Implementasi Pemikiran Abu Hanifah tentang Akad Salam dalam Transaksi E-Commerce
Main Article Content
Abstract
Fenomena jual beli berbasis E-Commerce memunculkan masalah baru diantaranya barang, kualitas dan waktu yang tidak sesuai. Sehingga menimbulkan kerugian bagi pembeli. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis jual beli E-Commerce dengan akad salam. Akad salam akan mendorong pemenuhan kewajiban yang harus disadari oleh pihak yang melakukan akad ke obyek akad dalam transaksi E-Commerce. Jika kebutuhan transaksi E-Commerce telah memenuhi ketentuan kontrak as-salam, transaksi dianggap benar (shahih). Pendekatan metode yang dilakukan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menyebutkan bahwa implementasi akad salam dalam transaksi E-Commerce telah sesuai dengan prinsip-prinsip yang diajarkan oleh Imam Abu Hanifah.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akbar, A., & Sucipto, M. C. (2018). Analisis Transaksi Akad Salam dalam Jual Beli Online. Eksisbank, 2(2), 11–17.
Ashabul Fadhli. (2016). Tinjauan Hukum Islam terhadap Penerapan Akad As-Salam dalam Transaksi E-Commerce. Mazahib Jurnal Pemikiran Hukum Islam, XV(1), 1–19.
Irawan, Hermansyah, & Khoerulloh, A. K. (2020). Konsep Ba’i Salam dan Implementasinya dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional. Iqtisadiya: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, 7(14).
Jamaluddin, Nurfayda, A., & Erviana, A. (2022). Jual Beli E-Commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam. El-Fata: Journal of Sharia Economics and Islamic Education, 01(01), 1–15.
Jauhari, W. (2018). Biografi Imam Abu Hanifah. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing.
Lydia Mutiara Dewi. (2008). E-Commerce: Pasar Maya di Dunia Nyata. Bina Ekonomi Majalah Ilmiah Fakultas Ekonomi Unpar, 12(1).
Nurhalim, A. (2019). Meneladani Konsepsi Ekonomi Imam Abu Hanifah. Jurnal Ekonomi Islam Republika Iqtishodia.
Pahra, J. (2022). Akad Salam Menurut Fatwa DSN MUI No. 05/DSNMUI/IV/2000. Al-Hiwalah: (Sharia Economic Law) , 1(1), 85–100. Retrieved from https://doi.org/10.47766/alhiwalah.v1i1.888
Qori, D. El. (2020). Transaksi E-Commerce Berbasis Market Place: Antara Akad Salam dan Gharar (Perspektif Fiqih Madzhab Syafi’i). Miyah:Jurnal Studi Islam, 16, 414–429.
Rintho Rante Rerung. (2018). E-Commerce Menciptakan Daya Saing Melalui Teknologi Informasi. DIY: CV Budi Utama. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=reFUDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR7&dq=e+commerce+buku&ots=89iS_RDu_z&sig=4FD2BbiZAHevjYTmAYWGBgPtMO0&redir_esc=y#v=onepage&q=e commerce buku&f=false
Saprida. (2016). Akad Salam dalam Transaksi Jual Beli. Mizan: Jurnal Ilmu Syariah, 4(1), 121–130.
Sopian, A. (2021). Kitab Fiqh Al-Akbar Karya Imam Abu Hanifah. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 03(02), 76–88.
Talli, I. A. H., & Kurniati. (2021). Implementasi Pemikiran Imam Abu Hanifah terkait Akad Salam di Kalangan Generasi Milenial. Journal of Islamic Economic Law Al Amwal, 6(1), 1–19.
Witi, F. L. (2021). Membangun E-commerce Teori, Strategi dan Implementasi. Banyumas: CV. Amerta Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=XEpUEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=e+commerce+buku&ots=nBlBEZZl4G&sig=_d7hSIP0NFgq3ef4lzXFYCODmTA&redir_esc=y#v=onepage&q=e commerce buku&f=false
Zatadini, N., & Ghozali, M. (2018). Analisis Pemikiran Ekonomi Islam Imam Abu Hanifah. Al-Falah: Journal of Islamic Economics, 3(1).