Pengaruh Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Nilai Kreativitas Mahasiswa Kelas C Semester IV Jurusan Antropologi Universitas Negeri Medan
Main Article Content
Abstract
Pendidikan Pancasila dapat membangun nilai-nilai kreativitas pada diri peserta didik melalui beberapa cara. Pertama, melalui proses pembelajaran yang berlandaskan pada sila-sila Pancasila, peserta didik akan memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang bagaimana pengaruh pendidikan Pancasila terhadap pola pikir peserta didik dalam mengembangkan kreativitas, serta penerapan nilai-nilai Pancasila dalam konteks akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 5 responden, yaitu mahasiswa kelas c semester 4 program studi Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh peran pendidikan Pancasila dalam membentuk nilai-nilai kreativitas pada mahasiswa kelas C semester 4 program studi Antropologi Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kegiatan kreatif, seperti proyek sosial, program bimbingan belajar gratis, dan upaya menjaga kebersihan lingkungan. Namun demikian, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala dalam implementasi Pendidikan Pancasila terhadap kreativitas siswa, seperti kurangnya pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan nyata, keterbatasan waktu karena beban akademik, serta kemalasan dan kurangnya rasa percaya diri dalam bekerja.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Akhmad, A., Badruddin, S., Januaripin, M., Salwa, S., & Gaspersz, V. (2024). Inovasi dalam manajemen pendidikan tinggi: Membangun masa depan yang berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Anugrah, A., & Rahmat, R. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 22-34. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403
Dinarti, N. S., & Dewi, D. A. (2022). Pentingnya Peran Pendidikan Pancasila Di Kalangan Mahasiswa Untuk Mencegah Paham Radikalisme. Jurnal kewarganegaraan, 6(1), 1968-1974. https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2890
Gultom, A. F. (2022). Kerapuhan Evidensi Dalam Civic Literacy. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat, Agama Hindu, Dan Masyarakat, 5(1), 1-18. https://doi.org/10.53977/sd.v5i1.523
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher's companion. sage.
Istianah, A., Mazid, S., & Susanti, R. P. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Mata Kuliah Pembentuk Karakter Mahasiswa. heritage, 2(1), 17-31. https://doi.org/10.35719/hrtg.v2i1.37
Milner, H. (2002). Civic Literacy: How informed citizens make democracy work. Hanover & London: University Press of New England.
Nugroho, S. S., Anam, M. C., Pudjiono, M. J., Rahardjo, M., & Sukarjono, B. (2020). Implementasi Konsep Pendidikan Karakter Ki Hajar Dewantara Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Bagi Mahasiswa Generasi Mileneal. YUSTISIA MERDEKA: Jurnal Ilmiah Hukum, 6(2). https://doi.org/10.33319/yume.v6i2.61
Prasetio, T. A., Dewi, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Pendidikan Pancasila pada mahasiswa di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8638-8643. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2365
Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 78-86. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.114
Putra, V. W. A., Porbowati, A., Ananda, C. A., Hudi, I., & Habincaran, T. (2024). Optimalisasi Karakter Mahasiswa Melalui Pendekatan Terintegrasi Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.36456/p.v4i1.8946
Raharjo, R., Armawi, A., & Soerjo, D. (2017). Penguatan Civic Literacy Dalam Pembentukan Warga Negara Yang Baik (Good Citizen) Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Warga Negara Muda (Studi Tentang Peran Pemuda HMP PPKn Demokratia pada Dusun Binaan Mutiara Ilmu di Jebres, Surakarta, Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 175-198. https://doi.org/10.22146/jkn.26457
Risdiany, H., & Dewi, D. A. (2021). Penguatan karakter bangsa sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(4), 696-711. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i4.140
Siswadi, G. A., & Putri, K. (2024). Pendidikan Perdamaian Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Fondasi Pendidikan Untuk Kemanusiaan di Tengah Keberagaman. Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama, 10(1), 63-72. https://doi.org/10.25078/vs.v10i1.3450
Sitohang, D., Badu, S., Leki, F., & Bako, M. (2022). Penguatan Nilai Pancasila Melalui Kegiatan Ektrakulikuler Pramuka Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan. Civics Education and Social Science Journal (CESSJ), 4(1), 47-55. https://doi.org/10.32585/cessj.v4i1.2595
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmayadi, T., Maarif, M., Fitri, H. R., Dewi, A. K., Merkuri, Y. G., & Haryanti, A. N. (2024). Membangun keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui literasi kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(2), 245-256. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9388
Widyatama, P. R., & Irmandini, P. E. (2024). Membangun Mahasiswa yang Kreatif dan Produktif: Sosialisasi Program Kampus Mengajar dan Penulisan Artikel Ilmiah. JUPADAI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 145-154. https://jurnal-adaikepri.or.id/index.php/JUPADAI/article/view/155
Widyatama, P. R., Uyun, Q., Risky, E. A., Ngene, P. K., Lestari, A. W. D., Jannah, A. N., Syaifudin, M., & Sari, M. M. K. (2024). Upaya meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Pancasila melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VIII SMPN 16 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 1305–1322. https://doi.org/10.31004/irje.v4i3.1023
Winarno. (2009). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan (Panduan Kuliah di Perguruan Tinggi). Jakarta: PT. Bumi Aksara.