. N. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Al-Islam di SMA Muhammadiyah. Munaddhomah, 4(2), 330–340. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.430

Kusumaputri, E. S., Muslimah, H. L., Ahmad, A., & Nurwardani, M. (2021). Positioning indonesian islamic higher-education vis-a-vis globalisation: Organisational-resilience dynamics. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 413–427. Scopus. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39357

Khotimah, K., Suswati, S., Muhajir, M., & Wibowo, A. (2024, December). CLASS MANAGEMENT IN IMPROVING THE QUALITY OF ISLAMIC BOARDING SCHOOL EDUCATION. In PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION, SOCIETY AND HUMANITY (Vol. 2, No. 2, pp. 237-247).

Lubis, A. S., Nurmawati, N., & Dahlan, Z. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Information and Communication Technology (ICT). Munaddhomah, 4(2), 495–504. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.407

Miftakhuddin, M. (2020). Pengembangan Model Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Empati pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 1–16. Scopus. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-01

Muhamad, A. D. (2023). THE ROLE OF SYEIKH ABBAS BAKAR RAFIEE IN THE REFORMATION OF THE ISLAMIC EDUCATION SYSTEM IN MADRASAH AL-MASHOOR AL-ISLAMIAH PULAU PINANG, 1922–1957. Kajian Malaysia, 41(1), 189–212. Scopus. https://doi.org/10.21315/km2023.41.1.10

Muhamad, A. D., & Othman, M. R. (2020). Reformation of islamic education system in malaya: The role of mudir madrasah al-mashoor al-islamiah penang, 1916-1957. Journal of Al-Tamaddun, 15(1), 133–145. Scopus. https://doi.org/10.22452/JAT.vol15no1.9

Munjiat, S. M., Rifa’i, A., & Fatimah, S. (2023). Progresivisme Pendidikan Islam Multikultural. Munaddhomah, 4(3), 572–582. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.509

Noor, M. M. M. (2022). MUHAMMAD NATSIR’S (1908-1993) INFLUENCES AND THOUGHTS IN ISLAMIC EDUCATION DURING THE DUTCH COLONIAL PERIOD IN INDONESIA. Afkar, 23(2), 75–120. Scopus. https://doi.org/10.22452/afkar.vol23no2.3

Pahmi, A. S., & Albina, M. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa. Munaddhomah, 4(3), 778–786. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.673

Perspektif Islam dalam Kepemimpinan: Sebuah Studi di Lembaga Pendidikan Islam. (2023). Munaddhomah, 4(2), 252–260. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.446

Problem Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Mahasiswa Magang di Madrasah Aliyah Paradigma Palembang. (2020). Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 43–54. Scopus. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-04

Purwanto, Y., & Saepudin, A. (2023). THE DEVELOPMENT OF REFLECTIVE PRACTICES FOR ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION TEACHERS. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 107–122. Scopus. https://doi.org/10.15575/jpi.v0i0.24155

Rahman, M. A. (2022). THE DISCURSIVE CONSTRUCTION OF STRATEGIES FOR IMPLEMENTING ANTI-CORRUPTION EDUCATION AT STATE ISLAMIC HIGHER EDUCATIONAL INSTITUTIONS. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 10(3), 555–578. Scopus. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v10i3.737

Sassi, K. (2020). Principles Of Islamic Education Epistemology Tauhid Paradigm (Analysis Of Thinking Of Naquib Al-Attas). Millah: Journal of Religious Studies, 20(1), 135–172. Scopus. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art6

Sintasari, B., & Afifah, N. (2022). Strategi Manajemen Pemasaran Unggul Jasa Pendidikan di SMP Islam Terpadu Ar Ruhul Jadid Jombang. Munaddhomah, 3(1), 13–26. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i1.173

Siregar, F. T., Siregar, A. A., & Batubara, H. (2023). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah. Munaddhomah, 4(2), 297–306. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.351

Sofan, M. T. ., Mahsun, M., Fatihin, M. K. ., & Muhajir, M. (2025). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(3), 2338–2345. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i3.8224

Sri, N., & Susanti, R. (2022). The Effect of Health Education on Adolescent Knowledge About Prevention of HIV/AIDS Transmission. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 5(12), 1633–1638. Scopus. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i2.2877

Tansya, F. (2022). Pendidikan Wanita Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Munaddhomah, 3(4), 406–414. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v3i4.325

The Role of Islamic Boarding School in Improving the Quality of Islamic Education in Schools. (2020). Millah: Journal of Religious Studies, 20(1), 173–197. Scopus. https://doi.org/10.20885/millah.vol20.iss1.art7

Widiani, D., & Istiqomah, L. (2021). THE INFLUENCE OF LEARNING MOTIVATION AND INTELLECTUAL INTELLIGENCE ON LEARNING ACHIEVEMENT IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 149–164. Scopus. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i2.15273

Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah, 4(2), 307–316. Scopus. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.439