Pengaruh Penerbitan Genre Buku Anak Islami dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Masyarakat
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh genre buku anak Islami dan kualitas produk terhadap minat membeli buku masyarakat, baik secara parsial maupun simultan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan konsep analisis regresi linier berganda. Data penelitian diambil dari data primer dengan sampel sebanyak 54 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software E-Views 9 yang terdiri dari uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku anak Islami tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli masyarakat, sedangkan kualitas produk berpengaruh signifikan. Sedangkan secara simultan keduanya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat membeli buku masyarakat.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdiyah, Lathifah. 2021. “Filsafat Pendidikan Islam: Pendidikan Multikultural.” Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam 8 (2): 24–31. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i2.1827.
Ayunani, Nadila Alya, Yanuar Varadina, and Ayu Nurafni Octavia. 2023. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Solusi 21 (3): 290. https://doi.org/10.26623/slsi.v21i3.7079.
Azis, Muhammad Rachdian Al. 2021. “Tantangan Industri Penerbitan Buku di Indonesia sebagai Bagian Dari Industri Kreatif Dalam Mengurangi Era Digitalisai Dan Pandemi COVID 19.” Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi 6 (3). https://doi.org/10.52423/jikuho.v6i3.17949.
Diandini, Dyndha, and Wiyadi. 2024. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Gaya Hidup Hedonisme Terhadap Keputusan Pembelian.” El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam 5 (5). https://doi.org/10.47467/elmal.v5i5.2317.
Ermawati, Ermawati, Riza Putri Utami, and Irham Pakkawaru. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Nasi Kuning Puput di Kayumalue.” Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam 2 (2): 36–56. https://doi.org/10.24239/JIEBI.V2I2.31.36-56.
Ernawati, Diah. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung.” JWM (Jurnal Wawasan Manajemen) 7 (1). https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173.
Fawaid, Muhamad Wildan. 2022. “Optimasi Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Omzet UMKM CV Putra Tanjung Nganjuk.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Desa (JPMD) 3 (1). https://doi.org/10.58401/jpmd.v3i1.615.
Fitriani, Erni, Arif Maulana Yusup, Asep Nurhikmat, and Irham Risuna. 2023. “Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan dengan Harga dan Kualitas Produk: Literature Review.” KarismaPro 13 (2): 75–86. https://doi.org/10.53675/karismapro.v13i2.1050.
Gofur, Muhammad Abdul, Muhamad Fahmi Ridho Auliya, and Mukh Nursikin. 2022. “Konsep Dasar Pendidikan Multikultural.” Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan 1 (4). https://doi.org/10.58192/sidu.v1i4.323.
Gracia, Bunga Astra, Kris Dipayanti, and Nufzatutsaniah Nufzatutsaniah. 2024. “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 7 (3): 275–92. https://doi.org/10.32493/JPKPK.V7I3.41049.
Kadir, Abdul. 2023. “Kurangnya Minat Baca (Ancaman Serius Terhadap Dunia Pendidikan).” Jurnal Alasma: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah 5 (1): 1–9. https://jurnalstitmaa.org/index.php/alasma/article/view/86.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2021. “Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2021 (Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan No. 030/H/PG.00/2021).”
Kholil, Abdul Wahab Ahmad, Muhamad Wildan Fawa’id, and Lailatul Hidayah. 2021. “Pengaruh Harga Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Roti Naf’a di Kecamatan Kepung Kediri (The Influence of Price and Halal Labels on The Interest of Buying Naf’a Bread in Kepung Kediri).” Qawãnïn Journal of Economic Syaria Law 5 (1). https://doi.org/10.30762/qawanin.v5i1.3421.
Kisno, Kisno, and Ompon Lastiur Sianipar. 2019. “Perbandingan Efektivitas Buku Digital Versus Buku Cetakan Dalam Meningkatkan Performa Belajar Mahasiswa.” Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah) 2 (1). https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.49.
Kumala, Anggi, Aulia Azmi S, Hikmah Rosari, Ummi Afzah Amirah, and Yusniah Yusniah. 2023. “Distribusi Buku Pada Penerbit Prokreatif Media Selaku Distributor Dalam Menjangkau Lebih Banyak Pembaca.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 4 (2). https://doi.org/10.54371/ainj.v4i2.237.
Lestari, Dwi Indah, and Zubaidah Hanum. 2019. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Buah Naga (Hylocereus Costaricensis) Di Kebun Pak Ponidi.” Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) 2:400–405. http://seminar-id.com/prosiding/index.php/sensasi/article/view/335.
Lestariningsih, Widiarti, Helmi Azahari, and Toto Parwono. 2023. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen.” KENDALI: Economics and Social Humanities 1 (2). https://doi.org/10.58738/kendali.v1i2.32.
Lukihardianti, Arie. 2023. “Miris, Sebagian Besar Penerbit Buku Kini Mati Suri | Republika Online.” Republika. 2023. https://ameera.republika.co.id/berita/s1fewq478/miris-sebagian-besar-penerbit-buku-kini-mati-suri.
Mudawamah, Siti. 2020. “Pengaruh Motivasi Spiritual, Lingkungan Kerja Dan Penghargaan Finansial Terhadap Minat Bekerja di Perbankan Syariah.” Repository of UIN SATU Tulungagung.
Nurfauzi, Yogi, Habel Taime, Hafidz Hanafiah, Muhammad Yusuf, Muhammad Asir, Stkip Majenang, Stie Jambatan Bulan, Universitas Bina Bangsa, Stia Bandung, and I Makassar. 2023. “Literature Review: Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif.” Management Studies and Entrepreneurship Journal. Vol. 4.
Pardede, Ratna, and Sri Watini. 2021. “Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di TK Adifa Karang Mulya Kota Tangerang.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (2).
Rahman, Dzulfiqar Fathur. 2023. “Toko Buku Berguguran, Tak Mempan Ditopang Digitalisasi - Telaah Katadata.Co.Id.” Katadata.Id. 2023. https://katadata.co.id/indepth/telaah/6476be546d106/toko-buku-berguguran-tak-mempan-ditopang-digitalisasi.
Ruth, Joy Noeliona, Melani Defina Maharani, Raja Almas Ramadhani, Hilzi Maulana Conquero, Adi Prehanto, and Asep Nuryadin. 2024. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kantin Bilmas.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 7 (3): 320–31. https://doi.org/10.32493/JPKPK.V7I3.41209.
Saniyyah, Latifatus, Deka Setiawan, and Aditia Ismaya. 2021. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Shidiqy, Dhiya’u. 2023. “Efektifitas Citra Merek Sebagai Variabel Pemediasi Dalam Menciptakan Minat Pembelian.” Istithmar 7 (1). https://doi.org/10.30762/istithmar.v7i1.530.
Sugiyono. 2021. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.” Alfabeta. 2021. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1543971#.
Susanti, Chara. 2023. “Analisis Desain Buku Aktivitas Stiker Tematik Untuk Anak Usia Dini.” IMATYPE: Journal of Graphic Design Studies 2 (2). https://doi.org/10.37312/imatype.v2i2.6516.
Usmadi, Usmadi. 2020. “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas).” Inovasi Pendidikan 7 (1). https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281.