Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna E-Commerce Situs Shopee

Main Article Content

Romayan Harahap
Junita Lubis
Rizki Syahputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, kepercayaan konsumen dan kualitas layanan terhadapminat beli ulang pengguna E-commerce situs Shopee. jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui pendekatan survei dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket dan studi dokumentasi. alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan spss. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas informasi, kualitas sistem, kepercayaan konsumen dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang pengguna Ecommerce situs Shopee baik secara parsial maupun simultan. Terlihat dari hasi koefisien determinasi sebesar 0,721 atau 72,1%, artinya pengaruh kualitas informasi, kualitas sistem, kepercayaan konsumen dan kualitas layanan bersama-sama berpengaruh terhadap minat beli ulang sebesar 72,1% sedangkan sisanya yaitu 27,9% merupakan pengaruh faktor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harahap, R., Lubis, J., & Rizki Syahputra. (2025). Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Kepercayaan Konsumen Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna E-Commerce Situs Shopee. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(4), 1284–1294. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i4.8850
Section
Articles

References

Dr. M. Anang Firmansyah, SE., M. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 1–337.

Hidayat, T. (2020). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Jurnal Ilmu Manajemem, 17(2), 95–105.

Liswatin, L. (2022). Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha, Jam Kerja Dan Jumlah Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Toko Pakaian Di Kecamatan Unaaha. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2399–2408.

Ismawati, Ani. 2020. “Pengaruh Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Pada Shopee.” Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi) 01(06): 51–62. Https://Ojs.Stiesa.Ac.Id/Index.Php/Prisma/Article/View/692.

Ma’arif, S. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan pedagang pasar bandarjo ungaran kabupaten semarang. Economics Development Analysis Journal, 2(2), 1–8.

Mustapita, Mohammad Hasby Ashshiddiqi *) Achmad Agus Priyono **) Arini Fitria. 2003. “Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Marketplace Situs Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Kota Malang).” 12(02): 221–32.

Rika Widianita, Dkk. 2023. “Analisis Pengaruh Kualitas Informasi, Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Situs Tiktok Shop Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Inverting Pada Masyarakat Kota Semarang.” AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam VIII(I): 1–19.

Sari, Ulan Permata. 2022. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee.”

Sugiyono.2019.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta Bandung.

Sinollah, Mr. (2019). Cek Similarity: Pengukuran Kualitas Pelayanan (Servqual -Parasuraman) Dalam Membentuk Kepuasan Pelanggan Sehingga Tercipta Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Mayang Collection Cabang Kepanjen).

Kotler, Phillip Dan Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management 16 edition. New Jersey:Pearson.

Utami, T. (2022). Pengaruh Pelayanan E-Commerce Terhadap Kepercayaan Konsumen di Toko Online RR Stuff Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).

APRILIA, PARAMITHA NUR (2018) PENGARUH PROMOSI, VARIASI PRODUK, STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TOKO BUKU GRAMEDIA MALL ARTHA GADING.

Kurniawati, D., Nurazi, R., & Martiah, L. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Perceived Usefulness, Terhadap Kepuasan Pengguna Akhir Software Akuntansi. Jurnal Fairness, 3(2), 145–158. https://doi.org/10.33369/fairness.v3i2.15282