Peran Media Video Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Bertanggung Jawab pada Pembelajaran PPKn Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kedamean
Main Article Content
Abstract
Karakter bertanggung jawab merupakan sikap dan perilaku seseorang yang mencerminkan kesadaran dan komitmen untuk melaksanakan kewajiban dan tugas dengan ikhlas dan berintegritas. Seseorang yang memiliki karakter ini akan siap menghadapi konsekuensi dari setiap tindakan atau keputusan yang diambil, baik dalam ranah pribadi maupun sosial. Mereka dapat mengelola tugas dan kewajibannya dengan baik, serta menjaga amanah yang diberikan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran media video dalam membentuk karakter tanggung jawab pada pembelajaran PPKn siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kedamean. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video memberikan dampak positif terhadap peningkatan sikap tanggung jawab, disiplin, dan perilaku siswa. Media video memudahkan siswa dalam memahami materi dan mendorong mereka untuk menerapkan nilai-nilai tanggung jawab, seperti menaati peraturan sekolah dan mengikuti kegiatan sosial. Selain itu, media video juga memperkuat nilai-nilai keagamaan, meningkatkan kreativitas, keterampilan bekerja sama, serta keterampilan komunikasi dan analisis. Media ini juga membuat siswa lebih terbuka terhadap teknologi dan lebih berempati terhadap sesama. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa media video efektif dalam membentuk karakter siswa yang disiplin, bertanggung jawab, dan kreatif.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Afrija, A. P., Latifah, K. M., Nida, M. R. L., & Marini, A. (2022). Analisis Efektivitas Video Pembelajaran dalam Membangun Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 339-354. https://doi.org/10.53625/jpdsh.v2i2.4302
Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter: konsep dan implementasinya. Prenada Media.
Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan karakter hormat dan tanggung jawab pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 599-605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120
Aslamiah, D. O., Ferdinand, M. F. L., Safitri, A., & Alviyani, J. (2024). Pelatihan Karakter Siswa dalam Meningkatkan Kesadaran Toleransi di MDTA Anwarulhuda Kelurahan Jelekong Kabupaten Bandung. Dalam Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, (Vol. 5, hlm. 1-23). http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5127
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Haq, A. K. S., & Subandji, S. (2023). Penggunaan Video Animasi Dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TKIT Al Mannan Mojosongo Boyolali Tahun Pelajaran 2022/2023 (Skripsi, UIN Raden Mas Said Surakarta).
Hidayah, H. H. (2023). Pengertian, sumber, dan dasar pendidikan Islam: bahasa Indonesia. Jurnal As-Said, 3(1), 21-33. https://e-journal.institutabdullahsaid.ac.id/index.php/AS-SAID/article/view/141
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa SDN Meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312-325. https://doi.org/10.36088/edisi.v3i2.1373
Nugraha, F., & Nurani, R. Z. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap karakter tanggung jawab siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4037-4044. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1487
Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1). https://doi.org/10.15294/lik.v36i1.524
Pasani, C. F., Kusumawati, E., & Imanisa, D. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam pembelajaran matematika untuk membina karakter tanggung jawab dan disiplin siswa. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5682
Rista, D., & Wiranata, I. H. (2024). Pendidikan Kewarganegaraan: Landasan Demokrasi yang Inklusif Melalui Pemberdayaan Warga Negara menuju Masyarakat yang Demokratis. Dalam Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 7, hlm. 1216-1227). https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/5318
Rohmah, O. T., Gustiyani, R., Nida, L. S., Azzahra, S. D., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media E-Book BUDIPOLIS (Buku Digital Politik Islam) Untuk Menanamkan Jiwa Kepemimpinan Khulafaur Rasyidin pada Siswa Kelas VI SD. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 850-858. http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i3.1104
Sari, L. D. K., & Wardani, K. W. (2021). Pengembangan buku cerita bergambar digital untuk meningkatkan karakter tanggung jawab siswa di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1968-1977. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1138
Sari, W. N., Rondli, W. S., Nisa, U. K., & Nihayati, I. (2023). Analisis Penerapan Media Video dalam Pembelajaran PPKn di SD Negeri Pulorejo 02. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 2(2), 130-134. https://doi.org/10.56799/jceki.v2i2.1348
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Wahana Komputer. (2008). Video editing dan video production. Elex Media Komputindo.
Widyatama, P. R., & Suhari. (2023). Penanaman nilai karakter cinta tanah air pada siswa di SMP PGRI 1 Buduran. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Sosial (EMBISS), 3(2), 174-187. https://www.embiss.com/index.php/embiss/article/view/213
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61-78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963